course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Ketahui Gaji Cyber Security, Bisa Mencapai Ratusan Juta!

Thursday, 14 September 2023 4:32 PM

Gaji Cyber Security

Di era digital ini, hampir semua perusahaan menggunakan teknologi sehingga membutuhkan orang yang ahli dibidang IT, khususnya untuk keamanan siber. Meskipun teknologi membawa banyak keuntungan, namun serangan pun juga bisa terjadi. Serangan siber seperti pencurian data dan akses ke informasi sensitif bisa sangat terjadi hingga merugikan perusahaan. Karena itulah saat ini cyber security menjadi salah satu pekerjaan yang dicari oleh banyak perusahaan. Gaji cyber security yang ditawarkan oleh perusahaan pun tidak berjumlah sedikit. Di artikel kali ini kita bukan hanya membahas gaji cyber security, namun juga jenis-jenisnya, tugas. dan sebagainya.

Apa itu Cyber Security?

Cyber security adalah profesi yang bertugas untuk melindungi sistem komputer, jaringan, perangkat lunak, dan data dari ancaman atau serangan yang mungkin terjadi dalam lingkungan dunia maya. Selain itu, cyber security juga bertugas untuk melindungi keamanan data dan informasi perusahaan. Perusahaan yang terkena serangan ini bisa mengalami kerugian yang fatal.

Baca juga : 8 Cara Jadi Hacker yang Andal

Jenis-Jenis Cyber Security

Terdapat beberapa jenis cyber security, yaitu :

1. Network Security

Network security bertujuan untuk melindungi jaringan internal komputer dari serangan atau ancaman. Keberadaannya juga dianggap efektif untuk melindungi aset perusahaan dan menjaga jaringan lalu lintas tetap terjaga. Network security menggunakan beberapa sistem keamanan, seperti firewall, antivirus, dan two-factor authentication.

2. Cloud Security

Cloud Security bertujuan untuk melindungi data yang tersimpan di cloud. Jika menerapkan cloud security dengan tepat, maka data yang ada di cloud dapat terlindungi. Namun untuk menghindari ancaman cloud security, dapat memasang firewall dan two-factor authentication.

3. Application Security

Application security bertujuan untuk melindungi perangkat lunak dari ancaman siber dan pencurian data. Sistem keamanan ini melindungi keamanan dan informasi yang disimpan dalam aplikasi tersebut.

Tugas Cyber Security

Jika menjalankan profesi sebagai seorang cyber security, akan menjalankan tugas sebagai berikut :

  1. Mengawasi, menganalisis, dan mengecek perangkat penyimpanan data, jaringan, database.
  2. Mengelola sistem keamanan perusahaan.
  3. Melakukakan pemeriksaan terhadap sistem keamanan secara rutin.
  4. Melakukan pemeriksaan sistem keamanan siber secara rutin.
  5. Memberi edukasi agar tidak terjadi siber crime di sebuah perusahaan.

Baca juga : Benchmark: Pengertian, Tujuan, Manfaat & Cara Melakukannya

Gaji Cyber Security

Gaji seorang cyber security cukup bervariasi. Di Indonesia, gaji rata-rata seorang cyber security sebesar Rp 121.000.000 per tahun. Cyber security juga bisa memperoleh gaji yang lebih besar jika memiliki sertifikasi profesi seperti CISM (Certified Information Security Manager) dan CISSP (Certified Information System Security Professional).

Cyber security terdiri dari beberapa posisi dan gaji yang diperoleh pun berbeda-beda. Berikut posisi dan gaji rata-rata yang diperoleh :

  • Chief Information Security Officer : Rp 690.000.000 per tahun
  • Cyber Security Analyst : Rp 144.000.000
  • Security Engineer : Rp 123.000.000
  • Penetration Tester : Rp 150.000.000
  • Information Security Analyst : Rp 86.400.000
  • Auditor Security : Rp 7.000.000 – Rp 18.000.000 per bulan.

Itulah informasi mengenai profesi cyber security. Memang, gaji seorang cyber security berjumlah tidak sedikit dan bisa terus bertambah jika memiliki banyak pengalaman. Namun untuk bekerja di bidang tersebut, dibutuhkan skill dan pengalaman yang memadai. Tanpa menguasai keahlian di bidang IT, Anda akan kesulitan untuk bekerja menjadi seorang cyber security.

Oleh karena itu, Course-Net memiliki kursus Cyber Security, yang dimana Anda akan dibimbing dan dilatih oleh coach yang berpengalaman. Jika sudah menguasai skill tersebut, Anda dapat menggapai impian anda sebagai seorang cyber security!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!