course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Java Spring Adalah : Apa Itu Java Spring ? Definisi & Fiturnya

Tuesday, 25 October 2022 2:45 PM

Java Spring Adalah : Apa Itu Java Spring ? Definisi & Fiturnya

Java Spring Adalah : Apa Itu Java Spring ? Definisi & Fiturnya – Era digital seperti saat ini mendorong penggunaan media berbasis website secara masif. Hal ini bisa dilihat pada segala macam jasa yang telah menggunakan aplikasi untuk meningkatkan performa dan membangun branding. Rasanya, tanpa aplikasi maka suatu jasa apa pun itu akan tidak berkembang dengan pesat.

Pembuatan aplikasi dapat dikatakan memang begitu rumit dan sulit. Tak heran banyak orang kemudian menggunakan bantuan Framework untuk memudahkan pengembangan aplikasi. Salah satunya adalah Java Spring yang mulai digunakan banyak orang untuk pengembangan sebuah aplikasi.

Mengenal Java Spring, Fitur yang Sangat Bermanfaat Bagi Pengembangan Aplikasi

Java Spring

Sekilas dari namanya saja sudah dapat diketahui asal usul pengembang aplikasi satu ini. Ya, Java Spring merupakan salah satu jenis framework dari Java yang sudah banyak sekali digunakan oleh orang dalam membangun aplikasi. Adanya framework ini nantinya akan membuat pembuatan suatu aplikasi lebih mudah dan fleksibel dengan basis JVM (Java Virtual Machine).

Java Spring Framework sendiri merupakan salah satu jenis kerangka kerja yang bersifat open source. Tak heran banyak orang akan menggunakan jenis ini. Hal tersebut dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya, bahkan untuk pemula sekali pun.

Rod Johnson merupakan penemu dari Java Spring Framework ini. Penggunaan utamanya lebih ditujukan untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kerap ditemui pada saat pengembangan aplikasi. Terutama masalah yang berhubungan dengan system di dalamnya.

Dalam penggunaannya, framework ini telah menggunakan beberapa teknologi diantaranya adalah konversi IoC (Inversion of Control) menjadi sebuah MVC (Model-View-Controler).

Spring Framework yang Banyak Digunakan dan Popular di Kalangan Developer

Spring Framework yang Banyak Digunakan dan Popular di Kalangan Developer

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini telah tersedia banyak jenis Framework yang bisa ditemui dan digunakan. Sebut saja seperti jenis Framework PHP da juga berbasis Codelgniter. Namun, tidak semua jenis Framework ternyata disukai oleh masyarakat.

Salah satu faktor utama suatu Framework disukai dan digunakan oleh banyak orang adalah alasan kemudahan. Developer akan lebih menyukai Framework yang sederhana dan mudah digunakan. Percuma saja memiliki performa bagus jika tidak ramah terhadap penggunanya.

Berbeda dengan Framework lain, Java Spring boot menerapkan beberapa Bahasa pemrograman yang sederhana sehingga orang menganggap jenis ini mudah digunakan. Untuk masalah kualitas tentu tak perlu diragukan karena terbilang rapi layaknya Framework jenis lai.

Kemudahan yang ditawarkan tersebut akan memudahkan para developer, khususnya bagi para pemula. Dengan mempelajari dan mengimplementasikan Spring, maka developer dapat meningkatkan performanya dalam mempelajari suatu aplikasi. Pasalnya, Framework ini akan membuat developer mengembangkan aplikasi modular dan independen.

Tak heran jika aplikasi yang dihasilkan cukup rabi, mudah digunakan orang, serta terstruktur dengan baik. Aplikasi yang dapat dibuat menggunakan jenis Framework ini begitu fleksibel mulai dari jenis enterprise dan website. Tak hanya itu, sebagai tambahan developer juga dapat mengembangkan aplikasi berbasis keamanan yang diperuntukkan untuk penyimpanan big data agar tidak terjadi kebocoran.

Fitur Menarik Java Spring Dalam Kembangkan Proyekmu

Fitur Menarik Java Spring Dalam Kembangkan Proyekmu:

Tak hanya karena kemudahannya saja Spring Boot Java ini disukai oleh banyak developer. Pasalnya, jenis Java memang selalu memberikan fitur-fitur yang menarik untuk digunakan. Berikut fitur dari spring Framework yang bisa dinikmati:

1. Inversion Of Control (IOC)

Inversion of Control (IOC) yang kemudian banyak disebut oleh developer sebagai Dependency Injection. Fitur ini banyak digunakan untuk membantu pembuatan container pada saat membendung objek yang saling memiliki ketergantungan terhadap objek lain pada saat sedang bertransaksi. Jenisnya dapat berupa layer yang berfungsi untuk menampung beberapa objek pada saat akan digunakan.

Pembuatannya berbasis singleton di mana pembuatan objek cukup dilakukan satu kali dan akan selalu diingat pada penyimpanan selama aplikasi dijalankan. Jenis objek yang dapat disimpan pada jenis ini adalah SessionManager. Hal tersebut akan membuat penyimpanan saling terkoneksi dengan database.

SessionManager memiliki berbagai jenis fungsi yang sangat bermanfaat bagi developer. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk melakukan auto wire data injeksi ke suatu objek yang dapat melakukan transaksi dalam suatu database. Hal tersebut sangat bermanfaat pada pengembangan suatu aplikasi karena dapat memudahkan dalam jalan membuat aplikasi.

2.Basis Web

Fitur selanjutnya yang disediakan oleh Java Spring adalah fitur berbasis web. Dalam hal ini jenis web yang dapat disediakan adalah jenis web MVC dan web enterprise. Berikut merupakan uraian singkat mengenai masing-masing fitur website:

3. Web Mvc Frameworkspring

Jenis web pertama yang dapat dibuat menggunakan Framework ini adalah berbasis MVC. pada jenis ini akan menyediakan fitur pengembangan web yang dapat memisahkan proses bisnis pada user interface, Data akses layer, controller or remote server (server layer) menjadi model view controller. Pembuatan ini telah banyak digunakan oleh developer dalam beberapa jenis aplikasi.

4. Web Enterprise Java Beans Integration

Jenis yang kedua adalah website berbasis enterprise. Fitur ini membuat developer dapat membuat EE 7 di mana berupa component oriented. Fitur tersebut dapat memudahkan konversi user dengan java beans sehingga hasilnya berupa integrasi suatu website menggunakan spring.

5. Transaction Management

Spring framework juga memiliki fitur bersifat generic yang bersifat abstrak. Fungsinya adalah untuk manajemen transaksi yang dapat memudahkan developer untuk melakukan manajemen. Hasilnya adalah website uang dibuat dengan lebih rapi dan terstruktur.

6. JDBC Exception Handling

Jenis fitur selanjutnya yang memudahkan dalam penggunaan adalah JDBC Exception Handling. Jenisnya akan menawarkan exception dengan sifat hierarki. Hal ini akan memudahkan penanganan pada beragam masalah dalam pembuatan suatu aplikasi.

7. Object Relational Mapping (ORM)

Fitur lain yang ditawarkan dari Java Spring adalah ORM berbasis hibernater ORM. Jenis ini merupakan jenis yang memiliki pola pemrograman database tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan Bahasa SQL. Cara kerja ini digunakan dengan cara perubahan langsung ke Bahasa SQL.

Perubahan ORM akan menjadi relasi-relasi database ke suatu objek dan transaksi menggunakan hibernate. Jenis ini menggunakan system seperti input, delete, dan update yang telah dikonversi menjadi generic object sehingga developer cukup memanggil sebanyak satu kali pada jenis transaksi yang sama.

Spring framework memiliki jenis lain seperti spring boot yang akan memudahkan pengguna dalam pembuatan program. Pasalnya, jenis ini telah menyediakan berbagai fitur seperti penyediaan Tomcat dan beberapa jenis server lain sehingga pengguna cukup melakukan run untuk dapat melanjutkan setiap proses.

Selain itu, jenis ini juga menyediakan Maven yang dapat dilakukan pengaturan seperti yang ada pada Project Object Model (POM). Tak hanya itu, bolt ini juga menyediakan beberapa notasi-notasi ajaib yang dapat mempermudah developer untuk menentukan setiap komponen kelas sehingga setiap pekerjaan dapat dimudahkan dan todak menjadi serumit yang dipikirkan.

Adanya tutorial Java Spring dan fitur framework yang ditawarkan oleh Java memang akan memudahkan jalanya pembuatan aplikasi dengan. Tak heran jika banyak yang menyukai fitur ini karena dapat memudahkan dan memangkas beberapa tahapan pekerjaan. Jadi, apakah sudah mencoba menggunakan Java Spring yang akan menyempurnakan aplikasi Anda?

Mau Belajar Java Spring ? Klik Dibawah Ini

Mahir dalam belajar java spring bersama Course-Net, Dapatkan pengalaman tidak terlupakan dalam belajar IT. Isi form dibawah ini untuk mengikuti kursus java yang bisa anda ikuti.

Segera daftarkan diri anda, Promo Khusus Untuk Bulan Ini Saja.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!