course-net
Search
Close this search box.

CEH (Certified Ethical Hacking) : Pengertian, Tujuan dan Peran Penting CEH Cyber Security

Minet

January 16, 2023

CEH (Certified Ethical Hacking) : Pengertian, Tujuan dan Peran Penting CEH Cyber Security

CEH : Pengertian, Tujuan dan Peran Penting CEH Cyber Security – Banyak kasus pencurian data hingga pembobolan ATM serta kartu kredit yang makin marak terjadi. Hal ini tentu harus mendorong kemampuan cyber security jadi terus bertambah.

CEH ini menjadi sangat populer saat ini karena pembelajarannya yang sangat unik. Nantinya peserta pembelajaran akan diajarkan seperti menjadi seorang hacker. Tetapi hacker disini merupakan hacker yang beretika.

CEH : Pengertian, Tujuan dan Peran Penting CEH Cyber Security

Cybercrime ini merupakan salah satu masalah yang sangat serius. Biasanya pelaku kejahatan ini menginginkan data dari suatu perusahaan untuk kepentingan mereka seperti menjual data pada pihak lain. Pihak penyedia layanan data tentu harus mampu untuk melindungi data dari klien dari hacker atau pelaku cybercrime.

Mau Tau CEH ? Yuk Ikut Kursus Cyber Security

Apa Itu CEH?

Certified Ethical Hacking atau CEH adalah sertifikat yang diterbitkan untuk seseorang yang punya kemampuan untuk jadi seorang hacker. Sertifikat CEH ini diakui secara internasional sehingga kemampuan dari pemilik sertifikat ini tak perlu diragukan lagi.

Peserta pelatihan untuk mendapatkan sertifikat ini harus melalui training sehingga mampu berhasil menjadi seperti seorang hacker yang profesional. Tetapi, tujuan dari pelatihan atau training ini dilakukan bukan sekedar untuk melatih menjadi hacker profesional untuk membobol data orang lain atau membobol ATM dan kejahatan hacker lainnya.

Pelatihan ini dilakukan untuk melatih sebagai profesional hacker yang memiliki tata krama yang baik. Bukan disalah gunakan untuk mencuri data orang lain lalu diperjual belikan.

Tujuan Certified Ethical Hacking

Certified Ethical Hacking atau CEH bertujuan untuk mendapatkan sertifikat yaitu untuk meningkatkan sistem keamanan di suatu perusahaan. Menjaga keamanan data menjadi salah satu yang paling penting sehingga data tetap bisa diakses.

Pihak yang sudah memiliki sertifikasi akan mendapatkan nomor khusus dimana nomor tersebut terdaftar atas nama diri sendiri. Pemegang sertifikat ini akan diberi wewenang untuk pengelolaan jaringan serta keseluruhan dalam sistem komputer dengan menggunakan metode pekerjaan yang mirip seperti hacker.

Tujuan dari pelatihan atau sertifikat ethical hacker ini yaitu untuk meningkatkan melakukan peningkatan sistem keamanan yang dibuat oleh suatu perusahaan. Bagi perusahaan yang memiliki banyak pusat data keamanan ini sangat penting untuk dimiliki. Sehingga setiap data yang ada perlu dilindungi dari adanya resiko pencurian saya peran yang bisa dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu sosok yang pernah mendapatkan sertifikat ini yaitu ada Nicholas Charles Paul Humphrey yang berasal dari Kementerian Pertahanan Inggris. Nicholas Charles ini merupakan pemegang dari CEH atau certified ethical hacker yang sudah dipegang sejak tahun 2016. Kualifikasi tersebut membuat Nicholas membuktikan bahwa pengetahuannya yang terkait dengan bidang pentesting kepada dunia luar dan juga kolega.

Selain di kelas ada Daniel A. Ricci yang juga merupakan Chief Warrant Officer atau Cyber Analyst dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang sangat merasa terbantu setelah mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan sertifikat CEH ini.

Peran CEH Bagi Suatu Perusahaan

Seperti yang sudah diketahui bahwa perusahaan juga bekerja sama dengan ethical hacker dalam membangun sistem keamanannya. Ini merupakan peran dari ethical hacking untuk perusahaan.

  • Membangun Security Awareness

Pertama yang dimiliki oleh ethical hacking untuk suatu perusahaan yaitu membangun security awareness. Kurangnya security awareness ini menjadikan salah satu faktor terjadinya cyber attack. Ethical hacker ini menjadi salah satu pakar IT security yang dapat memahami metode-metode yang biasanya dilakukan oleh para peretas. Seorang yang berprofesi sebagai ethical hacker ini tentu saja mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengatasi kejahatan – kejahatan tersebut.

  • Membantu kesiapan sistem keamanan

Peran selanjutnya dimiliki oleh ethical hacker yaitu membantu dalam kesiapan keamanan dari sistem dari ancaman yang mungkin dilakukan oleh cyber attack. Mereka bisa menguji bagaimana memperbaiki celah dari sistem yang ada sehingga aplikasi ataupun website yang dimiliki oleh suatu perusahaan tidak mudah untuk biar rata.

Keamanan sistem yang kuat ini jadi salah satu hal yang paling penting sehingga pengguna ataupun pelanggan bisa merasa aman terutama terkait data yang mereka miliki.

Menentukan celah ataupun kelemahan dari sistem keamanan perusahaan

Peran selanjutnya dimiliki oleh ethical hacker yaitu bisa menemukan celah ataupun kelemahan dari sistem keamanan. Biasanya ethical hacker ini dapat melakukan pengujian pada komputer website ataupun aplikasi. Apabila ada celah pada area tertentu ataupun pada titik tertentu mereka bisa melaporkan pada pihak yang terkait seperti pada Manajemen perusahaan.

Berdasarkan data hasil pengujian tersebut perusahaan bisa menentukan mana langkah terbaik yang harus dilakukan untuk membangun sistem keamanan yang jauh lebih kuat lagi.

Skill Yang Dibutuhkan Untuk Ethical Hacking

Seorang yang tinggal hacking harus memiliki berbagai skill berikut ini.

  • Programming

Skill pertama yang harus dimiliki oleh ethical hacker yaitu ada skill programming. Kemampuan untuk melakukan program yang dimasukkan di sini yaitu dapat mengetahui bahasa pemrograman serta bisa mengotak-atik pemrograman. Ethical hacker ini biasanya berpengalaman dalam menguasai berbagai bahasa pemrograman yang ada.

  • Pengetahuan terkait dengan jaringan

Dalam kegiatan ethical hacking ini Anda dituntut untuk dapat berpengetahuan luas terkait dengan jaringan yang akan dicek. Anda harus benar-benar paham terkait dengan cara untuk meningkatkan perangkat sehingga bisa terhubung ke perangkat yang lainnya. Selain itu Anda juga harus paham permasalahan yang biasanya terjadi pada suatu jaringan.

  • Hacking Tools

Skill selanjutnya harus dimiliki oleh seorang yang ethical hacker yaitu memiliki pemahaman tentang alat yang digunakan untuk hacker. Setidaknya untuk menjadi seorang ethical hacker ini harus paham bagaimana hacking tools ini bekerja sehingga bisa meminimalkan risiko apabila terjadi peretasan.

  • Paham terkait dengan database

Kemampuan selanjutnya dimiliki oleh ethical hacker haruslah paham terkait dengan database. Salah satu ancaman yang sering dilakukan oleh serangan siber yaitu peretasan database. Database memiliki banyak informasi dan data yang sensitif sehingga harus dijaga dan dikelola. Pemahaman terkait dengan sistem manajemen database ini akan memudahkan seorang ethical hacker untuk menguji serta mengecek.

  • Pengetahuan Terkait Dengan Script

Seorang ethical hacker harus paham terkait dengan script. Bentuk serangan dari cybercrime bisa saja berhubungan dengan penggunaan script yang ada di suatu jaringan.

Itulah beberapa informasi penting terkait dengan CEH atau Certified Ethical Hacking. Manfaat CEH ini sangat luas untuk suatu perusahaan yang berhubungan dengan data.

Mau Punya Sertifikasi CEH ?

Yuk gabung sekarang juga di kursus cyber security bersama Course-Net. Dapatkan promo terbaru dari Course-Net.

DAFTAR KURSUS CEH

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!