Mock Up Adalah: Pengertian, Fungsi dan Anatominya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Mock Up Adalah: Pengertian, Fungsi dan Anatominya – Pembuatan mock up merupakan hal yang penting sebagai penunjang desain yang ingin dibuat bagi para klien. Melalui mock-up tersebut, selanjutnya para klien dapat melihat seperti apa gambaran umum yang ada dalam sebuah desain ketika diimplementasikan dalam sebuah bidang yang nyata.

Umumnya, mock-up merupakan bentuk visualisasi sebagai representasi desain dalam sebuah produk sebelum nanti mulai direalisasikan. Secara umum, mock-up akan dipakai saat melakukan presentasi maupun pitching saat bertemu klien. Secara sederhana, mock-up akan membantu orang untuk lebih mengerti informasi dan sebuah juga konsep dari desain yang akan diciptakan.

Pembuatan mock-up ini bisa digunakan pada hampir semua tipe produk, entah itu website maupun aplikasi, juga produk untuk membuat kemasan makanan. Lalu, seperti apakah contoh dari mock-up ini? Mari kita lanjutkan ulasan lengkapnya di bawah.

Apa Itu Mock Up ? Mock Up Adalah

Pengertian Mock Up

Apa Itu Mock Up ? Mock Up Adalah

Mock up adalah suatu rancangan atau model desain produk yang diciptakan dan digunakan sebagai sebuah acuan sebelum benar-benar direalisasikan. Maka dengan begitu, mock-up merupakan sebuah visualisasi supaya bisa memudahkan desainer ketika akan mengeksekusi produk jadi. Biasanya, mock up akan diperlihatkan pada saat proses presentasi, dengan tujuan orang lain bisa melihat gambaran produk.

Hubungannya dengan hal itu, mock-up menjadi kunci yang paling krusial untuk jadi penentuan apakah suatu konsep desain akan bisa diterima atau tidak, apalagi jika berhadapan dengan atasan dalam tempat kerja atau klien. Keberadaan mock-up ini akan bisa mempermudah desainer atau pihak terkait ketika menerima saran.

Mock-up ini terdiri dari 2 kategori, yaitu low fidelity dan high fidelity. Untuk kategori low fidelity mock-up adalah sebuah skema desain yang bentuknya masih amat sederhana. Sementara pada kategori high fidelity mock-up adalah rancangan yang nampak cukup kompleks pada saat menampilkan desain produknya.

Fungsi dari Mock Up

Berdasar pada pengertiannya, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa fungsi yang dimiliki mock-up ini adalah agar bisa memudahkan proses eksekusi pada rancangan produk.

Suatu desain yang sederhana sebenarnya sudah cukup dalam membantu penyampaian ide dari rancangan, akan tetapi mock up ialah sebuah gambaran secara nyata dari sebuah produk dan paling realistis untuk bisa menyerupai desain dari produk akhir. Maka dari itu, mock-up punya peran yang amat penting di dalam proses rilis produk terbaru. Berikut ini beberapa fungsi dari mock-up, yaitu:

1. Memberi Gambaran Nyata atas Produk

Rancangan dari mock up ini adalah representasi yang paling realistis dari suatu produk. Maka dari itu, keberadaan mock-up tersebut akan banyak membantu para pihak yang terkait, misalnya seperti UI atau UX designer yang mengamati tiap elemen yang terdapat di dalam produk.

Mau Kursus UI UX ? Daftar Disini

Rancangan itu bisa jadi acuan untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dan tepat sasaran. Selain itu, sebuah rancangan mock-up akan lebih mudah untuk dijabarkan dibanding hanya cuma menampilkan desain yang biasa dan bahkan hanya berupa tulisan.

2. Menghemat Pengeluaran

Fungsi dari mock-up adalah untuk bisa menghemat anggaran Anda dalam perilisan sebuah produk sebab tiap kekurangan maupun kesalahan yang bisa saja terjadi akan diatasi selama proses presentasi dari mock-up ini.

Secara umum, desainer memaparkan rancangan dari desain mock-up yang mereka buat, lalu kemudian orang lain bisa memberikan kritik, opini, serta masukan mereka. Hal semacam itu yang dianggap mampu menghemat pengeluaran dengan meminimalisir jumlah revisi saat proses membuat produk jadi.

Dengan begitu, bila ada beberapa hal yang mesti diedit, maka tak perlu ada pembiayaan ulang agar bisa membuat produk yang sama.

3. Penggunaan Waktu Secara Efektif

Tidak cuma bisa menghemat biaya, fungsi pembuatan mock-up adalah untuk meningkatkan efektivitas durasi pengerjaan barang. Bila ada kesalahan akan bisa diminimalisir pada saat proses pembuatan rancangan mock-up, dengan begitu waktu yang dibutuhkan juga akan jauh lebih cepat dalam memperbaiki kesalahan.

Pasti akan lain lagi jika produk sudah dalam kondisi siap untuk dipasarkan tapi ternyata masih terdapat kesalahan yang wajib diperbaiki. Waktu yang diperlukan untuk membuat desain mock-up pasti akan jauh lebih sedikit jika dibandingkan harus membuat ulang lagi sebuah produk jadi. Maka dari itu, bila ada perbaikan maupun penambahan berupa saran dan pendapat dari klien, prosesnya bisa berjalan lebih cepat.

4. Media Melakukan Presentasi

Tidak hanya berhenti dengan fungsi yang sudah disebutkan, mock-up merupakan media visualisasi yang digunakan desainer untuk memaparkan rancangan desain yang mereka buat. Tanpa mock-up, penyampaian gagasan atau informasi akan jadi lebih sulit sebab gambaran tiap orang tentu akan berbeda.

5. Memudahkan Langkah Revisi

Tak hanya bisa menghemat waktu secara signifikan, mock up tentu saja akan mempermudah proses perbaikan produk. Seperti yang sudah diketahui bahwa dalam dunia desain, sebuah revisi adalah hal yang sangat umum dilakukan.

Bahkan, sering terjadi revisi pada produk bisa terjadi beberapa kali. Misal, dalam pembuatan web, ada beberapa proses coding yang harus dijalani supaya bisa menambah fitur tertentu, mempercantik tampilan, dan masih banyak lagi.

Saat Anda ingin memperbaiki web yang sudah menjalani proses coding, maka akan memerlukan anggaran serta waktu yang lebih banyak untuk bisa melakukannya. Perbaikan mock-up sejak awal akan lebih simple untuk dilakukan bila dibandingkan dengan memperbaiki sebuah produk yang telah masuk dalam tahapan akhir.

Anatomi Mock Up Adalah

Anatomi Mock Up Adalah

Pada sebuah desain, ada beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan. Tiap jenis desain memiliki anatomi mock-up mereka masing-masing. Berikut merupakan beberapa aspek yang terdapat di dalam anatomi suatu mock up yang penting untuk dipahami:

1. Layout

Layout mockup adalah gambaran dari penempatan konten yang ditampilkan pada desain. Contoh layout: Z-shape, F-shape, split screen, single column, dan yang lainnya.

2. Warna

Warna adalah salah satu komponen yang dalam mockup. Pemilihan warna bisa mempengaruhi perasaan para pengguna terhadap produk. Pengaruhnya terhadap kenyamanan para pengguna saat menggunakan produk Anda. Maka dari itu, penentuan warna sangatlah penting ketika mendesain sebuah produk.

3. Kontras

Sama halnya dengan warna, kontras sangatlah berpengaruh bagi kenyamanan para pengguna. Ini karena bila kontras pada tampilan website dan aplikasi kurang sesuai, maka pengguna bisa kesulitan saat membaca teks yang terlihat. Karena itu, kontras merupakan komponen yang harus diperhatikan tiap desainer.

4. Tipografi

Tipografi adalah tipe font merupakan satu komponen dalam anatomi mockup. Sebab, pemilihan jenis font, lalu ukuran, dan juga spacing di dalam teks yang sesuai akan menjadikan sebuah desain jadi lebih menarik serta nyaman dilihat.

5. Spacing

Suatu desain tak harus selalu nampak padat. Perlu ruang kosong dalam sebuah desain sehingga akan mempercantik tampilan. Dengan ruang kosong atau space adalah elemen yang cukup bagus. Space akan membuat pengguna jadi lebih mudah membaca konten yang terlihat.

6. Navigasi

Navigasi adalah salah satu komponen dari anatomi mock up. Dengan navigasi yang sesuai, pengguna akan dengan mudah mengarungi situs dan aplikasi yang dibuat. Anda bisa juga mempelajari mengetahui apa itu mock up dengan mengikuti Course-Net yang punya metode terbaik.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

PROMO RAMADHAN
DISKON IDR 2.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 31 Maret 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo ramadhan

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !