course-net
Search
Close this search box.

Google Bisnis : Pengertian , Penerapan & Cara Menggunakan Google Bisnis Profil

Minet

April 5, 2023

Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnis

Google Bisnis : Pengertian , Penerapan & Cara Menggunakan Google Bisnis Profil – Salah satu jenis fitur yang dapat membantu client Anda supaya lebih mengenal bisnis Anda adalah dengan menggunakan Google Bisnis. Fitur ini memberikan informasi perihal bisnis apa yang dikerjakan, alamat dari tempat usaha maupun bisnisnya hingga nomor telepon dan juga email.

Saat ini kecanggihan teknologi membantu mempermudah Anda dan setiap orang dalam berbisnis. Bisnis yang Anda buat atau juga sedang Anda rintis dapat mudah dikenali oleh client maupun calon pembeli dan juga konsumen. Hal ini tentu membantu prospek penjualan barang dan jasa pada bisnis Anda.

Selain membantu konsumen memahami informasi pada bisnis Anda, secara tidak langsung hal ini dapat mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan. Bisa jadi juga penjualan produk dan jasa yang Anda tawarkan semakin meningkat drastis dengan menggunakan fitur ini.

Google Bisnis , Memudahkan Customer Menemukan Bisnismu

Pengertian dari Google Bisnis

Google Bisnis , Memudahkan Customer Menemukan Bisnismu

Google My Bisnis adalah salah satu alat besutan Google di mana Anda dan pemilik usaha dapat mengatur informasi yang ditampilkan pada halaman Google. Selain pada halaman Google, informasi tampilan usaha Anda juga turut muncul juga pada halaman Google Maps.

Jika Anda melakukan pencarian sebuah usaha, biasanya akan muncul informasi lengkap usaha tersebut seperti nama usaha, alamat usaha, jam buka, nomor telepon, email dan lain-lain. Informasi ini tentu sangat membantu client mencari apa yang sedang dicari saat ini.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan fitur ini, nantinya Anda bisa mengubah informasi dari data di sebelah kanan halaman pencarian Google tersebut. Anda bisa menambahkan informasi penting tentang usaha Anda demi meningkatkan nilai jual dari usaha Anda.

Keuntungan

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Google Bisnis

Perlu Anda ketahui, jika Anda menggunakan Google Bisnis sedari awal Anda membuat usaha, Anda akan mendapatkan banyak manfaat serta keuntungan yang besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam penggunaan Bisnis Google.

1. Dapat Ditemukan dengan mudah

Salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh dengan penggunaan fitur tersebut adalah usaha maupun bisnis Anda yang dapat dengan mudah ditemukan oleh calon client Anda. Ketika konsumen dapat menemukan usaha Anda dengan mudah tentu akan menguntungkan Anda.

Selain itu, apabila calon client Anda melakukan pencarian pada bisnis Anda melalui Google, calon client Anda tersebut dapat dengan mudah mengakses alamat Anda. Alamat Anda akan tercantum di Google Maps dan client Anda hanya perlu mengikuti jalan yang diarahkan.

2. Menaikkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda

Usaha Anda akan semakin terbantu karena dalam Google Bisnis terdapat fitur di mana client Anda dapat memberikan ulasan dan review. Review serta ulasan yang baik akan usaha Anda tentu akan membantu menaikkan tingkat kepercayaan terhadap usaha Anda.

Semakin tinggi tingkat kepercayaan client terhadap Anda berkat review yang positif, semakin tinggi nilai jual produk dan jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentu saja akan membantu Anda untuk mendapatkan profit yang tinggi dalam penjualan produk dan jasa dalam usaha Anda.

3. Informasi usaha Anda tersampaikan pada pelanggan

Dengan menggunakan fitur ini, informasi penting seputar bisnis dan usaha yang Anda bangun dapat lebih cepat dan tersampaikan dengan jelas kepada para pelanggan. Para pelanggan dan client tentu membutuhkan informasi yang valid akan kejelasan usaha Anda.

Dengan begitu, pelanggan serta client tidak akan lagi merasa ragu setelah melihat semua informasi tentang bisnis dan usaha Anda. Sebelum mendatangi tempat bisnis Anda, biasanya pelanggan akan mencari terlebih dulu jenis bisnis dan usaha yang Anda jalankan.

4. Bisnis yang Anda jalankan akan keluar di Google Maps

Anda dan sebagian orang mungkin akan bertanya bagaimana cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps? Lokasi Anda bisa ditambahkan dengan mudah apabila Anda menggunakan aplikasi fitur ini pada usaha yang sedang Anda jalankan.

Bisnis yang sudah terintegritas dengan Google Maps akan lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Sebab pelanggan yang ingin menuju tempat bisnis Anda akan diarahkan secara langsung melalui aplikasi Google Maps ke tempat bisnis Anda.

5. Pemilik usaha dapat berkomunikasi dengan pelanggan

Dengan menggunakan Google Bisnis, Anda juga dimudahkan dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan. Saat ini terdapat fitur yang memungkinkan Anda dan pemilik usaha lain untuk dapat melakukan komunikasi dengan para pelanggan ataupun client.

Dengan lancarnya hubungan komunikasi antar penjual dan pembeli seperti ini tentu akan membantu usaha Anda agar menjadi semakin berkembang. Selain bisa menjawab pertanyaan pelanggan, pelanggan lain yang lainnya juga bisa memberi komentar.

Dengan beragam manfaat jika Anda membuat akun bisnis Google, tentu Anda yang belum memiliki ingin segera membuatnya. Dengan membuat aplikasi sesegera mungkin, Anda bisa langsung merasakan segala jenis manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnis

Cara Mudah Membuat Akun Google Bisnis

Sesudah Anda memahami dengan jelas tentang apa saja manfaat dan keuntungan dari penggunaan Google Bisnis, kini saatnya beralih ke cara membuatnya. Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat aplikasi dapat mengikuti langkah mudahnya berikut ini.

1. Sign In atau Masuk ke dalam Google Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja adalah masuk mengakses ke dalam aplikasi melalui situs resmi. Sebelumnya Anda akan diminta masuk ke akun Google. Anda bisa masuk menggunakan akun Google lama atau menggunakan akun Google yang baru.

Baca Juga : Buat Akun Gmail Dengan Mudah

2. Input nama bisnis yang Anda jalankan

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah masuk adalah menuliskan jenis dan nama bisnis apa yang sedang Anda jalankan. Setelah menuliskan nama bisnis Anda, Anda bisa input kategori bisnis apa yang Anda jalankan, misalnya toko mainan, makanan, pakaian atau lainnya.

3. Tentukan alamat dan lokasi bisnis Anda

Langkah berikutnya, Anda bisa menentukan alamat dan lokasi bisnis Anda berada. Usahakan Anda menuliskan alamat secara lengkap agar pelanggan dapat mencari dengan mudah. Alamat yang Anda input ini nantinya akan dimasukkan ke Google Maps bisnis.

4. Tuliskan Informasi kontak bisnis usaha Anda

Selanjutnya Anda dapat memasukkan informasi kontak perusahaan seperti nomor telepon yang bisa dihubungi hingga website perusahaan jika Anda memilikinya. Promosi akan lebih lancar apabila Anda memasukkan juga platform-platform sosial media yang ada.

5. Selesaikan dan Anda siap mengelola akun bisnis Anda

Langkah terakhir adalah menyelesaikan rentetan cara membuat akun dengan menekan tombol Finish. Setelahnya, Anda dapat melakukan pengelolaan akun bisnis Google Anda dengan menambahkan informasi-informasi lainnya.

Mudahnya membuat akun Google Bisnis tentu adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi Anda. Untuk Anda yang ingin mempelajari IT khususnya kursus digital marketing lebih dalam lagi, Anda dapat mencoba mengakses ke situ Course-Net. Di dalamnya terdapat coaching program bidang IT dan lain sebagainya yang sangat menarik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print