course-net
Search
Close this search box.

Buka Toko Tokopedia : Langkah Mudah Membukanya Secara Gratis

Minet

March 28, 2023

Buka Toko Tokopedia : Langkah Mudah Membukanya Secara Gratis

Buka Toko Tokopedia : Langkah Mudah Membukanya Secara Gratis – Tokopedia menjadi salah satu marketplace paling populer di Indonesia. Oleh karena itu, para pebisnis online biasanya selalu memiliki toko Tokopedia untuk memudahkan pelanggan yang ingin membeli produknya. Terbukti bahwa penjualan di Tokopedia juga cukup tinggi.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis online, maka ada baiknya untuk membuka toko di Tokopedia. Tujuannya agar bisa menjangkau konsumen lebih luas. Apalagi, kini semakin banyak orang yang lebih suka belanja di marketplace Tokopedia karena lebih terpercaya.

Cara Buka Toko Tokopedia Yang Bisa Kamu Lakukan

Apa Saja Keuntungan ?

Buka Toko Tokopedia : Langkah Mudah Membukanya Secara Gratis

Jualan di Tokopedia bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin melebarkan sayap di bidang bisnis online. Apalagi, kini Tokopedia memberikan banyak keuntungan untuk para seller. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan seller Tokopedia? Berikut penjelasannya.

1. Nikmati Buka Toko Gratis

Khawatir bayar mahal saat buka toko di Tokopedia? Jangan khawatir, karena buka Tokopedia bisa Anda lakukan secara gratis. Ya, gratis alias tanpa perlu membayar biaya sepeser pun, sehingga sangat hemat.

Bayangkan jika membuka toko offline yang mengharuskan Anda membeli atau menyewa toko. Pasti butuh modal yang besar bukan? Jika jualannya di Tokopedia, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena bisa buka toko secara gratis.

2. Jangkauan ke Seluruh Indonesia

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika buka toko Tokopedia adalah bisa menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Calon pembeli potensial di Tokopedia adalah 98% dari wilayah Indonesia. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.

3. Pilihan Layanan Pengiriman Sangat Lengkap

Jangan khawatir soal pengiriman produk di Tokopedia. Pasalnya, marketplace terpopuler di Indonesia ini menyediakan layanan pengiriman yang lengkap. Cakupan pengiriman juga sangat luas, bahkan hingga ke berbagai pelosok Indonesia.

4. Banyak Fitur Canggih pendukung Jualan

Tokopedia menyediakan berbagai macam fitur yang akan mempermudah seller dalam mengelola toko onlinenya. Fitur-fitur canggih yang tersedia di Tokopedia siap untuk membantu para seller dalam mengembangkan tokonya.

5. Biaya Admin Terjangkau

Nah, yang paling penting adalah biaya admin di Tokopedia cukup terjangkau. Setiap kali terjadi transaksi penjualan dengan konsumen, Anda tidak akan diminta untuk membayar biaya yang mahal. Dengan begitu, maka Anda tetap bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Baca Juga : Buka Toko di Lazada: Cara Mudah Lewat HP dan Website

Inilah 7 Langkah Mudah Buka Toko Tokopedia yang Praktis

Inilah 7 Langkah Mudah Buka Toko Tokopedia yang Praktis

Setelah mengetahui apa saja keuntungan menjadi seller di Tokopedia, Anda tentu sudah tidak sabar untuk mulai membuka toko di marketplace ini bukan? Namun, sebelumnya Anda harus tahu bagaimana cara untuk membuka toko di Tokopedia.

Setelah membuka toko, barulah Anda bisa mulai memasang produk untuk ditawarkan kepada konsumen. Cara buka toko di Tokopedia sangat praktis dan tidak perlu keahlian khusus. Agar tidak penasaran, langsung ikuti cara buka toko di Tokopedia berikut ini.

1. Download Aplikasi Tokopedia

Seperti biasa, sebelum mulai menggunakan aplikasi, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Jadi, silakan download dan install aplikasi Tokopedia di smartphone. Baik menggunakan Google Play Store maupun Apps Store sesuai kebutuhan.

2. Buat Akun Pembeli

Perlu diketahui bahwa untuk buka toko Tokopedia, Anda harus membuat akun pembeli terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Tokopedia, kemudian klik “Menu Utama” yang bersimbol garis tiga di pojok kanan atas. Setelah itu, klik “Daftar”.

3. Masukkan Nomor Ponsel dan Email

Jika sudah klik pendaftaran, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang aktif. Selain itu, ada juga kolom untuk mengisi alamat email yang akan Anda gunakan. Pastikan nomor telepon dan email tersebut aktif karena untuk verifikasi akun nantinya.

4. Pilih Metode untuk Verifikasi

Jika sudah memasukkan email aktif dan nomor telepon, jangan lupa untuk klik “Daftar”. Berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih metode verifikasi yang tersedia. Pilih salah satu metode tersebut, misalnya kirim OTP lewat SMS.

5. Masukkan Kode Verifikasi

Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan kode verifikasi tersebut. Jika sudah menerimanya, langsung masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia. Pastikan angkanya sudah sesuai agar tidak terjadi kesalahan.

6. Tulis Nama dan Password

Setelah memasukkan kode OTP, Anda diminta untuk menulis nama dan password jika tadi mendaftar dengan email. Sementara jika mendaftar dengan nomor HP, maka hanya diminta untuk menulis nama lengkap saja.

Silakan isi nama lengkap sesuai dengan nama Anda yang tertera di KTP. Hal ini bertujuan agar lebih mudah pada saat melakukan penarikan dana atau saldo ke rekening pribadi. Jika sudah mengisi data tersebut, langsung saja klik “Lanjut”.

7. Selamat Akun Pembeli Sudah Jadi

Jika sudah menyelesaikan enam tahap di atas, maka artinya akun pembeli Anda sudah berhasil dibuat. Namun, cara membuat toko di Tokopedia tidak berhenti sampai disitu saja. Anda harus melanjutkan ke tahap berikutnya untuk membuka toko sebagai seller di Tokopedia.

8. Pilih Menu Buka Toko Gratis

Untuk membuka toko, silakan buka “Menu Utama” di aplikasi Tokopedia. Setelah itu, klik “Mau mulai berbisnis? Buka Toko Gratis”. Jika sudah, maka Anda nantinya akan diarahkan ke halaman Buka Toko. Silakan klik “Buka Toko Gratis”.

9. Tulis Nama Toko

Pada halaman berikutnya, Anda diminta untuk membuat nama toko. Perlu diingat bahwa nama toko tidak dapat diubah. Cara ganti nama toko di Tokopedia yang butuh trik khusus. Untuk itu, pastikan Anda sudah menyiapkan nama toko yang paling sesuai agar tidak ada keinginan untuk mengubahnya lagi.

10. Isi Domain Toko

Jika sudah mengisi nama toko, cara membuka toko di Tokopedia berikutnya adalah mengisi domain toko. Apa itu domain toko? Jadi, domain toko adalah sebuah link yang nantinya berfungsi sebagai link Tokopedia toko Anda.

11. Masukkan Alamat Toko

Saat mengisi alamat, pastikan Anda menuliskannya dengan benar. Sebab, alamat toko ini nanti digunakan oleh kurir untuk mengambil barang di toko Anda. Silakan tulis alamat lengkap mulai dari jalan, nomor rumah, RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga kode pos. Jika sudah, silakan klik “Simpan”.

Selamat, toko Tokopedia Anda sekarang sudah berhasil dibuat. Anda bisa langsung mengisi produk-produk yang akan dijual. Namun, dalam membuat produk di Tokopedia membutuhkan trik khusus agar nantinya bisa menarik minat pembeli.

Baca Juga : Buka Toko Di Shopee: Syarat dan Beberapa Panduannya

Ada baiknya, Anda mengikuti coaching terkait digital marketing di Course-Net. Mengikuti coaching sangat penting untuk menambah skill dan pengetahuan Anda terkait cara jualan online yang baik dan benar. Ini bertujuan supaya Anda bisa sukses jualan di Tokopedia.

Tanpa memberikan trik khusus, maka sulit bagi toko Anda untuk berkembang. Hal ini mengingat padatnya persaingan antar seller di Tokopedia. Selain itu, banyak juga hal yang harus Anda ketahui seperti cara hapus toko di Tokopedia.

Oleh karena itu, ikuti coaching bersama dengan coach yang andal dari Course-Net. Anda bisa mempelajari tips dan trik agar toko Tokopedia bisa ramai oleh pengunjung dan menarik minat konsumen. Hal ini akan meningkatkan penjualan Anda setiap harinya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!