course-net
Search
Close this search box.

Home >

Ini Dia 4 Strategi Content Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Wednesday, 1 November 2023 2:30 PM

Strategi Content Marketing

Ada berbagai jenis marketing yang sering digunakan oleh bisnis, salah satunya yaitu content marketing. Strategi content marketing biasa digunakan oleh brand untuk menarik audiens dari konten yang didistribusikan.

Pertama-tama, mari kita kenali dulu apa itu content marketing.

Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi marketing yang berfokus untuk menarik perhatian audiens dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan bagi target audiens. Tujuannya yaitu untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan audiens, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Strategi content marketing dapat dilakukan dengan cara mengunggah konten secara konsisten. Konten dapat berupa video, artikel, foto, dan media lain yang relevan.

Dengan adanya relasi yang kuat dengan pelanggan, dapat tercipta perasaan butuh sehingga mereka dapat melakukan pembelian berulang.

Manfaat Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi bisnis yang berhasil digunakan untuk menjangkau pelanggan. Jika di implementasikan dengan baik, jenis pemasaran tersebut akan sangat efektif. Karena itulah content marketing termasuk strategi yang penting untuk mempromosikan bisnis dengan baik.

Ada beberapa manfaat dari content marketing, yakni :

1. Memberikan Edukasi

Dalam melakukan promosi konten, Anda dapat memberikan edukasi kepada audiens mengenai produk Anda. Anda dapat menjelaskan mengenai cara penggunaan, fitur, dan manfaatnya.

Dengan audiens memahami produknya, mereka akan lebih memahami dan tertarik untuk melakukan pembelian. Terlebih jika produk yang Anda tawarkan dapat memberikan solusi bagi masalah pelanggan. Konten yang informatif juga dapat menambahkan traffic.

Baca juga : Affiliate Marketing Adalah : Tips Menjadi Afiliator Sukses

2. Menaikkan Traffic

Jika konten yang dibuat populer dan brand Anda semakin dikenal orang, maka traffic juga akan semakin naik. Konten yang Anda unggah di media sosial dapat membuat pengikut media sosial Anda bertambah dan engagement pun naik.

Begitu juga dengan situs web, traffic situs web Anda pun akan meningkatan. Dengan traffic yang tinggi maka akan meningkatkan penjualan dan mendatangkan keuntungan.

Anda dapat menaikkan traffic di situs web dengan cara mengunggah konten artikel SEO.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan traffic yang tinggi dari konten Anda yang berkualitas, hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Bisnis Anda pun dapat semakin dikenal dengan baik dan positif.

Jika Anda membuat konten yang relevan dan bermanfaat, audiens akan mengenal dan mengingat brand Anda. Dengan mengunggah konten rutin, audiens akan melihat bahwa bisnis tersebut masih berjalan dengan baik sehingga dapat dipercaya.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dalam bisnis, pelanggan loyal sangatlah penting. Dengan banyaknya pelanggan loyal maka orang pun akan melihat bahwa produk Anda dapat dipercaya. Semakin banyak pelanggan loyal maka semakin banyak pembelian berulang yang akan dilakukan

Dengan konten yang informatif, audiens dapat terus kembali untuk melihat konten Anda. Kepercayaan audiens juga dapat meningkat terhadap produk Anda karena konten yang rutin diunggah.

Dengan kepercayaan tersebut, mereka dapat menjadi pelanggan yang setia.

Strategi Content Marketing yang Efektif

Membuat konten untuk pemasaran tidak semudah yang dikira. Diperlukan strategi matang yang efisien untuk menghasilkan konten yang dapat membawa keuntungan.

Berkut contoh strategi content marketing yang efektif yang dapat Anda terapkan :

1. Kenali Audiens atau Target Pasar

Sebelum mulai menyusun strategi content marketing, sebaiknya Anda kenali audiens atau target pasar. Dengan mengenali audiens Anda jadi mengetahui jenis konten apa yang akan dibuat, topiknya tentang apa, atau platform apa yang akan digunakan untuk mengunggah konten tesrebut.

Anda dapat mempertimbangkan target pasar berdasarkan usia, minat, dan juga masalah yang dimiliki.

Baca : Pemasaran Adalah : Definisi, Jenis, Aspek Penting

2. Membuat Rancangan dan Jenis Konten

Setelah mengetahui target pasar yang ingin Anda tuju, Anda dapat mulai membuat rancangan konten. Ada beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan dalam membuat isi konten. Anda harus menyesuaikannya dengan produk apa yang dijual serta preferensi dari target pasar.

Karena pastinya, audiens akan menilai konten Anda berdasarkan kualitasnya. Anda dapat membuat content plan untuk memastikan konten dapat sesuai dengan jadwal dan lebih teratur,

Anda juga harus menyesuaikan jenis konten dengan target pasar Anda. Setiap target pasar dan audiens mungkin menyukai jenis konten yang berbeda. Namun Anda juga harus memerhatikan apakah konten tersebut efektif dan dapat meningkatkan popularitas atau tidak.

Ada beberapa jenis konten yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni : video, foto, artikel, infografik, dan sebagainya.

3. Menentukan Distribusi Konten

Sangat penting untuk mengetahui dimana platform yang paling pas untuk mendistribusikan konten tersebut. Anda harus menentukan sesuai dengan target pasar atau kemungkinan audiens berada.

Apakah di media sosial? Situs web? Atau email? Semua tergantung dengan audiens. Untuk meningkatkan traffic tentunya Anda harus bisa mendistribusikan konten tersebut di tempat yang tepat dan banyak dilihat oleh audiens.

Seperti contohnya untuk kalangan anak muda, Anda dapat mengunggah konten tersebut di media sosial seperti Instagram atau TikTok. Mengapa? Karena hampir semua anak muda paling banyak menghabiskan waktu di platform tersebut.

4. Membuat Jadwal Konten

Sangat penting untuk mengunggah konten dengan konsisten. Konsistensi tersebut dapat diatur dengan adanya jadwal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda sebaiknya membuat content plan atau rencana konten.

Di content plan tersebut, Anda dapat membuat rincian mengenai isi dan jenis konten, platform apa yang digunakan untuk mendistribusikannya, serta kapan konten tersebut akan diunggah.

Dengan adanya jadwal, Anda dapat merancang dan mengatur anggaran Anda sesuai keperluan. Dengan begitu pembuatan konten tersebut akan berjalan dengan teratur.

Kesimpulan

Strategi content marketing bertujuan untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan audiens. Dengan begitu, brand awareness pun akan meningkat sehingga menambah pelanggan potensial. Membuat strategi tentunya diperlukan kesiapan dan ilmu yang memadai. Oleh karena itu, Anda dapat mempelajarinya di Course-Net dengan mengikuti kursus Digital Marketing.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!