October 26, 2022

Proxy Adalah : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Proxy Adalah : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya – Untuk melakukan aktivitas online itu memang perangkat itu harus terhubung dengan internet, dan proxy menjadi salah satu kebutuhan. pada saat perangkat itu terhubung dan mendapat alamat IP, maka server akan langsung bisa mendapatkan data mengenai perangkat kalian. Jadi mulai dari lokasi, jenis perangkat yang terhubung sampai kepada informasi pengguna yang tersimpan dalam perangkat.

Salah satu cara agar supaya identitas asli itu tidak diketahui oleh orang lain, maka bisa mempergunakan Proxy ini. Tapi kami rasa ada banyak sekali orang yang mungkin belum memahami dengan baik soal apa itu proxy dan bagaimana sebenarnya konsepnya. Berikut kami akan coba jelaskan soal Proxy ini dan juga beberapa jenis proxy yang bisa membantu kalian bisa memahaminya dengan baik.

Mengenal Proxy Adalah ? Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Dari Proxy, Apa Itu Proxy ?

Mengenal Proxy Adalah ? Jenis Dan Fungsinya

Hal pertama yang harus kalian ketahui dalam memahami soal Proxy ini sendiri adalah soal pengertiannya atau definisinya terlebih dahulu. Proxy adalah sebuah sistem yang membuat kita itu bisa mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP yang berbeda dengan yang perangkat. Sistem atau program ini bisa berjalan karena adanya proxy server yang menjadi tempat yang menyediakan layanan Proxy ini.

Jadi kalian itu tetap bisa mempergunakan jaringan internet yang sekarang dan menghubungkan ke proxy ini dulu baru ke perangkat kalian. Hal ini akan membuat data seperti informasi lokasi, jenis perangkat dan lain sebagainya itu tidak akan diketahui oleh server atau orang. Sekarang pun sudah ada banyak sekali penyedia layanan Proxy yang gratis yang bisa kalian pergunakan untuk jaringan internet kalian.

Baca Juga : Tips Memilih Server Terbaik : Pengertian Dan Jenisnya

Alasan Menggunakan Proxy

Alasan Menggunakan Proxy

Banyak sekali orang yang sekarang mengakses jaringan internet itu mempergunakan Proxy, terbukti layanan proxy gratis pun semakin banyak. Tentunya ada beberapa alasan yang terbilang cukup kuat yang bisa membuat orang pun tertarik untuk mempergunakan Proxy tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa alasan orang memilih mempergunakan proxy pada saat mengakses internet.

  1. Alasan yang pertama adalah soal identitas yang tidak ingin diketahui pada saat menjelajahi internet yang luas itu. Mulai dari lokasi dari juga alamat IP bisa disembunyikan dengan baik mempergunakan Proxy ini.
  2. Alasan yang kedua adalah untuk menghilangkan batasan akses website yang ditentukan oleh sekolah. Biasanya siswa itu akan menyiasati pembatasan website yang diblokir dengan mempergunakan Proxy.
  3. Alasan yang ketiga adalah penyedia koneksi internet baik itu misalnya kantor atau rumah memblokir sosial media. Tentunya orang akan mempergunakan Proxy ini supaya bisa mengakses sosial media dengan koneksi internet tersebut.

Jenis-Jenis Proxy

Ternyata Proxy sendiri itu memiliki jenis yang cukup banyak dan setiap jenis itu memiliki cara kerja yang bisa dibilang berbeda. Jenis proxy sendiri terdiri dari 4 jenis, dan berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa jenis tersebut kepada kalian.

  1. Anonymous Proxy

Untuk jenis ini akan mengidentifikasi dirinya sebagai sebuah proxy, akan tetapi tidak mengirimkan atau meneruskan alamat IP asli yang digunakan.

  1. Transparent Proxy

Untuk proxy dengan jenis ini akan memberikan informasi ke website kalau memakai proxy dan tetap meneruskan informasi IP kalian.

  1. Distorting Proxy

Kalau Proxy dengan jenis ini akan memberikan alamat IP yang berbeda dari yang kalian gunakan, namun tetap menyebutkan dirinya sebagai Proxy.

  1. High Anonymity Proxy

Jenis yang terakhir ini akan menyembunyikan identitas dari proxy dan juga akan menyembunyikan alamat IP. Jadi website itu akan melihat alamat IP acak yang bukan merupakan alamat IP yang sedang kalian pergunakan.

Fungsi Proxy Adalah

Sebenarnya ada beberapa fungsi dari Proxy termasuk juga VPN Proxy yang memang cukup banyak digunakan orang. Mungkin tidak banyak orang yang tahu apa saja sebenarnya fungsi dari Proxy itu sendiri, jadi tidak bisa memaksimalkan penggunaan Proxy tersebut. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa fungsi dari Proxy untuk kalian bisa lebih memahami mengenai Proxy tersebut.

  • Meningkatkan Keamanan Pengguna

Salah satu cara kerja dari Proxy itu adalah untuk menghalangi web mencatat IP asli yang kalian gunakan dan akan terdeteksi IP dari server penyedia Proxy. Jadi kalian itu seperti akan menggunakan jaringan komputer dengan menggunakan anonim saja dan membuat IP tidak bisa diketahui banyak orang. Jadi jelas ini akan meningkatkan keamanan pengguna, karena beberapa data itu jadi tidak diketahui.

  • Memantau Trafik

Proxy pun bisa dipakai untuk memantau trafik lho, orang jadi bisa memonitor pengguna itu mengakses apa saja di internet mereka. Hal ini sangat bagus untuk lembaga pendidikan atau juga perusahaan, supaya bisa menghindari penyalahgunaan internet. Jadi Proxy memang bisa menghindari batasan blokir, tapi juga bisa dipakai untuk membatasi secara halus.

  • Mengakses Jaringan Atau Web yang Diblokir

Beberapa web atau situs memang diblokir di daerah tertentu karena mungkin melanggar regulasi atau aturan. Tapi Proxy ini akan bisa dipakai untuk mengakses jaringan atau juga situs yang mungkin diblokir akibat aturan dan juga kebijakan tersebut. Biasanya orang lebih mengenal dengan istilah VPN yang sebenarnya merupakan salah satu jenis dari Proxy.

Risiko Menggunakan Proxy Adalah

Orang mungkin melihat kalau proxy ini memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi sebenarnya tetap ada risiko yang terbawa. Kalian itu mungkin harus mencari tahu dulu resikonya itu seperti apa, supaya kalian tahu apa yang nantinya akan kalian hadapi. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa risiko yang mungkin akan kalian hadapi ketika mempergunakan Proxy.

  1. Proxy Mencatat Aktivitas yang Melewatinya

Salah satu resikonya adalah soal aktivitas yang tercatat melalui proxy meskipun memang tingkat keamanan itu lebih tinggi. Jadi meskipun IP kita disembunyikan, tapi setiap aktivitas yang melalui Proxy itu sudah pasti akan tercatat di server. Ini mungkin menjadi salah satu risiko yang harus kalian ketahui sebelum kalian mempergunakan proxy saat Anda menjelajahi internet.

  1. Tidak Melakukan Enkripsi

Ada beberapa server dari Proxy yang tidak melakukan enkripsi, bisa dibilang seperti misalnya jenis Transparent Proxy. Tentunya ini tidak sesuai dengan tujuan dari penggunaan proxy yakni untuk menyembunyikan atau mengganti IP. Bila kalian memakai server dengan jenis tersebut, maka sudah pasti IP yang kalian gunakan itu bisa terlihat dengan jelas.

Kesimpulan

Jadi bisa disimpulkan bahwa Proxy ini memang menjadi salah satu hal yang memang sangat berguna untuk melindungi IP yang digunakan. Tapi memang pemilihan server atau penyedia Proxy ini sendiri harus benar-benar dipikirkan supaya bisa mendapatkan proxy yang berkualitas. Kalian harus pilih jenis yang memang sesuai dengan kebutuhan kalian, supaya kalian bisa mendapatkan tujuan penggunaan Proxy ini.

Meskipun ada banyak penyedia yang menyediakan layanan proxy secara gratis, kalian tetap harus memikirkan beberapa pertimbangan. Supaya kalian bisa memilih yang tepat sesuai keinginan.

Mau Belajar Proxy & Jaringan ?

Kamu mau mahir dalam jaringan dan proxy, Yuk ikuti beberapa pelatihan dari Course-Net. Dengan mengikuti kursus jaringan ini, Kamu bisa mahir dengan struktur dari sebuah jaringan. Kamu bisa isi form dibawah ini untuk mengikutinya.

Silahkan kunjungi website kami www.Course-Net.com , Untuk mendaftarkan diri anda dalam belajar jaringan.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO EARLY BIRD
DISKON IDR 1.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 5 Juni 2023

Share Artikel Ini

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter Course-Net

Dapatkan tips update dan informasi terkini serta promo menarik melalui newsletter kami.