course-net
Search
Close this search box.

Home >

ROI Adalah Return On Investment, Simak Penjelasannya

Thursday, 18 April 2024 2:46 PM

apa itu roi
Dalam dunia investasi dan bisnis ROI adalah sebuah perhitungan yang harus dilakukan untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. Pemahaman akan ROI ini mulai dari pengertian sampai kepada rumus perhitungannya itu penting dalam mengambil keputusan investasi atau bisnis. Berikut kami akan berikan penjelasan mengenai ROI yang akan sangat berguna dalam pengambilan keputusan.

Apa Itu ROI?

ROI adalah singkatan dari Return On Investment yang mengungkapkan rasio keuntungan yang bisa didapatkan dari suatu investasi. ROI ini akan membandingkan keuntungan yang didapatkan dengan jumlah investasi keseluruhan yang sudah dikeluarkan dalam bentuk apa pun. Perhitungan ROI ini adalah cara yang paling tepat untuk mengetahui efektivitas dari suatu bisnis dalam menghasilkan keuntungan. Meskipun ROI identik dengan investor, namun dalam bisnis ROI juga bisa dipakai untuk mengetahui efektivitas dari langkah marketing. Kebanyakan bisnis menunjukkan nilai ROI dari bisnis mereka untuk menarik para investor bisa berinvestasi pada bisnis mereka. Tapi bila kita lihat dalam marketing pun sebuah perusahaan menginvestasikan dana pada langkah marketing, sehingga bisa dihitung menggunakan rumus ROI.

Manfaat Menghitung ROI

Penghitungan ROI ini sendiri memang sangat penting karena bisa memberikan cukup banyak manfaat bagi bisnis itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaatnya. 1. Menjadi salah satu tolok ukur kinerja dari bisnis dalam menghasilkan keuntungan serta menjadi bahan evaluasi dalam bisnis. Mengetahui secara pasti kondisi bisnis dan melakukan evaluasi memang merupakan hal penting untuk mengembangkan bisnis. 2. Membantu pembuatan perencanaan keuangan di masa depan, karena bisa menampilkan proyeksi keuangan sebuah bisnis di masa depan. Jadi nantinya bisnis akan bisa membuat strategi yang lebih baik untuk menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. 3. ROI adalah persentase kinerja bisnis yang tentunya akan membantu dalam proses pengambilan langkah bisnis untuk bisa berkembang dengan cepat. Terutama dalam keputusan alokasi sumber daya dalam bisnis untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari alokasi tersebut. 4. ROI dengan nilai yang baik itu menunjukkan kondisi keuangan bisnis yang sehat dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Jadi ROI pun sangat bermanfaat untuk bisa menarik lebih banyak investor yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis. 5. ROI juga bisa dipakai untuk mengetahui efektivitas dari langkah marketing yang sudah ditentukan dan bisa membantu rencana marketing ke depannya. 6. Bagi investor Return On Investment (ROI) adalah alat acuan dalam memilih langkah investasi yang akan dipilih pada suatu bisnis. Perhitungan ROI akan menunjukkan kemungkinan keuntungan yang bisa kita sebagai investor dapatkan dari investasi yang kita berikan.

Faktor yang Mempengaruhi ROI

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi nilai ROI ini akan menjadi positif atau juga negatif, berikut ini penjelasannya.

1. Investasi yang Dikeluarkan

ROI adalah perbandingan jumlah investasi dengan pendapatan, sehingga sudah pasti besaran investasi awal sangat mempengaruhi. Semakin besar jumlah investasi awal sudah pasti akan membutuhkan jumlah pendapatan yang juga lebih besar.

2. Pendapatan yang Dihasilkan

Pendapatan yang dihasilkan juga sudah pasti akan sangat mempengaruhi nilai ROI, apakah akan positif atau juga negatif. ROI adalah tindakan yang sudah pasti sangat menentukan dalam menghasilkan pendapatan para investor dari bisnis mereka

3. Efektivitas Operasional

Efektivitas operasional dari perusahaan sudah pasti akan sangat menentukan bagaimana nilai ROI tersebut bisa didapatkan. Nilai operasi ROI adalah hasil yang baik jika efektivitas operasional dalam penggunaan sumber daya semakin tinggi.

4. Durasi Investasi

Durasi investasi juga mungkin akan mempengaruhi nilai ROI yang didapatkan, karena investasi jangka panjang dan pendek itu berbeda. Mungkin pengembaliannya bisa mendapatkan nilai positif apabila durasinya cukup panjang, karena pendapatan bisa dihasilkan lebih banyak.

5. Teknologi dan Inovasi

Teknologi dan inovasi yang diaplikasikan pada bisnis sudah pasti akan sangat mempengaruhi kinerja dari bisnis tersebut. Efisiensi operasional sudah pasti akan meningkat dan pada akhirnya pun akan mempengaruhi nilai ROI yang bisa didapatkan. Selain itu, ROI adalah hal penting dan pemahaman mengenai beberapa faktornya pun penting untuk mengetahui indikator dari ROI dengan baik.

ROI Dalam Marketing

ROI marketing adalah perbandingan antara biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu kampanye marketing dengan pendapatan yang dihasilkan. Selain itu, ROI marketing akan menunjukkan efisiensi dari satu langkah marketing dalam menghasilkan keuntungan dan bisa menjadi alat evaluasi. Fungsi utama dari ROI marketing yakni untuk membantu memilih langkah marketing yang bisa menghasilkan keuntungan paling besar. ROI adalah rumus yang bisa menghitung efektivitas penggunaan sumber daya untuk menghasilkan keuntungan pada sebuah bisnis. Jadi bukan hanya mengenai penjualan saja akan tetapi juga pada langkah marketing pun ROI sangat berguna.

Rumus ROI

Rumus ROI adalah (pendapatan investasi – biaya investasi) / biaya investasi x 100% Dalam penghitungan ROI ini perlu adanya periode waktu investasi untuk bisa menilai ROI dari suatu bisnis seperti apa. Bila sudah ditentukan periode waktunya maka nantinya pendapatan investasi pada periode yang ditentukan saja yang dimasukkan dalam perhitungan. Jadi perhitungan ROI ini bisa dipakai untuk mengetahui kemungkinan bisnis bisa berhasil atau sukses dalam waktu dekat atau lama. Dalam ROI sendiri ada yang namanya pendapatan investasi yakni keseluruhan pendapatan yang dihasilkan pada periode tertentu setelah melakukan investasi. Sementara biaya investasi adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk investasi mulai dari nilai modal dan lain sebagainya.

Kelemahan ROI

Meskipun perhitungan ROI adalah hal yang sangat penting dan memiliki banyak kegunaan akan tetapi tetap memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahannya itu. 1. Sulit untuk membandingkan ROI perusahaan yang satu dengan yang lainnya yang mungkin menggunakan praktik akuntansi yang berbeda. Perbedaan tersebut sangat fatal lho, karena akan menyebabkan perbandingan yang salah. 2. Fluktuasi nilai uang juga akan mempengaruhi perhitungan profit yang sudah pasti akan membuat nilai ROI jadi tidak valid juga.

Cara Meningkatkan ROI

Bisnis perlu meningkatkan ROI untuk bisa menarik lebih banyak investor yang masuk, berikut ini beberapa pilihan caranya. 1. Alokasikan sumber daya yang dimiliki bisnis secara lebih efektif untuk bisa menghasilkan pendapatan yang maksimal 2. Manfaatkan teknologi untuk otomatisasi operasional perusahaan yang sudah pasti akan memangkas biaya operasional. 3. Optimalkan strategi pemasaran dan pilih strategi yang memang mampu menghasilkan keuntungan yang besar dengan memanfaatkan perhitungan ROI. Strategi marketing yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang besar dengan biaya yang lebih sedikit. 4. Lakukan inovasi baik dalam hal produk, operasional, maupun strategi pemasaran untuk bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Kesimpulan

Perhitungan ROI adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis atau mengambil langkah investasi. Kalian mungkin perlu mengambil kursus Digital Marketing untuk memanfaatkan teknologi dalam rangka meningkatkan nilai ROI. Kalian bisa kursus di CourseNet dengan materi yang lengkap dan mentor yang berpengalaman.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!