course-net
Search
Close this search box.

Home >

Head Hunter: Pengertian, Skill dan Tanggung Jawabnya

Wednesday, 27 December 2023 3:38 PM

head hunter adalah

Profesi head hunter merupakan profesi yang ada di bidang HR. Ada banyak perusahaan yang menggunakan jasa layanan ini untuk bisa menemukan karyawan yang dapat memenuhi persyaratan pekerjaan di bidang tertentu. Mungkin belum banyak yang tahu sebenarnya profesi ini seperti apa, agar lebih memahami profesi ini sebaiknya baca penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Headhunter?

Head hunter adalah individu atau perusahaan yang menawarkan layanan perekrutan tenaga kerja. Profesi ini juga disebut sebagai perekrut eksklusif yang sering melakukan pencarian tenaga kerja yang bisa memenuhi persyaratan yang diminta perusahaan yang menjadi klien layanan perekrutan ini. 

Mulai banyak perusahaan yang menggunakan layanan ini karena sekarang mencari karyawan yang kompeten cukup sulit. Layanan perekrutan ini memang bisa mencari karyawan dengan sangat cepat sesuai dengan permintaan perusahaan. 

Untuk perusahaan yang mendapatkan rekomendasi karyawan dari layanan ini tidak mungkin akan merasa kecewa. Sebab karyawan yang dipilih merupakan karyawan yang memiliki bakat dan juga potensi yang bagus untuk menempati posisi tertentu yang sedang kosong di sebuah perusahaan.

Skill yang Dimiliki Headhunter

Dalam menjalankan tugasnya mencari karyawan ternyata profesi ini tidak hanya mengandalkan keberuntungan saja, tetapi juga mengandalkan kemampuan yang sangat bagus. Berikut ini adalah daftar skill head hunter yang selalu membantu profesi ini untuk mendapatkan calon kandidat atau calon karyawan terbaik.

Kemampuan Analisis

Untuk bisa mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan permintaan klien maka sangat dibutuhkan kemampuan analisis. Kemampuan ini sudah pasti dimiliki layanan perekrutan ini dikarenakan untuk mengetahui bagus dan tidaknya potensi calon kandidat. Calon kandidat harus melakukan wawancara kandidat dan menganalisis kandidat tersebut terlebih dahulu.

Saat melakukan analisa ini bukan hanya melihat kemampuan kandidat saja tetapi juga akan menganalisa kepribadian. Juga dinamika emosional kandidat tersebut. Dengan melakukan proses analisis tersebut nantinya calon kandidat yang dipilih bukan hanya mampu bekerja dengan baik tetapi juga bisa berinteraksi dan bekerja sama dengan tim.

Kemampuan Menggunakan Teknologi 

Head hunter bukan hanya bisa menganalisis dengan baik tetapi juga bisa menggunakan teknologi dengan sangat baik. Profesi ini memang harus bisa memakai teknologi khususnya bisa menggunakan aplikasi dan juga software yang dapat membantu proses rekrutmen calon kandidat. Pemakaian software ini akan membantu proses mendapatkan informasi penting seputar calon kandidat dengan cepat.

Aplikasi atau platform yang umumnya digunakan profesi ini sangat beragam seperti email yang dipakai untuk mengirimkan dan membalas email calon kandidat. Selain itu, juga menggunakan aplikasi media sosial untuk membagikan informasi pencarian karyawan. Dengan menggunakan teknologi canggih seperti ini membuat profesi ini tidak perlu turun langsung ke lapangan.

Kemampuan Bisnis

Profesi ini juga memiliki kemampuan dalam bidang bisnis karena hampir semua klien merupakan pengusaha atau pelaku bisnis. Kalau tidak mengetahui bidang bisnis dengan baik nantinya akan sulit untuk bisa memenuhi apa yang diminta oleh klien. Ilmu pengetahuan dalam bidang bisnis ini bisa dimanfaatkan saat menganalisa kemampuan calon kandidat.

Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan tersebut nantinya akan lebih mudah untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki calon kandidat benar-benar cocok dengan posisi yang kosong di perusahaan atau tidak. Kemampuan ini juga bisa membuat profesi ini lebih dipercaya klien untuk menjalankan misi mencari calon kandidat.

Kemampuan Sales

Head hunter juga memiliki kemampuan sales atau kemampuan menjual. Kemampuan ini juga sangat membantu profesi ini karena tanpa adanya kemampuan menjual maka akan sangat sulit. Untuk meyakinkan perusahaan klien untuk menerima calon kandidat yang ditawarkan.

Tanpa adanya kemampuan ini nantinya klien akan merasa ragu untuk menerima calon kandidat meskipun calon kandidat tersebut kemampuannya bagus. Kemampuan ini juga membantu profesi ini untuk meyakinkan calon kandidat agar mau menempati posisi yang ditawarkan perusahaan. 

Kemampuan Networking 

Meskipun sudah memiliki kemampuan menggunakan teknologi ternyata kemampuan ini tidak sepenuhnya membantu head hunter untuk cepat memperoleh calon kandidat. Profesi ini tetap membutuhkan kemampuan lain yaitu kemampuan networking karena kemampuan inilah yang memberikan dampak cukup besar dalam proses pencarian kandidat.

Sebagian besar orang yang menjalani profesi ini pasti akan memanfaatkan networking yang sudah dibangunnya dari dulu. Untuk mendapatkan kandidat yang diinginkan. Untuk memperoleh kandidat cukup bertanya kepada kenalannya apakah ada kandidat yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang diajukan oleh pihak klien.

Cara Kerja Headhunter 

Cara kerja head hunter tidak hanya sebatas mencari kandidat saja tetapi ada beberapa proses yang perlu dilakukan sebelum akhirnya mendapatkan kandidat yang diinginkan. Untuk tahu cara kerja profesi ini seperti apa bisa lihat ulasannya berikut ini.

  • Langkah yang pertama adalah menganalisis pasar tenaga kerja. Membuat daftar jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan saat ini dan mempelajari trend yang sedang populer.
  • Selanjutnya akan melakukan identifikasi orang-orang yang mempunyai kualifikasi tinggi untuk menempati sebuah posisi dengan memanfaatkan berbagai macam sumber informasi.
  • Head hunter selanjutnya akan melakukan kurasi terhadap calon kandidat yang memiliki kemampuan dan pengalaman bekerja. Nantinya informasi tersebut akan dimasukkan ke database yang berisikan profil kandidat potensial.
  • Jika kandidat yang dibutuhkan klien tidak ada di database maka profesi ini akan mencari calon kandidat di luar dan kemudian menyarankan ke klien.
  • Profesi ini selanjutnya mendekati calon kandidat secara personal untuk memberikan tawaran pekerjaan di perusahaan klien.
  • Selanjutnya klien dan calon kandidat akan dipertemukan untuk wawancara dan menyepakati kontrak kerja.
  • Setelah calon kandidat sudah resmi menjadi karyawan di perusahaan klien nantinya profesi ini akan mendapatkan recruitment free yang dihitung sesuai dengan presentasi gaji karyawan yaitu sekitar 20% sampai 30% gaji karyawan dalam setahun.

Jika dilihat dari penjelasan di atas tadi memang cara kerjanya terlihat cukup sederhana tetapi tidak banyak orang yang mampu melakukan hal tersebut. Sebab yang mampu menjalani profesi ini adalah orang-orang terpilih yang memiliki kemampuan hebat sejak.

Perbedaan Headhunter Dan Outsourcing

Meskipun sudah banyak yang tahu profesi ini tetapi belum banyak yang tahu perbedaan head hunter dan outsourcing sehingga banyak yang menganggap kedua profesi sama. Sebenarnya ada beberapa perbedaan yang mencolok dan sangat mudah untuk dikenali dan salah satunya adalah tenaga kerja yang disediakan.

Perusahaan outsourcing tidak mencari calon kandidat dengan kualifikasi tinggi hanya mencari calon kandidat untuk pekerjaan dasar saja yang tidak ada kaitannya dengan posisi jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan. 

Kalau head hunter lebih mengutamakan tenaga kerja profesional pada tingkat eksekutif senior yang mempunyai keterampilan khusus untuk nantinya menduduki jabatan tertentu di sebuah perusahaan. 

Jadi bisa disimpulkan kalau tenaga kerja yang disediakan layanan ini merupakan kandidat kualitas terbaik. Untuk yang ingin menjalani profesi seperti ini sebaiknya kursus Data Science atau Database Engineering Course-Net agar mahir mengelola database calon kandidat.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!