course-net
Search
Close this search box.

Perbedaan Error 502 dan Error 503 saat Browsing

Minet

March 6, 2018

kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

Perbedaan Error 502 dan Error 503 saat Browsing – Dalam mencari sebuah domain website pasti ada kalanya kamu mendapati error. Ternyata definisi error setiap website berbeda-beda. Website pasti mengalami kondisi munculnya kode status diawali dengan angka 5 dan ada juga yang diawali dengan kode angka 4. Kalian penasaran kan, apa sih sebenarnya istilah 502 Bad Gateway itu?


Salah satu contohnya adalah 404 yang berarti ada typo pada penulisan alamat url, sehingga situs tidak ditemukan, atau bisa juga link yang salah.

Sedangkan kode status yang diawali 5 adalah eror dari sisi server website. Kode status 500 yang sering muncul saat mengakses website eror adalah 502, 503 dan 504. Angka-angka ini memiliki arti khusus, yakni berhubungan dengan server website yang tidak bisa memenuhi permintaan.


kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta502 Bad Gateway

502 Bad Gateway berarti server situs web yang berfungsi sebagai reverse proxy untuk server sumber dari situs web (misalnya, CDN PoP) itu tidak menerima tanggapan yang valid dari server sumber. Ini mungkin karena server sumber mengalami masalah, ada nama DNS yang salah, atau karena firewall di server sumber telah memblokir permintaan server reverse proxy.


503 Service Unavailablekursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

503 Service Unavailable dimaksudkan sebagai peringatan bahwa server sumber website tidak tersedia, dan ini biasanya merupakan kejadian yang sifatnya sementara. Notifikasi ini bisa muncul dipicu sebuah error pada sisi server website, atau bisa jadi situs tersebut sedang dalam perbaikan sehingga server sementara tidak bisa diakses.

Ada juga 503 Service Unavailable yang muncul karena server sebuah website tidak bisa menangani banyaknya trafik yang masuk. Ini biasanya dialami oleh situs dengan kapasitas server yang rendah.


504 Gateway Timeoutkursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

Kode lainnya, 504 Gateway Timeout. Kode ini muncul saat server yang berperan sebagai proxy (penghubung) tidak menerima respons dari server sumber, dalam durasi tertentu. Ini bisa jadi mengindikasikan adanya masalah dengan DNS yang digunakan atau pada perusahaan penyedia hosting itu sendiri. Atau bisa jadi masalahnya ada pada koneksi atau konfigurasi antara server reverse proxy dan server sumber.


Artikel disadur dari viva.co.id

Tetap pantau Course-Net untuk mengetahui informasi lainnya. Selain itu, Course-Net juga membuka kesempatan untuk anda yang ingin mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi informatika. Dengan cara mengikuti kursus android, kursus networking, kursus jaringan komputer, kursus hacker, kursus cyber security, atau mungkin kursus cisco jakarta.Perbedaan Error 502 dan Error 503 saat Browsing

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print