course-net
Search
Close this search box.

Home >

Pelatihan Prakerja: Informasi dan Cara Beli Pelatihan Prakerja

Tuesday, 28 March 2023 10:43 AM

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja

Pelatihan Prakerja: Informasi dan Cara Beli Pelatihan Prakerja – Salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kompetensi lebih kepada masyarakat itu adalah dengan pelatihan Prakerja. Ini menjadi salah satu misi besar pemerintah untuk bisa mengurangi angka kemiskinan, yakni dengan memberikan bekal kompetensi kepada masyarakat. Banyak sekali orang yang belum memahami mengenai program Prakerja ini, berikut ini akan kami coba jelaskan.

Pelatihan Prakerja Bidang IT Yang Bisa Kamu Beli Course-Net

Apa Itu Program Prakerja?

Pertama-tama kita perlu untuk mengetahui dulu program Prakerja itu apa, supaya kita tahu sasarannya dan kita bisa memanfaatkannya dengan benar. Program Prakerja dari pemerintah ini bertujuan untuk membantu para pencari kerja, buruh yang ingin meningkatkan kompetensi dan juga buruh yang terkena putus kerja. Dengan program ini diharapkan para pencari kerja tersebut akan memiliki kompetensi yang lebih baik sebagai modal untuk mencari kerja.

Cara untuk meningkatkan kompetensinya itu adalah dengan memberikan biaya untuk mengikuti beragam pelatihan yang ada saat ini. Pelatihan tersebut diharapkan akan memberikan para pencari kerja skill untuk bekerja dan atau menambahkan skill para pencari kerja.

Jenis pelatihan yang tersedia untuk program Prakerja ini sendiri ada cukup banyak, mulai dari yang diadakan oleh pemerintah sampai berbagai platform pendidikan. Course-net menjadi salah satu platform pelatihan Prakerja yang bisa kalian pilih ketika kalian sudah memiliki kartu Prakerja. Kalian bisa mengikuti pelatihan dengan menggunakan webinar atau bisa juga pelatihan tanpa webinar.

Cara Mendaftar Program Prakerja


Bila kalian tertarik untuk mengikuti program Prakerja, maka kalian perlu untuk mendaftarkan diri pada program Prakerja tersebut. Kalian secara resmi sudah masuk dalam program Prakerja milik pemerintah ini bila sudah memiliki kartu Prakerja sebagai kartu identitas. Untuk mendaftarkan diri tentunya ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan, berikut ini kami akan jelaskan cara daftar Prakerja.

  1. Langkah yang pertama tentu saja harus mengunjungi situs resmi dari program Prakerja yakni prakerja.go.id.
  2. Langkah yang kedua yakni kalian perlu untuk klik tulisan daftar yang ada di situs tersebut
  3. Langkah ketiga kalian isikan data dengan lengkap yang sudah tersedia pada formulir
  4. Berikutnya kalian tinggal melakukan konfirmasi melalui email yang sudah dituliskan
  5. Setelah sudah terkonfirmasi, kemudian kalian perlu untuk melakukan login dengan menuliskan username dan juga password
  6. Setelah sudah masuk kalian akan diminta untuk memasukkan nomor KK dan juga nomor KTP
  7. Berikutnya kalian isikan data pribadi secara lengkap untuk melengkapi profil data peserta program Prakerja dari pemerintah
  8. Masukkan nomor telepon yang aktif dan kemudian kalian akan mendapatkan kode OTP yang harus kalian masukkan ke dalam situs juga
  9. Setelah itu akun Prakerja kalian sudah aktif

Langkah Setelah Kartu Prakerja Aktif

Daftar Prakerja Untuk Tingkatkan Skill IT Bersama Course-Net

Salah satu cara mengikuti pelatihan itu adalah dengan memiliki kartu Prakerja yang aktif terlebih dahulu. Berikut ini kami akan coba jelaskan langkah untuk bisa mendapatkan kartu Prakerja setelah sudah memiliki akun Prakerja yang aktif.

  1. Langkah yang pertama sudah pasti kalian perlu login terlebih dahulu di situs prakerja.go.id.
  2. Langkah yang kedua kalian perlu mengikuti tes motivasi, jadi sebaiknya kalian persiapkan alat tulis dan kertas. Tes motivasi ini akan dilakukan secara online melalui situs tersebut
  3. Setelah sudah mengikuti tes tersebut, kalian bisa klik gabung
  4. Kalian tinggal tunggu hasil tes apakah kalian lolos untuk mengikuti program pelatihan atau tidak.

Untuk bisa mengikuti program Prakerja sendiri tentunya kalian perlu untuk memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Syarat yang pertama yakni warga negara Indonesia dengan usia 18 sampai 64 tahun
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal baik itu siswa atau juga mahasiswa
  3. Buruh atau pekerja yang terkena PHK, orang yang mencari pekerja atau buruh bukan penerima upah yang ingin meningkatkan kompetensi
  4. Bukan sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah selama pandemi Covid 19
  5. Bukan merupakan pejabat negara, pejabat daerah, pejabat desa, Polri, dan sejenisnya
  6. Dalam satu KK maksimal hanya bisa 2 orang saja yang bisa mendapatkannya

Setelah kalian sudah memiliki kartu yang aktif, maka kalian bisa mengikuti pelatihan kartu Prakerja dengan mudah dan cepat. Kalian pun tinggal mencari tahu cara beli pelatihan supaya kalian bisa mengikutinya dan mendapatkan bekal kompetensi yang tepat.

Insentif Program Prakerja

Bila kalian sudah mendapatkan kartu prakerja, maka kalian akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan salah satunya insentif. Insentif ini menjadi modal untuk mencari kerja atau memulai modal usaha dan juga mendapatkan insentif lagi untuk melakukan survei. Kalian bisa mendapatkan insentif tersebut apabila kalian sudah melalui atau mengikuti pelatihan prakerja tersebut dan sudah mendapatkan sertifikatnya.

Insentif tersebut akan cair sesuai dengan jadwal dan biasanya akan bisa diberikan melalui rekening bank yang kalian daftarkan. Jadi cara mencairkan saldo pelatihan Prakerja itu adalah dengan membeli pelatihan yang tersedia dan ingin kalian pilih.

Cara Membeli Beragam Pelatihan Prakerja

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja

Setelah kalian sudah memahami soal program Prakerja, maka kalian bisa mencoba cara membeli pelatihan Prakerja yang ada banyak sekali pilihan caranya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa pilihan cara untuk bisa membelinya dengan mudah dan juga cepat.

  1. Melalui Platform Pembelian

Cara yang pertama yakni melalui platform pembelian seperti Tokopedia dan lain sebagainya yang memungkinkan kalian membeli online. Untuk pembayarannya pun kalian bisa menggunakan kartu Prakerja dengan menuliskan nomor id dari kartu Prakerja. Nantinya saldo di kartu Prakerja kalian akan berkurang sesuai dengan harga dari pelatihan tersebut.

  1. Melalui Situs Penyedia Pelatihan

Cara kedua yakni melalui situs penyedia pelatihan untuk Prakerja yang sudah semakin banyak tersedia di internet. Kalian bisa mencari pelatihan paling mudah untuk bisa menyelesaikan pelatihan tersebut dengan lebih cepat. Kalian pun harus memilih situs yang terbaik, supaya kalian memiliki cukup banyak pilihan pelatihan yang kalian inginkan.

Cara Redeem Vouceher Pelatihan Prakerja

Course-Net merupakan lembaga pelatihan yang bergabung di ekosistem Program Kartu Prakerja. Hadir menyediakan pelatihan yang bisa Anda ikuti. Program Course-Net X Kartu Prakerja ini dilakukan secara sistem yang akan memudahkan anda untuk menyelesaikan program prakerja secara lebih cepat.

Panduan Penyelesaian Prakerja



Pelatihan Prakerja yang mudah itu memang menjadi pertimbangan, tapi yang utama itu adalah kualitas dari pelatihannya. Setelah sudah membeli pelatihannya, maka kalian tinggal mencari tahu cara mengikuti pelatihan yang sudah dibeli.

Cara ikut pelatihan Prakerja sendiri ada 2 yakni dengan menggunakan webinar atau mendatangi kelas dari penyedia pelatihan Prakerja tersebut. Tentunya kalian itu perlu untuk mencari tahu dulu informasinya mengenai metode pelatihan yang tersedia, jadi kalian bisa memilih yang paling sesuai. Cara pelatihan Prakerja ini mungkin bisa kalian pilih sesuai dengan waktu yang kalian miliki untuk bisa mengikuti pelatihan.

Kalian bisa mencari informasi contoh pelatihan Prakerja untuk bisa memahami dan mengikuti pelatihan dengan baik. Itulah beberapa informasi mengenai pelatihan Prakerja mulai dari cara mengikuti sampai dengan cara menyelesaikan pelatihan.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?