course-net
Search
Close this search box.

Anda Harus Siapkan Perangkat Ini untuk Membuat Jaringan Komputer

Minet

October 4, 2017

Anda Harus Siapkan Perangkat Ini untuk Membuat Jaringan Komputer

Anda Harus Siapkan Perangkat Ini untuk Membuat Jaringan Komputer – Sebuah teknologi komputer diciptakan para ahli untuk memudahkan seorang pengguna dalam beraktivitas. Ketika beberapa perangkat komputer terhubung antara yang satu dengan yang lainnya sehingga memudahkan dalam penyebaran data-data, saat itulah jaringan komputer berhasil dibuat.

Jaringan komputer berguna untuk mendukung kemudahan para pengguna dalam berbagi data dengan pengguna komputer lainnya, karena beberapa komputer yang saling terhubung jaringannya dapat mengakses satu data yang sama tanpa harus menyalin atau mengirimnya terlebih dahulu ke komputer pribadinya. Tak hanya antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya yang dapat dihubungkan, tetapi juga dengan perangkat keras lainnya seperti mesin printer, mesin scanner, atau mesin fax tanpa menggunakan kabel yang terlalu rumit.

Berikut ini ada beberapa perangkat keras yang harus Anda siapkan untuk membuat jaringan komputer.

Kabel Jaringan

Kabel jaringan berguna untuk menghubungkan setiap komputer yang ada. Biasanya jenis kabel yang paling sering digunakan adalah kabel kategori 5 tipe RJ-45

Switch

Ketika Anda ingin menghubungkan lebih dari dua buah komputer Anda sangat membutuhkan perangkat ini, dikenal dengan sebutan switch. Perangkat ini yang akan mengatur jalur koneksi antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Switch akan mengirimkan data kepada perangkat yang membutuhkan, tidak ke semua perangkat yang tersambung seperti yang dikerjakan oleh perangkat Hub.

Router

Anda harus mempersiapkan sebuah router atau sebuah perangkat yang menjadi pusat dari semua komputer yang saling terhubung dalam jaringan. Lubang colokan yang tersedia pada perangkat ini dikenal dengan istilah port. Router berfungsi untuk meluaskan jaringan yang kecil menjadi jaringan yang lebih luas.

Kartu Jaringan

Anda perlu memperhatikan apakah komputer yang akan Anda hubungkan, sudah memiliki perangkat kartu jaringan ini atau belum, karena kartu jaringan / network card ini memiliki peran yang sangat penting sebagai adapter jaringan. Kartu ini dikenal dengan istilah NIC / network interface card.

Ada 2 buah jenis kartu jaringan, yaitu.

  • kartu jaringan Internal, kartu ini berada pada mother board dalam sebuah komputer. Kartu jaringan internal memiliki dua tipe, yang pertama menggunakan koneksi PCI (peripheral component interconnect) dan yang kedua menggunakan ISA (industry standard architecture). Kartu ini membutuhkan kabel jaringan untuk terkoneksi ke jaringan.
  • kartu jaringan Eksternal, dengan menggunakan kartu ini, Anda tidak perlu membongkar PC untuk terkoneksi ke jaringan. Hanya dengan menggunakan USB Port, Anda bisa langsung terkoneksi ke jaringan.

Tetap pantau postingan dari Course-net untuk mendapat informasi lainnya. Dan jika anda ingin memperdalam ilmu mengenai jaringan komputer, kursus jaringan komputer cisco bisa menjadi solusinya!
 

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!