course-net
Search
Close this search box.

Proxy Site, Mengenal Cara Kerjanya

Minet

September 11, 2023

proxy site

Di era digital saat ini, penggunaan internet semakin masif dan merata di seluruh Indonesia. Banyaknya pengguna internet juga membuat keamanan dalam berinternet harus makin ditingkatkan. Proxy site merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan keamanan saat berselancar di internet.

Saat menggunakan internet, pengguna yang terhubung ke jaringan bisa mengalami kebocoran data. Hal ini dikarenakan website tujuan bisa membaca alamat IP pengguna dan membaca informasi pribadi yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Inilah yang berbahaya jika data pribadi bisa diakses oleh orang lain.

Di sinilah proxy site bertugas untuk melindungi data pribadi pengguna website. Lalu, bagaimana caranya? Apa saja jenis proxy dan apa saja keuntungannya untuk pengguna? Yuk, simak artikelnya untuk mendapatkan info lengkap seputar proxy!

Apa Itu Proxy?

Secara teknis, proxy merupakan sistem yang menjadi penengah antara internet dan penggunanya. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, proxy menjadi pelindung agar data dan informasi pribadi pengguna tidak bisa diakses oleh website atau pihak ketiga.

Dalam hal ini, site proxy akan menyembunyikan identitas asli pengguna internet. Alhasil, data yang dikirim ke website tujuan adalah alamat IP proxy server dan bukan alamat IP asli pengguna. Para pengguna internet pun akan lebih menikmati pengalaman mengakses internet yang nyaman dan aman.

Agar bisa berfungsi dengan baik, proxy membutuhkan server. Server ini menjadi layanan jaringan yang akan menyediakan layanan untuk proxy. Melalui alat ini, alamat, identitas, dan IP pengguna internet bisa disembunyikan. Biasanya, proxy site digunakan untuk mengakses website yang sudah diblokir di suatu wilayah tertentu.

Proxy juga banyak digunakan oleh perusahaan untuk membuat jaringan bisnis tertutup agar lebih aman dan nyaman digunakan.

Baca Juga : Web Proxy Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi & Manfaat Proxy

Mengenal Cara Kerja Proxy untuk Melindungi Data Pribadi Anda

Web proxy biasanya digunakan untuk membuat jaringan Anda lebih aman. Nah, biasanya, letaknya ada di antara local computer dan jaringan internet. Jika tidak ada proxy proxy, maka informasi yang ada di komputer akan langsung diteruskan ke router, baru kemudian diteruskan ke server website yang akan dikunjungi.

Jika Anda pernah menggunakan VPN, cara kerja proxy ini memang bisa dibilang mirip. Perbedaannya adalah proxy web bekerja melindungi data per aplikasi, sedangkan VPN bekerja dengan mengamankan seluruh jaringan. Lalu, mana yang lebih aman? 

Jika dibandingkan, VPN lebih aman karena mengamankan keseluruhan jaringan. Tapi, bukan berarti proxy bukan pilihan yang aman untuk menjelajah internet.

Baca Juga : Cloudflare : Pengertian, Fungsi Dan Fitur Kecepatan Serta Keamanan Website

Memahami Jenis-jenis Proxy 

Setelah memahami apa itu proxy site dan bagaimana cara kerjanya, kini saatnya kita mengenal apa saja jenis proxy yang bisa digunakan untuk berselancar di internet dengan lebih aman:

1. Anonymous Proxy

Proxy jenis ini merupakan proxy yang mampu menyembunyikan alamat IP dari perangkat pengguna di web. Selain itu, anonymous proxy juga bisa mengaktifkan enkripsi pengguna. Jadi, data pribadi akan terjaga dengan aman.

2. High Anonymity Proxy

Jenis proxy yang satu ini mengacak IP address yang terhubung ke internet. Pengacakan ini dilakukan secara berkala sehingga IP asli lebih sulit dilacak. Server website yang dituju pun tidak bisa mendeteksi koneksi proxy tersebut.

3. Distorting Proxy

Fungsi distorting proxy hampir sama dengan anonymous proxy. Namun, cara kerjanya berbeda, karena distorting proxy meneruskan koneksi Anda ke internet menggunakan alamat IP palsu. Hasilnya, identitas pribadi Anda tidak akan bisa diakses oleh pihak ketiga.

4. Transparent Proxy

Proxy yang satu ini merupakan sistem penengah yang menjembatani pengguna serta website tujuan. Saat pengguna internet mengakses website tertentu dan membuat permintaan, proxy ini akan menengahi permintaan yang dibuat dan menengahinya. Caranya adalah menyimpan cache, autentikasi, serta redirect.

Dari sekian jenis proxy, Anda mungkin masih penasaran tentang apa saja kegunaannya di kehidupan sehari-hari. Nah, agar tidak penasaran lagi, yuk cek kelebihannya! Selain itu, Anda juga bisa mengakses lebih banyak ilmu seputar IT di Course-Net!

Baca Juga : Data Analyst Adalah : Pengertian, Tugas, Skill dan Gajinya

Manfaat Proxy Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kata siapa proxy hanya bisa digunakan untuk penggunaan internet sekelas perusahaan? Proxy bisa juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah. Jika Anda memasang layanan internet di rumah, tentunya proxy bisa digunakan dengan mudah.

Ini dia beberapa manfaat menggunakan proxy site yang bisa digunakan di kehidupan sehari-hari:

1. Meringankan Bandwith

Proxy server yang bisa digunakan untuk menyimpan web cache sangat berguna untuk Anda. Fungsinya adalah untuk menyimpan salinan dari website yang dikunjungi. Jadi, bandwidth pun lebih ringan.

2. Mengontrol Internet Anak

Punya anak yang sering mengakses internet? Proxy bisa digunakan untuk mengontrol akses internet anak. Jadi, orang tua bisa membatasi website mana saja yang bisa diakses oleh anak-anak. Dengan demikian, konten yang diakses pun jauh lebih aman.

3. Perlindungan Tambahan

Anda bisa menggunakan proxy gratis untuk menambah perlindungan untuk akses internet Anda. Jika mengunjungi web yang berisiko, Anda bisa menggunakan proxy agar data pribadi Anda tidak mudah diakses oleh pihak ketiga.

4. Akses Situs yang Diblokir

Ada beberapa website yang diblokir aksesnya di beberapa wilayah di dunia. Indonesia pun memiliki daftar website yang diblokir dan tidak bisa diakses. Dengan menggunakan proxy, Anda bisa mengakses situs-situs tersebut dengan mudah!

Ternyata, ada banyak sekali manfaat dari proxy site yang bisa Anda dapatkan, terutama untuk kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan lebih banyak manfaatnya jika mengakses website yang dibutuhkan. Tenang, layanan free proxy siap membantu Anda!

Baca Juga :

Proxy, Bagian Penting di Internet

Proxy menjadi salah satu bagian yang penting dalam ilmu TI. Bagaimana pun, sistem ini memberikan Anda kenyamanan dan keamanan saat berselancar di internet. Selain mampu memberi keamanan, proxy juga memberi kemudahan untuk mengakses website yang diblokir di wilayah tertentu.

Manfaat yang dimiliki oleh proxy bisa memberi kemudahan, apalagi untuk bisnis. Proxy mampu memberi perlindungan lebih untuk bisnis Anda. Terutama jika Anda membuat sistem bisnis tertutup, maka proxy akan sangat membantu untuk menciptakan sistem yang aman dan bisa diakses dengan nyaman.

Di level rumah tangga, proxy bisa membantu Anda menyaring konten apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak. Jadi, ada begitu banyak fungsi dan manfaat yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan proxy!

Cara memasang proxy sangat mudah, karena bisa langsung dipasang lewat browser yang digunakan untuk berselancar di internet. Pastinya, semua bisa mencobanya!

Jika ingin mempelajari lebih banyak tentang TI dan mendapat lebih banyak wawasan berharga, Anda bisa bergabung dengan kursus di Course-Net. Di sini, ada banyak kursus seputar TI yang pastinya berguna untuk Anda.

Tidak hanya memahami proxy site, Anda juga bisa menjelajah lebih banyak ilmu baru seputar teknologi. Selain itu, ilmunya bisa digunakan untuk memulai karier baru! Yuk, langsung cari tahu kursus lengkap di Course-Net!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!