course-net
Search
Close this search box.

Home >

Brand awareness: Definisi, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Wednesday, 20 September 2023 11:29 AM

brand-awareness

Apakah Anda pernah teringat akan suatu merek ataupun perusahaan ketika melihat sebuah simbol, logo ataupun warna? Contohnya ketika Anda melihat sebuah pengendara motor mengenakan jaket dan helm berwarna orange, pasti pikiran Anda akan mengasosiasikan kepada sebuah merek tertentu, kan? Itulah yang disebut dengan brand awareness.

Lalu apa itu brand awareness, apakah penting? Nah pada artikel ini Anda akan mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah pemasaran yang satu ini beserta beberapa manfaatnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Brand Awareness Menurut Ahli Beserta Manfaatnya

Brand awareness adalah istilah penggambaran sebuah kondisi di mana konsumen dapat mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sebuah warna, simbol, logo dan lain sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, brand awareness artinya kesadaran merek, lalu bagaimana brand awareness menurut para ahli

Menurut Freddy Rangkuti dalam bukunya, kesadaran merek atau brand awareness merupakan kesanggupan seorang konsumen dalam mengenali dan mengingat sebuah merek yang merupakan bagian dari sebuah produk tertentu.

Menurut Kotler dan Keller, kesadaran merek adalah kemampuan dalam mengidentifikasi baik itu mengakui maupun mengingat sebuah merek yang cukup rinci untuk melakukan sebuah pembelian. Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek merupakan kemampuan bagi merek untuk dikenali oleh setiap penggunanya.

Kesadaran merek sangatlah penting bagi sebuah merek ataupun sebuah perusahaan. Dalam dunia bisnis, kesadaran merek sering digunakan sebagai indikator keberhasilan bagi sebuah merek.

Hal ini ditunjukkan dengan bagaimana konsumen mampu mengenali dan mengingat merek tersebut. Berikut ini beberapa manfaat dari kesadaran merek bagi sebuah merek dan perusahaan.

Baca Juga : Social Media Marketing untuk Bisnis

– Membangun kepercayaan konsumen

Kehadiran brand awareness mampu membangun kepercayaan publik terhadap sebuah merek. Hal tersebut dapat dilihat dari perusahaan yang sudah lama berdiri jika dibandingkan dengan perusahaan yang baru didirikan.

Mayoritas konsumen cenderung akan menggunakan produk maupun jasa dari merek yang sudah lama ada sejak tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena konsumen percaya bahwa perusahaan tersebut mampu bertahan hingga sekarang karena kualitasnya.

Begitu juga dengan identitas merek yang mudah dikenali dengan yang susah dikenali. Konsumen cenderung akan memilih produk dari merek yang mudah dikenali.

– Meningkatkan citra merek

Kesadaran merek juga mampu meningkatkan citra atau persepsi sebuah merek. Citra merek sendiri berguna untuk menentukan posisi merek dalam sebuah pasar.

Citra merek atau brand image juga sangat berpengaruh dalam peningkatan kepercayaan konsumen. Hal tersebut karena citra merek merupakan sebuah persepsi konsumen terhadap sebuah merek.

– Meningkatkan penjualan

Manfaat selanjutnya kesadaran merek juga mampu meningkatkan penjualan sebuah produk. Brand awareness merupakan sebuah fondasi dari sebuah strategi pemasaran yang harus dijadikan sebuah prioritas. Hal tersebut juga didukung dengan citra merek yang positif serta tingginya kepercayaan konsumen.

Baca Juga : Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Bagaimana Cara Meningkatkannya?

– Penggunaan media sosial

Media sosial merupakan salah satu hal wajib yang harus dimiliki dalam membangun sebuah bisnis, hal tersebut dapat menguntungkan dalam aktivitas pemasaran produk. Kesadaran merek dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial. 

Penggunaan seluruh media sosial yang ada dapat menguntungkan produk Anda dalam menjangkau konsumen dari segala kalangan. Manfaatkan juga seluruh fitur yang ada pada setiap media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

– Strategi marketing yang berkualitas

Dalam pembuatan strategi marketing jangan hanya berfokus pada seberapa banyak orang yang akan melihat tetapi bagaimana Anda memberikan sebuah pengalaman maupun kisah yang menarik bagi calon konsumen. Salah satu strategi yang bisa dipilih adalah memberikan story telling yang menarik dalam setiap konten marketing yang merek Anda buat.

Anda juga harus memberikan pendekatan emosional kepada calon konsumen pada setiap konten marketing. Contohnya, pada sebuah konten marketing sebuah merek olahraga pada setiap kontennya selalu mengandung cerita yang inspiratif sehingga dengan konten yang dibagikan, merek tersebut akan dikenal sebagai sebuah merek yang akan selalu mendukung impian konsumennya. 

Dengan melakukan hal tersebut, Anda tidak sekedar mendapatkan konsumen baru, tetapi juga akan membantu meningkatkan kesadaran merek Anda.

– Memakai teknik SEO

Secara umum SEO berguna untuk membuat merek Anda jadi mudah dijumpai di internet. Hal tersebut sangatlah berguna, karena saat ini terdapat jutaan konten yang dapat ditemukan di internet. Sehingga, dengan menerapkan SEO Anda bisa memaksimalkan posisi pencarian website Anda dalam mesin pencari.

– Bekerja sama dengan influencer

Menggunakan jasa influencer dalam kegiatan marketing dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan sekaligus penjualan bagi bisnis Anda. Seorang influencer tidak hanya akan mempromosikan produk Anda tetapi juga akan melakukan diskusi mengenai kualitas dari produk dan jasa Anda dalam konten mereka. Hal tersebut sangatlah berguna untuk memperluas jangkauan sekaligus meningkatkan brand awareness produk Anda.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena menurut sebuah studi pada tahun 2020 mengenai pemasaran, ditemukan bahwa 61% konsumen yang berusia 18 hingga 34 tahun dalam pengambilan keputusan telah terpengaruh oleh influencer. Nah namun dalam menjalin hubungan kerja sama dengan seorang influencer, Anda tidak dapat asal memilih hanya karena mereka memiliki pengikut yang banyak. 

Ada faktor lain yang harus diperhatikan dalam menjalin kerja sama, di antaranya adalah melihat target pasar dari influencer tersebut, kedua melihat karakter dan kepribadian dari influencer tersebut dan juga melihat apakah konten yang dibuat cocok dengan produk kita atau tidak.

Sebagai contoh, apabila merek dari usaha Anda berfokus terhadap industri otomotif, maka sangat kurang cocok apabila Anda memilih bekerja sama dengan seorang beauty vlogger. Anda dapat memilih seorang influencer yang memang aktif dalam mendiskusikan masalah otomotif dalam konten media sosialnya.

– Mensponsori acara

Menjadi sponsor sebuah acara merupakan salah satu cara yang sudah ada sejak dahulu dalam upaya meningkatkan kesadaran merek. Sampai saat ini cara ini masih dipandang cukup layak dan efektif dalam meningkatkan kesadaran merek. Dengan mensponsori sebuah acara, Anda dapat menampilkan produk Anda di hadapan ratusan ribu bahkan hingga jutaan orang yang hadir dalam acara tersebut.

Mensponsori acara juga dapat memberikan Anda kesempatan untuk menyematkan merek Anda pada acara tersebut. Misalnya, merek Anda memiliki produk otomotif, Anda dapat menjadi sponsor untuk acara pameran otomotif dengan menjadi sponsor, merek Anda akan menjadi dikenal di kalangan pecinta otomotif yang sekaligus mampu membangun kesadaran merek untuk konsumen yang ditargetkan.

Bagi Anda yang baru mulai mengembangkan usaha, bukanlah sebuah keharusan untuk menjadi sponsor dalam acara besar. Anda dapat mengawalinya dengan acara yang lebih kecil seperti konser, bazaar ataupun acara orientasi sebuah kampus yang ada di kota Anda.

Itulah penjelasan mengenai brand awareness, manfaat dan juga cara meningkatkannya. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dalam pemasaran digital, Anda dapat langsung mengikuti pelatihan dari Course-Net. Di sana tersedia berbagai macam kelas pelatihan mulai dari digital marketing, kursus jaringan komputer, dan lain sebagainya, yuk tingkatkan skill-mu.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!