course-net
Search
Close this search box.

Home >

Tugas Marketing dan Skill yang Harus Dimiliki

Wednesday, 1 November 2023 2:53 PM

Tugas Marketing

Salah satu faktor penting dalam suksesnya sebuah brand atau perusahaan adalah marketing. Adanya marketing dapat membuat sebuah brand menjadi lebih lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan produk. Menyusun strategi dan menjalankan pemasaran merupakan salah satu tugas pemasaran.

Apa itu marketing? Apa saja tugas dan skill yang harus dimiliki oleh marketer? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya.

Pengertian Marketing

Marketing atau pemasaran adalah strategi yang dilakukan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produk atau layanan kepada audiens. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan brand awareness, memenuhi kebutuhan, dan memberi kepuasan kepada pelanggan.

Bidang ini berfokus dalam memahami pasar, mengembangkan produk atau layanan, dan menciptakan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau audiens. Seiring dengan perkembangan zaman, orang mulai beralih ke pemasaran digital atau digital marketing.

Marketing sangat penting dalam bisnis dikarenakan perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan meningkatkan pasar, membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga tercapainya tujuan bisnis.

Ada berbagai jenis marketing, seperti social media marketing, content marketing, influencer marketing, dan lainnya. Strategi tersebut dilakukan agar sebuah perusahaan dapat berkomunikasi dengan audiens dengan lebih efektif dan membangun kepercayaan konsumen.

Apa Saja Tugas Marketing?

Setiap tugas marketing tentunya berbeda sesuai dengan kebutuhan dan regulasi perusahaan. Berikut tugas-tugas utama marketing yang biasa dilakukan :

1. Riset Pasar

Sebelum menyusun strategi marketing, penting untuk melakukan riset pasar dan target audiens. Setelah melakukan riset barulah tren, kebutuhan, serta preferensi pelanggan dapat dianalisis.

Riset dan analisis pasar sangat penting untuk mengoptimalkan penjualan dan menambah pelanggan. Riset juga berlaku untuk menetapkan harga yang tepat untuk produk yang dijual, agar sesuai dan dapat terjangkau oleh pasar.

Baca juga : Ternyata Ini Cara Kerja Digital Marketing Agency!

2. Menyusun Strategi dan Menjalankan Pemasaran

Dalam menyusun strategi, penting untuk mengetahui tujuan dari marketing tersebut, segmentasi pasar, anggaran, serta memilih platform apa yang akan dijadikan sebagai media pemasaran.

Marketing juga perlu memikirkan ide pemasaran yang efektif dan berpotensi untuk menarik audiens. Dengan menyusun strategi yang baik, menjalankan pemasaran akan lebih mudah karena sudah terstruktur dan dapat menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan.

3. Mengelola Brand

Marketing bisa dikatakan dengan ‘wajah’ perusahaan, yang dimana mereka harus menjelaskan mengenai brand perusahaan, produk dan juga kinerja perusahaan.

Selain itu tugas marketing juga berfokus untuk membangun dan memelihara citra brand yang kuat seperti logo, nilai merek, dan lainnya. Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan melakukan strategi content marketing ataupun berinteraksi dengan audiens.

4. Mengelola Media Sosial

Marketing melakukan promosi lewat berbagai platform, salah satunya yaitu media sosial. Tim marketing biasanya ikut mengelola dan mengawasi media sosial yang dimiliki brand atau perusahaan.

Lewat media sosial, marketing dapat mengunggah kampanye lewat konten media sosial, berinteraksi dengan pengikut, serta menganalisis kinerja dari kampanye yang dijalankan.

5. Pengembangan Produk

Dengan adanya hasil kinerja kampanye, marketing dapat mengetahui apa saja evaluasi yang didapat untuk mengoptimalkan produk atau layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Setelah itu, tim marketing dapat memberikan usulan perbaikan dan perencanaan untuk pengembangan produk kepada developer atau tim produk. Brand pun akan semakin berkembang dikarenakan produk tersebut dioptimalkan dan bisa meningkatkan penjualan.

Skill yang Harus Dimiliki

Menjadi seorang marketing tentunya harus memiliki skill atau keterampilan khusus. Skill tersebut digunakan dalam menjalankan strategi-strategi marketing yang telah dirancang sehingga dapat diterapkan dengan baik.

Dengan menggunakan skill secara maksimal, tentunya hasil pekerjaan pastinya akan sesuai dengan harapan dan mencapai target. Berikut contoh beberapa skill yang harus dimiliki :

1. Pemahaman Produk

Saat memasarkan produk, seorang marketer harus bisa benar-benar memahami produk atau layanan tersebut. Hal itu termasuk fitur, nilai, dan manfaat yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Jika Anda tidak memahami produk tersebut, bagaimana Anda dapat menentukan strategi yang efektif? Bagaimana Anda dapat menjelaskannya kepada pelanggan dan bisa membuat mereka tertarik?

Karena itu Anda harus memiliki kemampuan dalam memahami produk secara mendalam.

Baca juga : Contoh Digital Marketing yang Sukses Diterapkan

2. Pemahaman Konsumen

Dengan memiliki skill pemahaman konsumen, marketer dapat memahami perilaku dan kebutuhan konsumen. Dari situ dapat diciptakan strategi apa yang sesuai untuk menjangkau konsumen. Proses ini terbagi menjadi tiga, yaitu customer journeyuser interaction, dan user experience.

Hal itu juga berpengaruh dengan produk. Apakah konsumen puas dengan produk tersebut atau tidak. Dari situ marketer dapat memberi evaluasi kepada tim produk terkait dengan kebutuhan konsumen.

3. Kemampuan Analisis

Setelah melakukan kampanye, marketer perlu memantau dan menganalisis hasil dari kampanye tersebut. Data dapat diambil dari traffic, komentar, dan reaksi audiens.

Hasil analisis dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan berdasarkan bukti data. Dari situ akan menghasilkan perbaikan dari evaluasi sehingga dapat mengembangkan produk menjadi lebih optimal.

4. Berinovasi dan Berpikir Kreatif

Seorang marketing tentunya harus kreatif dan memiliki inovasi. Dalam mempromosikan sesuatu, marketer harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mempromosikannya sehingga dapat menjangkau target audiens dengan tepat.

Tim marketing harus bisa meyakinkan audiens agar mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Di sini, peran marketing sangatlah penting dalam meningkatkan penjualan perusahaan.

Kesimpulan

Marketing merupakan strategi yang sangat penting untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan. Semakin banyak pelanggan maka penjualan perusahaan pun akan semakin meningkat juga.

Tugas marketing memang tidak mudah, namun hal tersebut dapat dipelajari dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan mengikuti kursus. Course-Net memiliki program kursus digital marketing yang dapat membantu Anda untuk menguasai hal seputar pemasaran digital.

Kembangkan skill marketing Anda hanya di Course-Net!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!