course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ingin Masuk Jurusan Cyber Security? Ini Skill yang Wajib Dimiliki!

Friday, 6 October 2023 9:50 AM

Jurusan Cyber Security

Sekarang ini, profesi di bidang IT mulai memiliki banyak peminat, terutama untuk jurusan cyber security. Hal itu dikarenakan peran tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan unuk menjaga dan melindungi database. Karena itu, peluang kerja di bidang tersebut termasuk tinggi.

Setiap perusahaan pasti memiliki dan menyimpan data serta informasi penting. Keamanan siber merupakan tanggung jawab seluruh anggota perusahaan.

Kesadaran keamanan yang kuat sangat penting untuk mengurangi risiko ancaman dan serangan siber. Namun hanya kesadaran saja tidak bisa mencegah serangan siber, terkadang serangan bisa terjadi secara tiba-tiba dan tidak diketahui darimana asalnya.

Di balik dunia yang mengandalkan teknologi dan digital, kejahatan siber pun semakin bertambah banyak. Maka dari itu peran cyber security sangat dibutuhkan.

Apa itu Cyber Security

Cyber security adalah upaya perlindungan sistem komputer, jaringan, data, dan program dari serangan atau ancaman yang mungkin dapat terjadi di dunia maya. Seorang cyber security bertugas untuk melindungi keamanan informasi dan data perusahaan.

Untuk era digital seperti sekarang ini, biasanya orang atau perusahaan memiliki penyimpanan data berbasis digital seperti drive atau cloud. Peranan cyber security sangatlah penting untuk meminimalisir masuknya risiko ancaman atau pencurian data. Karena itulah perusahaan sangat membutuhkan orang yang ahli untuk melindungi sistem dan data tersebut.

Serangan dan ancaman siber dapat berakibat fatal dan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Penjahat siber dapat mencuri atau menghapus data, bahkan lebih parahnya dapat dijadikan ancaman untuk blackmail. Perusahaan dapat kehilangan aset hingga reputasinya turun.

Prospek Karier Lulusan Jurusan Cyber Security

Profesi ini masih belum banyak dipahami oleh orang awam, karena itu prospek kariernya pun masih terbilang luas. Orang yang masuk jurusan cyber security terbilang cukup mudah untuk mendapat pekerjaan karena peran tersebut sangat dibutuhkan di perusahaan ataupun institusi.

Karier di bidang cyber security menawarkan beberapa pilihan untuk profesional yang tertarik dalam melindungi sistem, jaringan, dan data dari ancaman siber. Ada beberapa spesialisasi dapat Anda pilih sesuai dengan minat, keterampilan, dan pengalaman Anda. Berikut beberapa prospek karier lulusan jurusan cyber security :

  • Information Security Analyst
  • Penetration Tester
  • Security Engineer
  • Security Architect
  • Security Operations Center (SOC) Analyst
  • Incident Responder
  • Cyber Security Consultant

Kampus yang Ada Jurusan Cyber Security

Meskipun di Indonesia masih sedikit yang menawarkan jurusan ini, namun ada beberapa kampus yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendalami cyber security. Berikut contoh beberapa kampus yang memiliki jurusan cyber security :

  1. Binus University
  2. Telkom University
  3. Universitas Surabaya
  4. Universitas Tanjungpura
  5. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Skill Yang Wajib Dimiliki

Untuk menjadi seorang cyber security, Anda harus memiliki skill tertentu. Pekerjaan menjadi cyber security bukanlah hal yang mudah dan memerlukan kecerdasan serta keahlian. Berikut contoh 2 skill yang wajib dimiliki terutama oleh cyber security pemula :

1. Programming

Programming merupakan hal dasar yang wajib dimiliki oleh seorang cyber security. Dalam melakukan programming, Anda harus mempelajari bahasa pemrograman seperti bahasa pemrograman C, C ++, Java, PHP  agar dapat memahami back-end suatu sistem.

Bukan hanya itu, Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang system architecture, management of operating system, dan sebagainya.

2. Analisis Malware

Seorang cyber security harus mampu menghadapi ancaman malware, karena hal tersebut merupakan salah satu masalah yang serius. Anda juga akan dituntut untuk proaktif ketika melakukan pendekatan keterampilan pada manajemen ancaman digital.

Selain itu Anda harus memperkuat skill perencanaan pemulihan bencana jika sudah terlanjur terkena serangan. Setelah terjadi serangan, penting bagi perusahaan untuk segera melakukan pemulihan dan melanjutkan bisnis.

Karena itu, skill ini sangat berguna dan dibutuhkan bagi perusahaan. Keamanan perusahaan akan terjamin dan pemulihan dapat langsung dilakukan secara cepat jika terkena ancaman.

Itulah contoh 2 skill yang wajib Anda miliki dan kuasai jika ingin menjadi cyber security. Dengan memiliki skill tersebut, Anda dapat berprofesi sebagai cyber security.

Namun selain skill, Anda harus memiliki sertifikasi yang relevan seperti CISSP (Certified Information Systems Security Professional), CEH (Certified Ethical Hacker), CISM (Certified Information Security Manager), dan masih banyak lagi. Dengan adanya sertifikasi tersebut, Anda dapat meningkatkan kualifikasi dan memiliki bukti valid bahwa Anda telah kredibel untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Mungkin terkadang Anda masih merasa kesulitan untuk belajar di jurusan cyber security, karena faktor materinya yang sulit atau butuh waktu untuk mempelajarinya. Jangan khawatir, Anda dapat mengikuti kursus cyber security di Course-Net. Anda akan mendapatkan materi yang terstruktur dari para mentor berpengalaman, serta ada garansi untuk belajar sampai bisa.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!