course-net
Search
Close this search box.

10 Trik Mengatasi Koneksi Wifi yang Lemot

Minet

November 21, 2023

10 Trik Mengatasi Koneksi Wifi yang Lemot – Koneksi internet yang cepat pasti sudah jadi kebutuhan sehari-hari. Rasanya kalau harus berselancar di internet dengan koneksi lemot pasti ada sesuatu yang kurang. Apalagi kamu yang harus bekerja dengan koneksi jaringan internet yang stabil.

Gen Z Indonesia Punya Optimis Tinggi untuk Berkarir di Bidang Teknologi

Kamu bisa menggunakan 6 trik ini untuk mengatasi koneksi WiFi yang lambat di rumah atau kantor. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek router yang ada. Setelah itu langsung saja ikuti 10 tips trik mengatasi koneksi WiFi yang lemot berikut ini!

1. Restart router WiFi

Trik mengatasi koneksi Wifi yang lemot tanpa harus membeli yang baru adalah dengan cara me-restart atau reboot router. Cara ini biasanya ampuh untuk mengatasi koneksi WiFi yang lemot.

2. Jangan letakkan router di lantai

Ternyata meletakkan router di lantai adalah langkah yang salah. Router memang didesain untuk mengirimkan sinyal ke bawah jadi posisikan router-mu di tempat yang lebih tinggi. Misalnya menaruhnya di atas lemari atau rak.

3. Taruh di ruangan terbuka

Menaruh router di posisi terbaik juga akan membuat jaringan koneksi internet jadi lebih baik dan stabil. Daripada menaruh router di tempat tertutup, coba deh taruh router di ruangan terbuka yang tidak berbatasan dengan dinding atau pintu. Cara paling gampang adalah posisikan router di tempat yang bisa kamu lihat dari berbagai sudut.

4. Atur software pada router

Mungkin hal ini kamu lupakan, mengatur software router juga bisa membuat WiFi di rumahmu lebih stabil. Akses menuju software ini bisa dibuka dengan IP khusus yang bisa dilihat pada bagian bawah router.

Setelah memasuki mode pengaturan, coba untuk mengubah channel frekuensi pada router. Pilih lah channel 1, 6, dan 11 untuk koneksi WiFi yang lebih kencang. Oh ya jangan lupa juga untuk memeriksa update terbaru dari firmware-nya ya.

5. Jauhkan router dari perangkat elektronik lainnya

Seperti yang sudah diketahui setiap benda elektronik memiliki sinyal elektromagnetik. Misalnya saja sinyal elektromagnetik dari microwave, handphone, dan TV. Sinyal-sinyal ini sebenarnya bisa menghambat sinyal WiFi yang ada di dalam ruangan. Jadi untuk mendapatkan sinyal yang kuat lebih baik kamu menaruh router jauh dari alat-alat elektronik lainnya.

6. Periksa kembali posisi router

Kalau kamu awalnya tidak terlalu peduli dengan posisi router, sekarang coba deh untuk melihat kembali posisi router yang ada di rumah atau kantor. Cara paling baik untuk mendapatkan jaringan WiFi yang baik adalah dengan menaruhnya di tengah ruangan. Dengan begini router bisa bekerja mengirimkan sinyal ke seluruh arah.

Jika selama ini kamu menaruh router di dekat jendela, hal ini sebaiknya tidak dilakukan lagi. Masalahnya router dengan posisi seperti ini malah akan mengirimkan sinyal ke luar ruangan.
WiFi kamu malah akan terbuang sia-sia karena koneksinya tidak akan sampai di seluruh ruangan.

7. Ganti router dengan yang baru

Kalau kamu masih bermasalah dengan koneksi jaringan WiFi di rumah atau kantor lebih baik kamu mengganti router dengan yang baru. Router yang dijual di pasaran sebenarnya punya fungsi dan spesifikasi tertentu. Mungkin kamu salah ketika membeli router yang lama, jadi kalau mau beli router lebih baik bertanya kepada penjualnya mengenai spesifikasinya ya.

8. Upgrade antena

Kalau masih belum ada budget untuk mengganti router coba deh untuk upgrade antenanya dulu. Cari antena yang lebih besar dan kuat karena antena ini fungsinya untuk menangkap sinyal.

9. Arahkan antena ke arah yang berbeda-beda

Kalau selama ini kamu mengarahkan antena ke arah yang sama, coba deh untuk mengubahnya. Untuk memaksimalkan sinyal dipancarkan, ubahlah antena ke arah yang berbeda-beda. Cara ini bisa membuat WiFi router meng-cover berbagai sudut.

10. Gunakan WiFi Repeater

Kamu juga bisa memanfaatkan WiFi repeater untuk mengakali sinyal yang lemah atau tidak stabil. Repeater ini berfungsi untuk menerima sinyal kemudian memancarkan kembali sinyal yang diterima dengan lebih kuat. Alat ini cocok buat kamu yang berada di tempat yang susah menerima sinyal WiFi.

Itulah 10 Trik Mengatasi Koneksi Wifi yang Lemot. Tetap pantau postingan dari Course-Net untuk mengetahui informasi seputar teknologi terkini. Dan untuk kamu yang ingin mendalami dunia teknologi, mari bergabung bersama Course-Net dengan mengikuti kelas-kelas yang telah ada sesuai dengan kebutuhanmu. Mengikuti kelas belajar bahasa program hacker misalnya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print