course-net
Search
Close this search box.

Home >

Programmer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

Monday, 7 November 2022 11:00 AM

Programmer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

Programmer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Jenisnya – Di dunia yang serba digital seperti sekarang memang pekerjaan programmer itu menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Hampir semua lini kehidupan saat ini membutuhkan adanya ahli program tersebut untuk bisa menangani dunia digital. Sebuah perusahaan yang ingin berkembang jelas membuatkan seseorang ahli program tersebut, supaya bisa mengikuti perkembangan jaman.

Apabila kalian tertarik dengan profesi tersebut, maka kalian itu harus bisa memahami dulu apa itu programmer dengan baik. Kalian perlu tahu skill apa saja yang diperlukan dan juga bagaimana jenjang karir yang dimiliki oleh profesi tersebut di masa sekarang. Berikut ini kami akan jelaskan pengertian dan juga beberapa tugas dari profesi ini supaya kalian bisa memperkirakan pekerjaannya.

Programmer Adalah ? Mau Jadi Programmer Yang Handal

Apa Itu Programmer ?

Programmer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

Pertama-tama mari kita pahami terlebih dahulu konsep dari Programmer itu sebenarnya apa atau definisinya terlebih dahulu. Programmer adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat sebuah sistem dengan mempergunakan bahasa pemrograman. Proses dari pembuatan sistem itu mulai dari merancang, menulis kode, sampai dengan uji coba program untuk siap digunakan.

Sistem yang dibuat oleh programmer itu sendiri bisa sangat beragam ya, jadi bukan hanya sistem program atau aplikasi saja. Jadi bisa dalam bentuk website, web app, aplikasi mobile sampai kepada software dan tentunya harus menguasai bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang programmer itu memang tidak mudah, karena harus bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman yang memang sangat rumit.

Tugas Programmer

Apabila kalian membayangkan untuk menjadi seorang programmer, maka kalian itu harus tahu dulu tugasnya itu apa saja. Jadi kalian bisa mempersiapkan diri untuk bisa mengerjakan semua tugas yang nantinya akan menjadi tanggung jawab kalian itu. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa pekerjaan programmer yang nantinya mungkin harus kalian kuasai dengan baik.

  1. Menganalisis Program

Tugas pertama yang tentunya harus dilakukan oleh programmer itu adalah dengan menganalisis program yang dibutuhkan klien. Programmer tentunya membutuhkan untuk mengetahui program apa yang dibutuhkan mulai dari jenis program dan juga sistem operasi yang digunakan. Ini akan menentukan bahasa pemrograman yang akan dipergunakan untuk membuat program tersebut.

  1. Merancang Flowchart

Tugas yang berikutnya adalah merancang alur sistem dari aplikasi yang nantinya akan dibuat yang tentunya sesuai dengan tujuannya. Mulai dari alur awal dari sistem tersebut sampai selesainya itu seperti apa, programmer harus bisa membuat alurnya dengan baik. Dari alurnya itu nanti programmer akan bisa membuat penulisan kode sesuai dengan alurnya supaya bisa berfungsi dengan baik.

  1. Melakukan Debugging

Tugas yang ketiga selain dari melakukan coding itu adalah melakukan debugging pada aplikasi tersebut supaya bisa berjalan lancar. Debugging itu adalah sebuah proses menghapus berbagai macam bug atau juga eror yang ada pada sistem. Proses debugging ini sendiri biasanya berjalan cukup lama waktunya, karena memang butuh uji coba dan kemudian mengatasi bug yang muncul.

Tujuan utama dari melakukan debugging ini adalah untuk supaya sistem bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya bug atau eror.

  1. Menuliskan Kode

Tugas yang keempat adalah menuliskan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman yang tepat untuk sistem yang dibuat. Penulisan kode itu tentunya akan berdasarkan pada alur sistem yang dibutuhkan dan membutuhkan pemikiran logis dan terstruktur dalam penulisannya. Ketelitian itu sangat diperlukan dalam penulisan kode ini, supaya meminimalisir terjadinya bug atau juga eror pada sistem yang dibuat.

  1. Menguji Program

Tugas yang terakhir itu adalah menguji program yang sudah dibuat untuk mengetahui apabila mungkin ada kesalahan atau eror pada program. Jadi sebelum diserahkan ke klien akan ada proses uji coba dulu, di mana program yang ada pada masa uji coba disebut versi beta. Biasanya tampilannya itu sudah sama persis seperti program yang akan dirilis atau diberikan kepada klien.

Proses ini memang diperlukan untuk bisa mengetes dan memastikan kalau program itu berjalan dengan baik dan lancar. Kesalahan sekecil apa pun harus diperbaiki dengan baik, supaya bisa menjadi program yang baik dan berkualitas. Programmer memiliki tanggung jawab untuk memastikan program berjalan dengan baik.

Jenis-Jenis Programmer Adalah

Jenis-Jenis Programmer Adalah

Orang mungkin mengira profesi programmer itu hanya satu saja, tapi sebenarnya jenis dari programmer itu ada banyak dengan gaji programmer yang berbeda. Kalian mungkin perlu mengetahui beberapa jenis dari programmer untuk nantinya kalian bisa menentukan arah profesi kalian itu apa. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis dari pekerjaan programmer yang mungkin tidak banyak orang ketahui.

  • Software Developer

Jenis yang pertama itu adalah Software Developer yang secara khusus membuat software, program atau juga aplikasi baik skala kecil atau besar untuk perusahaan. Pengembangan Software pada masa sekarang ini pun sudah tidak bergantung pada satu sistem operasi, tapi sudah harus bisa berjalan di semua sistem operasi. Software Developer juga harus merancang, mengelola, dan mengorganisir data software untuk bekerja maksimal.

  • Web Developer

Jenis yang kedua adalah web developer, jenis ini adalah jenis yang memang sangat dibutuhkan pada masa digital seperti sekarang. Programmer ini bekerja untuk membuat dan juga mengembangkan sebuah website baik untuk perorangan atau juga perusahaan. Ada 3 jenis web developer sebenarnya, berikut ini ketiga jenis dari web developer tersebut.

  1. Front End Developer
    Fokusnya pada tampilan dari website dengan memperhatikan user interface dan user experience.
  2. Back End Developer
    Fokus dari jenis programmer ini adalah pada kinerja dari website supaya bisa bekerja dengan baik mulai dari coding, database, server, dan lain sebagainya.
  3. Full Stack Developer
    Gabungan dari kedua jenis web developer sebelumnya, jadi harus memperhatikan tampilan dan juga keamanan dan kelancaran website.
  • Mobile App Developer

Jenis ketiga yang juga tidak kalah dibutuhkan di masa sekarang adalah mobile app developer karena tingginya penggunaan smartphone. Jadi pekerjaan dari jenis programmer ini adalah untuk membuat berbagai macam aplikasi untuk smartphone baik untuk android atau juga IOS. Kebutuhan akan aplikasi untuk mobile itu memang sangat besar saat ini, karena memang ada banyak sekali orang yang membutuhkannya.

  • Data Scientist

Jenis programmer terakhir yang juga sangat dibutuhkan saat ini adalah data scientist yang berhubungan dengan analisis dan pengolahan data. Data scientist ini sangat dibutuhkan untuk bisa mengembangkan satu usaha terutama pada bisnis online saat ini. Jadi memang penghasilan dari menjadi data scientist ini memang terbilang cukup menjanjikan lho.

Skill yang Harus Dikuasai

Untuk menjadi programmer yang berkualitas tentunya ada beberapa skill yang harus dimiliki, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Menguasai beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipergunakan
  2. Menguasai semua sistem operasi yang ada
  3. Memahami konsep dan juga kebutuhan program
  4. Programmer juga perlu memiliki pemahaman soal database.

Mau Jago jadi Programmer ? Ikuti Kelas Full Stack Developer

Mau belajar coding dengan cepat, Dibimbing dengan coach yang sudah berpengalaman dibidangnya. Gabung Sekarang dengan mengisi form dibawah ini :

Segera daftarkan diri anda, Promo terbatas untuk bulan ini dalam kursus full stack developer hanya di Course-Net.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!