XML Adalah: Pengertian, Contoh, Keunggulan & Cara Membuka XML

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

XML Adalah: Pengertian, Contoh, Keunggulan & Cara Membuka XML – Anda mungkin pernah melihat file dengan ekstensi xml pada perangkat Anda. Kebanyakan dari Anda mungkin tidak tahu makna dan dari ekstensi yang satu ini. Sama-sama berupa singkatan, beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa html dan ekstensi ini memiliki kesamaan, nyatanya keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi Anda yang sedang belajar coding, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, bisa dikatakan istilah ini disebut sebagai bahasa mark up yang bisa membantu Anda dalam memahami struktur dasar dari suatu website. Awal kemunculannya, istilah ini juga berfungsi sebagai format dalam pertukaran data menggunakan API namun kini popularitasnya sudah menurun.

XML Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Itu XMl, Apa Saja Contoh Strukturnya?

Apa Itu XMl, Apa Saja Contoh Strukturnya?

XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language yang merupakan bahasa markup yang memiliki fungsi mengubah proses penyimpanan maupun pengiriman data menjadi bentuk yang sederhana. Tahukah Anda mengapa kedua proses ini perlu disederhanakan? Hal tersebut karena pada proses ini pasti akan memerlukan server yang berbeda.

Nah setiap server ini mempunyai sistem yang berbeda, apabila terjadi proses pertukaran dan sistem yang digunakan tidak cocok maka biasanya akan memerlukan waktu yang lama. Nah agar sistemnya cocok hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah format data namun sayangnya jika format ini diubah biasanya cukup berisiko, bisa sampai menyebabkan data hilang.

Oleh karena itu dengan menggunakan ekstensi atau fitur ini, Anda bisa menyimpan data dengan format yang lebih sederhana sehingga prosesnya juga akan memerlukan waktu yang lebih singkat. Di bawah ini merupakan contoh strukturnya.

  • Deklarasi

Struktur data yang pertama yaitu menunjukkan jenis versi yang sedang digunakan apakah versi 1, 2 dan seterusnya. Contohnya tertulis seperti ini:

<? Xml version=”1.0”?>

  • Atribut

Struktur kedua yaitu atribut yang menunjukkan keterangan dari objek, keterangan-keterangan tersebut bisa berisi nama, judul, jabatan dan lainnya. Contoh keterangan objek yaitu sebagai berikut:

<productlisting title:”Daftar Produk PT.C”>

  • Elemen

Struktur selanjutnya yaitu elemen yang menunjukkan deskripsi dari sebuah objek berbentuk tag. Nah untuk elemen ini sendiri juga memiliki 3 bagian yang terdiri dari pembuka, isi serta penutup. Selanjutnya contoh dari elemen bisa ditulis sebagai berikut.

<nama>Produk Pertama</nama>

Nah pembuka pada struktur elemen ini adalah <nama> lalu isinya Produk Pertama dan penutupnya yaitu </nama>

Bagaimana Cara Membuka File XML Adalah

Bagaimana Cara Membuka File XML Adalah

Nah bagi Anda yang penasaran dengan file dengan ekstensi ini, di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka file tersebut. Cara ini perlu diperhatikan karena jika Anda mencoba membukanya dengan cara biasa maka Anda akan menemukan notifikasi yang menunjukkan bahwa file tersebut tidak bisa dibuka.

  • Memakai notepad

Pertama Anda bisa mengklik file tersebut seperti akan membukanya dengan menggunakan klik kanan. Lalu akan muncul beberapa opsi, selanjutnya Anda bisa memilih opsi open with. Nantinya opsi tersebut juga akan memberikan Anda pilihan akan dibuka menggunakan apa file tersebut.

Nah pada opsi ini Anda bisa memilih notepad untuk membukanya. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini yaitu software yang menampilkan tulisan secara sederhana nah jika dirasa terlalu sederhana, Anda juga bisa membuka file tersebut dengan menggunakan Notepad++. Software yang satu ini akan membuat tampilan tulisan menjadi lebih rapi lagi.

Selanjutnya jika notepad yang berisi tulisan dari file tersebut sudah terbuka, Anda bisa mengklik kanan kemudian pilih edit with Notepad++.

  • Menggunakan browser

Cara selanjutnya Anda juga bisa menggunakan browser, caranya Anda bisa memilih browser apapun itu baik itu Chrome, Firefox atau internet explorer. Cara pertama bisa Anda lakukan seperti tadi yaitu klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi open with. Lalu Anda bisa memilih browser yang diinginkan, jika ternyata browser tersebut tidak muncul maka Anda bisa mengklik choose another app.

Nah jika ternyata masih belum muncul lagi maka Anda bisa mengklik look for another app on this PC. Selanjutnya Anda bisa mencari file dengan format .exe yang menunjukkan browser lalu klik open. Nah nantinya jika Anda mengklik open, file tersebut akan terbuka.

Tampilannya hampir mirip dengan yang ada di notepad tadi hanya saja saat ini software yang Anda gunakan adalah browser.

  • Membuka dengan cara online menggunakan editor

Pilihan cara selanjutnya juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan situs online. Pertama Anda bisa membuka beranda dari xml viewer yaitu codebeautify terlebih dahulu kemudian Anda bisa mengklik browse. Nah pada opsi browse ini Anda akan diminta mencari file yang dimaksud, jadi Anda bisa memilih file yang diinginkan lalu klik open.

Anda bisa menunggu loadingnya sebentar kemudian setelah proses loading selesai Anda bisa melihat isi dari file tersebut.

Apa Keunggulan Dari XML?

  • Bisa memisahkan data dari html

Pada saat dilakukan pengembangan website, Anda pasti akan selalu bertemu dengan html dan juga xml. Ketika Anda menampilkan data dengan format html biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama hanya untuk pengeditan. Nah namun ketika Anda menggunakan format yang satu ini data bisa disimpan secara terpisah.

  • Mempermudah pertukaran data

Seperti yang diketahui data pada format ini bisa ditampilkan pada notepad, browser ataupun editor lainnya. Jika data yang ada disimpan dalam format teks jadi tidak memerlukan software atau hardware lainnya untuk penyimpanan. Jadi proses pertukaran datanya juga sangat mudah.

  • Membantu pengiriman data

Keunggulan dari format ini adalah pertukaran data menjadi lebih mudah seperti yang diketahui kendala yang sering dialami para developer yaitu saat proses pertukaran data. Jadi apabila sistem yang dimiliki tidak kompatibel biasanya mengalami kendala. Nah dengan menggunakan format ini akan membantu dalam pengiriman data sehingga bisa mengurangi kerumitan yang ada.

  • Membuat perubahan platform menjadi lebih sederhana

Ketika Anda akan melakukan pembaruan ke sistem terbaru biasanya baik itu perangkat keras maupun lunak membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut karena terdapat data yang banyak jumlahnya dan sering kali tidak kompatible. Nah karena bentuk data yang disimpan pada format ini adalah bentuk teks sehingga akan mempermudah Anda dalam perubahan platform menjadi sederhana.

  • Meningkatkan ketersediaan data

Selanjutnya data yang disimpan akan dapat diakses dengan menggunakan aplikasi yang berbeda, tidak hanya html saja. Jadi dengan xml ini bisa meningkatkan ketersediaan data yaitu data bisa terbaca oleh semua jenis alat baca (reading machine) apapun.

Itulah beberapa informasi tentang extensible markup language baik itu pengertian, struktur maupun cara membuka file tersebut. Kini Anda sudah tidak asing lagi dengan file yang memiliki ekstensi ini dan sudah tahu cara membukanya.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !