UI UX: Apa Itu UI UX ? Dan Apa Perbedaan Keduanya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Di dalam pengembangan sebuah website tentunya User Interface (UI) serta User Experience (UX) sangatlah penting serta berkaitan. Namun diantara keduanya mana yang lebih penting diantara UI UX? Apakah memang perlu keduanya atau hanya satu saja sudah cukup? Itulah beberapa pertanyaan yang sering keluar.

Mengenal UI UX Yang Perlu Kamu Ketahui

UI UX: Pengertian Keduanya dan Perbedaannya

Pengertian User Experience (UX)

User Experience (UX) adalah proses mendesain sebuah produk melalui pendekatan dari pengguna. Nantinya melalui pendekatan tersebut kalian bisa menciptakan sebuah produk sesuai kebutuhan serta keinginan pengguna.

Desain UX yang baik tentunya akan bisa menciptakan sebuah pengalaman menyenangkan untuk pengguna dalam menggunakan produk. Pengguna akan menjadi mudah serta nyaman ketika menggunakan produk.

Komponen UX meliputi fitur-fitur produk, struktur desain, aspek visual design, navigasi penggunaan produk, dan keseluruhan aspek interaksi yang berkaitan dengan pengguna. UX juga meliputi tentang menentukan konten, branding, dan mempelajari copywriting yang sesuai target pengguna.

Pengertian User Interface (UI)

Sudah disebutkan sebelumnya jika UI bagian dari UX yang mana berupa tampilan dari visual design dari sebuah sistem. Melalui tampilan tersebut akan membuat pengguna bisa terhubung serta berinteraksi dengan sebuah produk.

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai penghubung, UI memiliki fungsi lain guna memperindah tampilan sehingga kepuasan pelanggan meningkat. UI tidak hanya indah namun harus mudah untuk digunakan tentunya.

Komponen UI seperti ikon tipografi, komponen tombol, layout, tema, animasi, dan visual interaktif yang lainnya. Seluruh komponen UI memang didesain berfokus pada keindahan serta kemudahan pengguna sehingga pengguna bisa menikmati produk kalian.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Website yang Menarik

Kenali Perbedaan UI dan UX

Kenali Perbedaan UI dan UX

Setelah mengetahui pengertian dari keduanya maka kalian juga harus mengetahui apa saja perbedaan keduanya. Supaya lebih mudah bagi kalian dalam memahami perbedaan tersebut maka akan dijabarkan melalui beberapa penjelasan.

  1. Tujuan desain

Perbedaan paling mendasar diantara keduanya yaitu tujuan desainnya. Fokus dalam pembuatan desain antara UI UX sangatlah berbeda.

Tujuan desain UI pada sebuah produk guna mempercantik tampilan produk. Sedangkan untuk desain UX dibuat untuk memberikan sebuah pengalaman menyenangkan ketika pengguna menggunakan produk.

Fokus desain UI yaitu keindahan tampilan, sementara design UX yaitu kepuasan dalam menggunakan produk.

Secara sederhana desain UI akan berpengaruh pada kesan pertama ketika pengguna melihat produk kalian. sedangkan UX berpengaruh pada pengalaman pengguna pada saat memakai produk.

  1. Proses desain

Desain UX berfokus kepada user experience sehingga proses desainnya berlandaskan pada riset pengguna sehingga mampu menghasilkan sebuah produk yang disukai serta dibutuhkan target pengguna. Proses desain UX memerlukan banyak tahapan dan keterlibatan banyak pihak.

Desain UI juga membutuhkan riset akan tetapi riset tadi dilakukan guna pembuatan desain yang menarik serta sesuai konsep. Para desainer UI perlu untuk merancang model desain yaitu dengan cara pembuatan mockup dahulu.

Jadi sampai tahapan ini kalian sudah sedikit paham mengenai apa itu UI dan UX serta sedikit perbedaan diantara keduanya terutama dalam hal proses desain.

  1. Komponen desain

Perbedaan UI UX dalam hal komponen yaitu desain UI memiliki fokus terhadap keindahan tampilan produksi. Jadi komponennya seperti gambar, warna, video animasi, dan lainnya.

Komponen desain UX meliputi keseluruhan komponen di dalam suatu produk yaitu struktur desain, fitur-fitur, navigasi, dan lainnya. Seluruh komponen tersebut diperlukan untuk kolaborasi tim guna menghasilkan sebuah desain produk yang bagus.

  1. Tools yang digunakan 

Perbedaan UI UX design selanjutnya terletak pada alat atau tools yang dipergunakan. Desainer UI masalah keindahan gambar sangat penting. Jadi diperlukan suatu aplikasi yang bisa untuk membuat desain interface secara detail.

Sementara itu, untuk desainer UX memerlukan aplikasi prototyping desain supaya lebih mudah dalam memperoleh feedback pengguna.

  1. Skill yang diperlukan

Menjadi seorang desainer UI UX tentu memerlukan suatu skill atau keahlian tersendiri. Untuk desainer UI perlu skill seperti design branding, desain grafis, convergent thinking, dan creative thinking. Skill tersebut berguna untuk pembuatan desain produk agar menarik serta mudah untuk interaksi.

Desainer UX memiliki tanggung jawab dalam pembuatan desain produk dengan memakai pendekatan pengguna supaya mudah digunakan. Maka diperlukan skill dalam melakukan riset, problem solving, analytical thinking, creative thinking, dan critical thinking.

Mengapa UI UX Penting Dalam Sebuah Pengembangan Aplikasi dan Website?

UI dan UX merupakan salah satu kunci dari kesuksesan sebuah produk. Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu UI UX melalui penjelasan diatas tentu kalian akan memahaminya. Supaya lebih jelas mengenai hal tersebut maka bisa menyimak informasi berikut ini.

  1. Menghasilkan produk yang diperlukan pengguna

Tentunya memfokuskan desain kepada user experience kalian bisa membuat sebuah produk tentunya dengan berbagai macam fitur yang diperlukan pengguna. Tentunya produk yang dibuat dengan berdasarkan kebutuhan pengguna menjadi lebih diminati.

  1. Meningkatkan kepuasan pengguna pada produk

Kalian setuju jika tampilan produk yang buruk serta sulit dipergunakan akan lebih mudah ditinggalkan pengguna. Namun, apabila produk yang dihasilkan memiliki sebuah tampilan yang mudah digunakan dan menarik maka pelanggan merasa semakin puas dan produk akan terus digunakan.

  1. Meningkatkan penjualan dan usaha

Saat website memiliki desain UI dan UX baik maka tidak hanya berdampak pada pelayanan optimal ke pelanggan. Secara tidak langsung termasuk dalam strategi pelayanan dalam peningkatan usaha.

Profesi UI Designer dan UX Designer

Setelah banyak mengetahui perihal UI UX adalah sebuah elemen yang penting dalam pengembangan produk maka kalian harus lebih paham mengenai kedua profesi tersebut.

  1. UI Designer

UI designer memiliki peranan dalam pembuatan tata letak fidelitas tinggi dengan menggunakan panduan responsif serta mengikuti identitas visual, paket UI, dan gaya panduan. Nantinya setelah selesai akan dilakukan penentuan animasi dan transisi.

Tanggung jawab utama dari seorang UI designer yaitu:

  • Pemenuhan tujuan serta pemberian desain yang dipersonalisasikan dan menarik. Hal tersebut termasuk juga menjaga branding serta pengembangan grafis, riset desain, alur cerita, dan analisis pelanggan.
  • Responsif dan interaktivitas: kompatibilitas dengan banyak ukuran layar dan kepatuhan untuk setiap perangkat, animasi, dan interaktivitas,
  • Implementasi pada pengembang
  • Prototipe UI
  1. UX Designer

UX designer memiliki fokus ke fungsionalitas produk, aliran, dan membangun struktur. Desainer ini melakukan kerja sama terutama dengan tim produk, spesialis business analyst, dan pemasar.

Tanggung jawab utamanya yaitu:

  • Analisis pengguna dan pesaing
  • Struktur produk serta menciptakan sebuah strategi memadai
  • Pembuatan prototipe pengujian
  • Perencanaan
  • Wireframing dan lainnya.

Jadi itulah sepintas pengetahuan mengenai ini yang perlu kalian ketahui. Banyak profesi desainer UI dan UX cukup menjanjikan dengan gaji UI UX designer di Indonesia berkisar 8-16 jutaan. Angka tersebut cukup lumayan bukan.

Melihat peluang tersebut maka tidak ada salahnya jika kalian mulai belajar ini dan memperdalam salah satu bidang. Jika kalian memiliki skill yang mumpuni tentu saja akan meningkatkan peluang kerja dan peluang pendapatan nantinya.

Pelajari UI UX Di Kelas Flutter

Buat kamu yang ingin mendalami pelajari UI UX , Ini adalah hal yang wajib kamu terapkan dalam membuat sebuah website. Metode ini bisa kamu terapkan di kelas saat belajar flutter yang bisa kamu terapkan pastinya. Untuk pendaftarkan bisa mengisi form dibawah ini :

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Nikmati program terbaru kelas UI UX hanya di Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !