course-net
Search
Close this search box.

Playstore Adalah : Pengertian dan Cara Mengatasi Kegagalan Unduhan

Minet

March 30, 2023

Playstore Adalah : Pengertian dan Cara Mengatasi Kegagalan Unduhan

Playstore Adalah : Pengertian dan Cara Mengatasi Kegagalan Unduhan – Playstore merupakan toko resmi yang dipergunakan untuk mengunduh ataupun membeli berbagai jenis aplikasi, buku, games dan lainnya pada sistem operasi Android. Aplikasi ini telah dipakai di seluruh dunia dan total unduhannya hingga jutaan sampai milyaran.

Playstore Adalah : Pengertian dan Cara Mengatasi Kegagalan Unduhan

Mengetahui Soal Google Playstore

Playstore Adalah : Pengertian dan Cara Mengatasi Kegagalan Unduhan

Layanan ini termasuk ke dalam distribusi digital yang mana dioperasikan dan juga dikembangkan oleh Google. Jadi tidak mengherankan jika banyak yang menyebutnya dengan sebutan Google Play. Namun sebelum itu platform ini dikenal dengan sebutan Android Market.

Fungsi platform ini untuk aplikasi toko resmi untuk seluruh perangkat yang memakai sistem operasi Android. Jadi dengan memakai platform tersebut kalian bisa menelusuri serta mengunduh aplikasi yang sudah dikembangkan memakai Android SDK (Software Development Kit) yang telah diterbitkan Google.

Tidak hanya berfungsi sebagai toko aplikasi namun platform ini juga berguna untuk toko media digital. Nantinya pengguna dapat menemukan buku, film, hingga acara televisi.

Aplikasi yang tersedia pada platform tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk jumlah aplikasinya tergolong banyak serta beragam. Bahkan sebagian besar aplikasi yang terdapat di dalamnya berguna untuk seluruh penggunanya.

Jenis layanan Playstore

Platform ini merupakan gabungan beberapa instrumen jadi layanan yang tersedia di dalamnya juga tergolong beragam. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini.

a. Google Play Books

Bila diartikan ke bahasa Indonesia maka memiliki arti Google Play Buku dan istilah sebelumnya yang dipergunakan yakni Google eBooks.

Artinya yakni aplikasi buku elektronik ini ditawarkan Google yang menjangkau lintas platform. Melalui menu ini maka pengguna dapat mengunduh serta membeli buku dan juga audiobook yang terdapat pada platform tersebut.

Terdapat jutaan buku elektronik di dalamnya sehingga mencatat Playstore sebagai salah satu dari tempat bursa buku yang terbesar di dunia.

Tidak hanya mengunduh namun para pengguna juga dapat mengunduh buku elektronik menggunakan format PDF ataupun ePub menggunakan akun penyimpanan cloud pada masing-masing akun Google Play Book. Untuk total file yang dapat diunggah mencapai 1.000.

Platform ini telah memiliki program afiliasi yang tentunya memungkinkan pengguna memperoleh royalti ataupun komisi yang diperoleh melalui penjualan buku.

b. Google Play Film & TV

jenis layanan ini memungkinkan kalian untuk dapat menonton acara televisi dan film. Layanan tadi dapat berupa pembelian sampai persewaan tergantung pada ketersediaan.

Konten yang ada di dalamnya juga mempunyai resolusi sangat tinggi. bahkan tersedia juga pilihan 4K Ultra HD dalam membuat tampilan jernih maksimal.

Untuk bisa melihat kontennya maka pengguna bisa menggunakan aplikasi seluler pada perangkat iOs ataupun Android lewat ekstensi browser Google Chrome maupun langsung menuju situs Google Play.

Jika ingin mengunduh dengan cara offline maka untuk saat ini hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi seluler maupun perangkat Chromebook.

c. Musik

Tentu saja sesuai dengan namanya maka jenis layanan ini memungkinkan kalian untuk mengunduh ataupun mendengarkan musik dengan cara streaming. Sekarang ini aplikasi yang tersedia terpisah dan dapat dipasang pada perangkat masing-masing penggunaannya yakni Google Play Music.

Layanan ini memungkinkan pengguna dapat mendengarkan radio ataupun musik dengan gratis. Bahkan kalian juga dapat berlangganan dengan cara membayarkan sejumlah dana.

d. Google Play App and Games

Layanan utama yang telah dikenal banyak penggunaannya dan melalui platform ini kalian dapat mengunduh maupun memperbarui aplikasi yang telah didistribusikan menggunakan Google.

Tersedia jutaan aplikasi serta permainan di platform ini. beberapa aplikasi tak ada yang berbayar akan tetapi sebagian besarnya tersedia secara gratis.

Aplikasinya beragam serta dapat diunduh melalui perangkat yang memiliki spesifikasi tertentu. Jadi sebelum melakukan pengunduhan maka sebaiknya lakukan pengecekan detail deskripsi supaya bisa kompatibel memakai perangkat Android yang dipakai.

Tidak hanya itu saja namun pengguna juga dapat mendistribusikan aplikasi sendiri serta memperoleh uang melalui iklan yang tampil di aplikasi ketika digunakan pengguna lainnya.

Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore Adalah

Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore Adalah

Ketika sedang mengunduh di platform tersebut terkadang pengunduhan gagal dan tidak bisa dilakukan. Sehingga download Playstore menjadi terkendala dan merepotkan terlebih jika aplikasi tadi benar-benar dibutuhkan.

Jika kalian mengalami kondisi tersebut maka jangan bingung. Tentunya banyak alasan kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore dan berikut ini adalah beberapa langkah penyelesaiannya.

a. Mengecek jaringan internet

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan yakni memeriksa jaringan yang digunakan. Jangan-jangan jaringan internet tadi memang sedang bermasalah.

Ini berlaku juga ketika kalian memakai jaringan WiFi. Maka dari itu sebelum melakukan pengunduhan di Playstore sebaiknya cek kualitas jaringan serta sambungan WiFi yang dipakai.

b. Periksa kapasitas memori

Tentu saja penambahan aplikasi baru ke ponsel akan memakan ruang memori yang ada entah itu memori internal maupun eksternal ponsel.

Tanpa kalian sadari terkadang terlalu memaksakan untuk mengunduh aplikasi tanpa memperhatikan terlebih dahulu perihal kapasitas memorinya. Ketika memori penuh maka pengunduhan tidak dapat dilaksanakan.

Maka bersihkan aplikasi ataupun file lain yang memang tidak diperlukan dengan menghapusnya sehingga banyak ruang memori yang tersedia.

c. Bersihkan cache

Tentu saja hampir keseluruhan aplikasi yang diunduh akan menghasilkan file sampah atau cache. Sayangnya banyak pengguna yang mengabaikannya dan malas membersihkan file tadi secara rutin.

Padahal cache tadi merupakan salah satu penyebab kenapa Playstore tidak bisa mendownload. Usahakan untuk melakukan pembersihan secara rutin agar banyak penyimpanan yang tersisa.

d. Hapus Proxy

Menghapus proxy termasuk ke dalam solusi terbaik ketika pengunduhan di Playstore tidak dapat dilakukan. Bagi yang belum mengetahui web proxy ini adalah sebuah sistem yang mempunyai fungsi untuk sarana perantara jaringan.

Adanya gangguan pada proxy bisa berpengaruh kepada proses pengunduhan aplikasi. Untuk penghapusan proxy bisa dilakukan dengan cara membuka pengaturan data di Access Point Name ataupun APN.

e. Menambahkan memori eksternal

Penambahan memori eksternal ke dalam ponsel memakai kapasitas lebih besar tentunya menjadi cara selanjutnya yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi kegagalan saat pengunduhan.

Cara ini akan berhasil ketika kalian menemukan pemberitahuan yang bertuliskan “Insufficient Storage Available” ketika akan mengunduh aplikasi. Pemberitahuan tadi menandakan ada kapasitas memori yang telah penuh.

f. Memeriksa Google Play Service

Playstore mempunyai keterikatan bersama Google Play Service. Melalui hal ini dapat disimpulkan bahwa kegagalan dapat terjadi saat pengunduhan karena masalah di Google Play Service.

Caranya cukup menghapus data serta cache pada Google Play Service. Ketika hal tersebut tidak berhasil maka kalian dapat menghapus aplikasinya di Google Play Service.

Jadi itulah informasi yang bisa kalian ketahui soal Playstore dan juga cara mengatasi gangguan ketika aplikasi tidak bisa diunduh di sana. Tentunya informasi ini akan sangat membantu terutama bagi kalian pengguna sistem operasi Android yang kerap mengalami kendala ketika mengunduh aplikasi di dalamnya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!