course-net
Search
Close this search box.

Google Ads: Pengertian dan Panduan Menggunakannya

Minet

October 14, 2022

Google Ads: Pengertian dan Panduan Menggunakannya

Saat sedang melakukan penjelajahan melalui mesin pencari, pasti Anda akan menemukan banyak iklan yang terpasang di sebuah website bukan? Tenang saja, itu termasuk bagian dari Google Ads dan ternyata bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan persyaratan yang berlaku.

Google Ads juga bisa diartikan sebagai sebuah tujuan pemasaran digital yang dasar yang merupakan bagian dari SEM ( Search Engine Marketing). Hasil yang didapatkan dari penggunaannya adalah semakin banyak marketer yang bisa meningkatkan kunjungan pada website mereka.

Sebelum Anda mempelajari bagaimana Google Ads bisa digunakan dan berjalan dengan baik, maka ada baiknya Anda mengenalnya terlebih dahulu dari dasarnya. Dengan begitu, Anda sudah bisa mengelola penggunaannya.

Mengenal Google Ads & Cara Kerjanya

Pengertian Apa Itu Google Ads?

Mengenal Google Ads & Cara Kerjanya

Mari kita jawab bersama untuk sebuah pertanyaan, “Apa Itu Google Ads?”. Google Ads mempunyai pengertian yaitu sebuah platform periklanan secara online yang memang berbayar dari Google. Mulanya memang dinamakan sebagai Google AdWords, hanya saja berganti pada tahun 2018 hingga sekarang.

Dari sini, jika Anda mengikuti programnya maka Anda akan dikenakan tawaran atau biaya pembayaran dengan berdasarkan jumlah iklan yang diklik oleh user atau dinamakan dengan sistem CPC atau Cash Per Click atau Bayar per iklan yang diklik.

Iklan yang ditayangkan juga tidak hanya dari mesin pencari saja, namun sekali Anda memasang, maka selamnya dan sejauh ini iklan Anda akan tayang di halaman mesin pencari, kemudian terdapat pada YouTube, Blog, hingga bisa saja Google Display Network.

Penggunaan Ads Google jauh lebih efektif untuk urusan meningkatkan dan mendatangkan traffic yang berkualitas sehingga berpotensi pengunjung atau user bisa datang ke website yang Anda miliki.

Perbedaan Google Ads dengan Google AdSense

Sebelum lanjut ke bahasan selanjutnya, Anda harus lebih paham jika Google Ads merupakan Google AdWords bukan Google AdSense. Keduanya mempunyai mekanisme kerja yang berbeda meskipun sama-sama berdiri dari Google.

Google AdWords atau Google Ads adalah sebuah tempat untuk memungkinkan bisnis dengan mudah melakukan iklan terkait diri mereka sendiri di layanan atau produk dari Google. pada Google AdWords juga, Anda yang akan diwajibkan membayar biaya iklan yang dihitung dengan metode CPC.

Untuk Google AdSense sendiri merupakan tempat dimana seseorang memungkinkan mendapatkan uang melalui iklan yang disematkan pada platform mereka, seperti Blog, YouTube, dan Website. Tentunya Google mempunyai kriteria untuk bisa bergabung di dalamnya.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Panduan Penggunaan

Google Ads: Pengertian dan Panduan Menggunakannya

Selanjutnya adalah informasi terkait bagaimana kita sebagai pengusaha pemula bisa menyesuaikan zaman digital ini dengan menggunakan fitur Google Ads Indonesia. Dasar-dasar yang tentunya dan pasti untuk bisa kuasai sebelum akhirnya memutuskan dalam bergabung, antara lain:

1. Cara kerja dan efektivitasnya, pastikan Anda memang sudah memahami bagaimana cara kerja dari penggunaan jasa ini. Tentunya saat Anda mengetahui cara kerjanya, maka efektivitas halaman Anda untuk muncul di halaman pertama akan semakin besar peluangnya.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan maka Anda harus menggunakan kata kunci atau keyword yang akan sering dicari oleh user. Contohnya saat user mencari keyword “Google AdSense” maka jasa ii akan melakukan pemilihan kata kunci yang terbaik dan persaingan di mulai.

2. Bayar Iklannya, jasa ini tidak gratis. Jadi Anda perlu membayar jasa iklan mereka sesuai dengan sistem yang sudah diterapkan yaitu CPC. Pastikan Anda tidak mengeluarkan modal iklan yang besar daripada penghasilan dalam waktu yang lama, perlu dilakukan evaluasi yang rutin.

Google akan menawarkan bentuk istilah biaya periklanan mereka, antara lain:

  1. Pay per Thousand Impression atau Biaya per 1.000 Impresi

  2. Pay per Click atau Biaya Per Klik

  3. Pay per Conversion atau Biaya Per Konversi

3. Pelajari cara daftar akun dan transaksi pembayarannya, tentunya Anda harus bisa mengetahui langkah untuk mendaftarkan diri ke dalam akun Google Ads Proses daftar dan juga pembayaran bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini:

    1. Buka mesin pencari dan akses situs Google Ads
    2. Lakukan sign in ke akun Google
    3. Klik menu Get Started > pilih tujuan melakukan pengiklanan (Anda bisa memilih satu pilihan)
    4. Isi jawaban Anda pada kolom deskripsi sebuah bisnis dan masukan URL situs iklan Anda
    5. Isikan radius jangkauan user atau konsumen yang ingin Anda targetkan
    6. Pastikan dan tentukan penggunaan keyword pencarian produk atau jasa
    7. Lakukan pengisian pada kolom
    8. Masukan nomor telephone Anda yang nantinya akan ditampilkan pada iklan Google, tujuannya user atau konsumen bisa mudah menghubungi nomor Anda
    9. Pilih satu opsi paket pembayaran yang disediakan oleh Google. Anda bisa dengan bebas menentukan budget sendiri
    10. Selesaikan proses transaksi Anda

4. Keuntungan dari metode ini, Tentunya semua yang kita jalani akan mempunyai feedbacknya masing-masing. Keuntungan yang bisa didapatkan untuk seorang pemula antara lain:

      1. Biaya iklan bisa Anda pantau atau dimonitor.

      2. Bisa menaikkan omzet

      3. Ada pilihan format iklan yang tidak monoton

      4. Bisa dapatkan target konsumen yang tepat sesuai sasaran

      5. Bisa naikkan reputasi situs

5. Kelemahan untuk pengusaha, tentu saja dibalik keuntungan yang tersedia tetap ada kelemahannya terutama untuk pengusaha. Kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda antara lain:

  1. Tidak semua dan selalu bisa menarik konsumen untuk datang
  2. Fitur yang premium memiliki harga yang mahal
  3. Keterangan yang terdapat pada iklan tidak bisa hilang

Dengan pertimbangan 5 poin di atas, seharusnya sudah bisa membuat Anda selangkah lebih maju untuk belajar Google Ads lagi.

Jenis Iklan di Google Ads

Tentunya kita bisa memilih bentuk iklan sesuai dari jenis yang sudah disediakan dari Google Ads. Jenis iklan yang ditawarkan dalam bentuk tertentu yaitu:

  1. Terdapat Search Nertwork Campaign
  2. Jenis Display Network Campaign
  3. Jenis Video Campaign
  4. Jenis Apps Campaign

Cara Kerja dengan

Untuk Anda yang ingin bergabung, maka Anda lakukan cara berikut ini:

  1. Tentukan tujuan iklan

  2. Tentukan opsi Bid

  3. Lakukan Bid pada keyword

  4. Tentukan posisi iklan oleh Ad Rank

  5. Nantinya harga akan ditentukan oleh Quality Score yang dihasilkan

Anda bisa memilih salah satu bentuk iklan yang disediakan oleh mereka. Dengan begitu, iklan yang Anda buat akan ditampilkan sesuai dengan jenis yang sudah dipilih.

Dengan informasi ini, Anda harus bisa lebih bijak memilih yang menurut Anda menguntungkan untuk digunakan atau tidak. Setelah Anda sudah bisa memutuskan, Anda juga perlu melakukan pembelajaran dengan rutin.

Disamping itu, meskipun nantinya iklan Anda sudah bisa ditayangkan pada platform Google. Tetap saja, Anda perlu melakukan evaluasi dan pemantauan yang rutin terkait Google Ads ini. Jangan sampai Anda mengabaikannya dan tidak mendapatkan keuntungan dari penggunaannya.

Segera Ikuti Kursus Google Ads Hanya Di Course-Net

Dalam mengikuti kursus Google Ads, Kamu akan diajarkan cara digital marketing yang baik dan benar yang bisa kamu terapkan. Isi form dibawah ini untuk mengikuti kursus google ads

Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk anda dalam mempelajari Google ads.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!