course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ini Dia Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Thursday, 12 October 2023 3:12 PM

Jenis Digital Marketing

Semakin berkembangnya jaman, pemasaran pun sudah dilakukan berbasis digital. Banyak perusahaan yang menggunakan berbagai jenis digital marketing sebagai metode untuk mempromosikan produk mereka. Selain lebih hemat, digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan dengan cara tradisional.

Hampir semua orang menggunakan internet dan menghabiskan waktunya di media sosial. Anda dapat mencari audiens untuk menciptakan brand awareness dengan menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis digital marketing, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Mengenal Digital Marketing

Digital marketing adalah cara pemasaran produk atau layanan dengan memanfaatkan teknologi digital. Metode ini biasanya digunakan dengan cara memanfaatkan situs web atau media sosial.

Hampir semua orang menggunakan internet, karena itu pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dianggap lebih efektif untuk memberi pengaruh kepada customer. Banyak orang menghabiskan waktunya di media sosial sehingga dapat lebih mudah untuk menjangkau calon pembeli lewat platform-platform tertentu.

Berbagai cara dapat digunakan untuk melakukan promosi, seperti pembuatan konten, membuat siaran langsung, serta interaksi dengan audiens.

Baca juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Melalui Digital Marketing

 

Jenis Digital Marketing

Ada beberapa jenis digital marketing yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran. Berikut kita akan membahas beberapa jenis digital marketing :

1. Social Media Marketing

Social mediam marketing melibatkan penggunaan platform media sosial untuk menarik audiens. Anda dapat membangun hubungan dan berinteraksi dengan audiens melalui media sosial. Hal ini dapat berpengaruh dengan brand awareness serta loyalitas pelanggan.

Anda dapat membagikan konten ataupun mempromosikan brand lewat platform seperti Instagram, Facebook, ataup Tiktok. Anda dapat berbagi informasi serta mendengar keluhan pelanggan. Dengan melakukan pendekatan ini, audiens akan terus melakukan interaksi yang bisa membuat brand kita populer.

Dengan jenis pemasaran ini, peluang untuk menciptakan brand awareness lebih besar karena hampir semua orang memiliki sosial media.

2. Content Marketing

Content marketing merupakan jenis digital marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten untuk audiens. Tujuannya yaitu untuk menarik pelanggan potensial dan membangun brand awareness.

Contoh dari jenis digital marketing ini yaitu membagikan video, foto, artikel blog, posting-an, atau yang lainnya. Dengan membagikan konten, brand dan audiens dapat lebih terhubung serta menunjukkan bahwa brand Anda masih aktif.

Konten yang dibuat harus di unggah secara konsisten dan memberi informasi yang menarik dan tetap relevan dengan brand Anda. Jika konten yang dibuat berkualitas, maka citra merek Anda akan semakin baik di mata audiens. Terlebih jika konten tersebut viral dan terkenal, audiens akan semakin banyak dan meningkatkan calon pembeli.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO digunakan untuk meningkatkan traffic sehingga meningkatkan brand awareness. Untuk menarik audiens, Anda dapat mengoptimalisasi konten dengan menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi kontennya. Namun Anda juga harus konsisten dalam mengunggah konten agar traffic situs web Anda tidak menurun dan stabil.

Seperti contoh Anda membuat artikel SEO untuk situs web Anda, jika kata kunci yang digunakan relevan dan artikel tersebut sesuai dengan syarat SEO, maka situs web Anda akan muncul pada hasil pencarian dari kata kunci tertentu. Peringkat yang didapatkan di hasil pencarian akan semakin tinggi jika optimasi yang dilakukan semakin baik.

4. SEM (Search Engine Marketing)

SEM bertujuan untuk meningkatkan traffic situs web dengan menggunakan iklan berbayar di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Iklan Anda akan ditampilkan di hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci tertentu.

SEM juga dikenal sebagai klik berbayar (PPC atau Pay per Click), pencarian berbayar (Paid Search), dan iklan pencarian berbayar (Paid Search Advertising). Mirip dengan SEO, SEM juga memanfaatkan mesin pencarian untuk iklan yang dibuat. Untuk membuat iklan digital di Google, Anda dapat menggunakan dan berlangganan Google Ads.

5. Email Marketing

Email marketing merupakan metode yang menggunakan media email untuk promosi. Biasanya email dikirimkan untuk mempromosikan produk, mengirimkan penawaran, dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Email yang dikirim juga bisa meninggalkan kesan menarik kepada pelanggan sehingga mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan. Promosi akan dikirimkan kepada pelanggan yang telah melakukan subscribe newsletter di platform Anda.

Jenis pemasaran ini wajib digunakan untuk strategi marketing Anda, terutama karena hal ini dapat memicu pembelian kembali dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Baca juga : Digital Marketing Tools Yang Wajib Anda Kuasai

Itulah ulasan mengenai digital marketing. Jenis digital marketing yang tepat harus dipilih berdasarkan target audiens atau tujuan kampanye yang dibuat. Metode tersebut dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian audiens dan calon pembeli.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai digital marketing, Anda dapat mengikuti kursus Digital Marketing di Course-Net. Dengan materi yang terstruktur dan bimbingan Coach kelas dunia, Anda dapat membangun karier impian Anda menjadi Digital Marketing Specialist.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!