course-net
Search
Close this search box.

Home >

Access Point Adalah :Definisi, Fungsi, Tipe, dan Cara Kerjanya

Monday, 4 December 2023 11:14 AM

Tipe-Tipe Access Point dan Manfaatnya

Access Point Adalah :Definisi, Fungsi, Tipe, dan Cara Kerjanya  – Pernahkah Anda mendengar istilah access point? Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan penggunaan komputer dan jaringan, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini bukan? Secara garis besar, akses point adalah teknologi yang berkaitan erat dengan dunia internet, terutama WiFi.

Saat ini, banyak instansi dan perusahaan besar yang mempunyai ruang publik luas, seperti universitas, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dll. Mereka membutuhkan jaringan internet yang mampu menjangkau semua area. Maka dari itu, banyak perusahaan yang sekarang memanfaatkan akses point untuk memecahkan masalah tersebut. Lalu, apa itu access point?

Access Point Adalah ? Simak Penjelasannya

Apa Itu Access Point?

Access Point Adalah ? Simak Penjelasannya

Access point adalah sebuah hardware atau perangkat keras dari jaringan komputer yang berguna untuk menghubungkan piranti nirkabel (wireless) dengan jaringan lokal yang menggunakan teknologi, seperti wireless, wifi, bluetooth, dll. Teknologi ini juga seringkali disebut dengan istilah wireless local area network atau WLAN.

Perangkat keras tersebut berguna untuk mengirim serta menerima data yang berasal dari adapter wireless. Sementara itu, komponen yang dimiliki oleh perangkat ini berupa antena dan transceiver. Kedua komponen tersebut berguna untuk memancarkan serta menerima sinyal internet dari client server atau sinyal internet yang menuju ke client server.

Biasanya, access point disambungkan dengan perangkat keras komputer lainnya, seperti hub, router, atau switch melalui sebuah kabel internet agar bisa memancarkan sinyal. Kelebihan dari penggunaan perangkat ini adalah sinyal WiFi yang dipancarkan akan mampu menjangkau seluruh area meskipun terhalang oleh tembok maupun sekat antar ruangan.

Akses point ini sangat mudah ditemukan di perkantoran yang menuntut para karyawan untuk selalu terhubung dengan internet. Dengan adanya wireless akses point, maka para karyawan dapat lebih mudah, praktis, dan fleksibel untuk terhubung dengan jaringan internet meskipun harus berpindah-pindah area kerja.

5 Fungsi Utama Pada Jaringan Internet

Perlu diketahui bahwa akses point memiliki banyak sekali fungsi yang berkaitan erat dengan jaringan internet. Fungsi-fungsi yang dimiliki dari perangkat ini tidak lepas dari adanya antena serta transceiver yang dimiliki. Lalu, apa saja fungsi dari perangkat ini? Fungsi access point adalah sebagai berikut.

  • Sebagai penghubung antar jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan, seperti bluetooth, WiFi, wireless, dll.
  • Menyebarkan sinyal internet kepada perangkat-perangkat yang terhubung melalui adanya gelombang radio.
  • Mampu mengatur akses yang ada di sebuah perangkat berdasarkan pada MAC address.
  • Sebagai pengganti fungsi hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel.
  • Memberi fitur keamanan WAP dan WEP. WEP sendiri merupakan pengamanan jaringan nirkabel yang menggunakan otentikasi kecocokan kunci yang diberikan client kepada access point. WAP merupakan metode keamanan yang dirancang untuk melengkapi metode WEP dengan cara menambahkan decryption.

Tipe-Tipe

Tipe-Tipe Access Point dan Manfaatnya

Ada beberapa tipe dan gambar access point yang masing-masing bisa memberikan manfaat tersendiri saat digunakan. Setidaknya, ada enam jenis perangkat ini yang sering digunakan dan memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah tipe-tipe perangkat tersebut beserta dengan manfaatnya.

  1. Repeater Mode

Perangkat ini digunakan untuk menambah jangkauan nirkabel dengan SSID serta keamanan yang serupa. Penggunaan alat ini akan memperkuat sinyal di area-area yang telah memiliki jaringan wireless, namun pemancaran sinyalnya kurang merata. Repeater mode hanya mempunyai satu buah SSID yang memungkinkan Anda bisa mengakses di seluruh area.

  1. Bridge Mode

Bridge mode merupakan perangkat yang bekerja dengan cara membuat dua jaringan individu pada satu internet untuk dua grup. Perangkat ini memakai jaringan nirkabel serta menyebarkannya menggunakan SSID dan password yang sama. Bridge mode mampu mendukung berbagai tempat, seperti kantor, restoran, atau rumah untuk menyediakan layanan internet tanpa menggunakan sandi.

  1. Client Mode

Jenis access point yang satu ini banyak digunakan pada media player dan smart TV. Selain itu, penggunaan client mode juga banyak diaplikasikan pada konsol game serta jenis perangkat lainnya yang hanya mempunyai port ethernet saja.

  1. Wireless Router Mode

Mode ini memungkinkan Anda bisa berbagi satu koneksi internet kabel dengan beberapa client sekaligus. Wireless router mode hanya memiliki satu port WAN atau Wide Area Network yang mampu mendukung beberapa jenis koneksi. Jika Anda melakukan akses internet melalui DSL ataupun modem kabel yang tersedia untuk satu user saja, maka wireless router ini merupakan pilihan tepat.

  1. AP Client Router Mode

Perangkat yang satu ini memungkinkan Anda bisa terhubung ke jaringan nirkabel serta berbagi koneksi ke yang lainnya. AP Client Router Mode digunakan untuk wireless station yang membatasi jumlah client dan mensyaratkan pengisian username serta sandi supaya dapat terhubung ke jaringan.

  1. Access Point Mode (AP Mode)

Perangkat yang terakhir ini berguna untuk menyalurkan sambungan kabel ke nirkabel. Cara kerjanya menyerupai switch dengan letaknya berada di belakang router. Tipe ini biasanya digunakan pada tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan kabel saja.

Bagaimana Cara Kerja Access Point?

Membahas pengertian access point kurang lengkap jika belum membahas mengenai cara kerjanya. Perangkat ini bekerja ketika ada perangkat yang mencoba untuk mengakses jaringan. Biasanya, layar smartphone akan muncul tampilan berisi tentang permintaan pengisian sandi.

Selanjutnya, akses poin ini akan mengatur supaya perangkat itu dapat terhubung. Caranya dengan mencocokkan apakah sandi yang tadi dimasukkan sudah benar atau belum. Jika sandi yang dimasukkan sudah benar, maka alamat IP address ke perangkat akan terhubung dengan jaringan.

Access point menyediakan koneksi antara jalur data elektrik pada kabel ethernet dengan jalur data sinyal radio frekuensi yang mana dibentuk oleh WiFi. Selain itu, akses poin juga akan mengontrol akses, toleransi kesalahan, enkripsi data, dan manajemen jaringan.

Jika ada perangkat client yang mencoba untuk mengakses jaringan via akses point, maka perangkat tersebut akan menentukan untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan untuk terhubung ke jaringan. Untuk melakukan hal ini, akses point menggunakan fitur kontrol pengaksesan yang dimiliki. Pada kondisi tersebut, fitur keamanan akses poin akan bekerja.

Nantinya, akses point akan mengenkripsi sandi, kemudian memeriksa kecocokan sandi di akses point dengan sandi yang diberi oleh perangkat tersebut. Kemudian, akses point akan berfungsi sebagai DHCP, yaitu memberikan alamat IP untuk perangkat yang mencoba terhubung tersebut.

Apabila ternyata sandi yang diberikan oleh perangkat tidak cocok, maka perangkat tersebut tidak dapat terhubung dengan jaringan.

Setelah laptop atau komputer Anda terhubung dengan akses point, maka browser akan langsung menampilkan laman berisi permintaan agar Anda memasukkan sandi untuk bisa terhubung ke jaringan. Saat sandi yang dimasukkan sesuai, maka akses point akan memberikan izin perangkat Anda untuk terhubung.

Perbedaan Router dan Access Point

Setelah sebelumnya membahas pengertian dan fungsi access point yang ada diatas, diketahui bahwa perangkat ini mirip dengan router, Namun, apa perbedaannya access point dan router? Ini penjelasannya:

Wireless router merupakan alat yang memiliki fungsi untuk meneruskan paket dari sebuah network ke netwrok lainnya. Seperti jaringan LAN ke LAN maupun LAN ke WAN, sehingga dapat berhubungan dengan host yang memiliki jaringan berbeda. Sedangkan access point sendiri perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Berikut 6 perbedaan penting pada tabel berikut:

Router Access Point
Wireless router dapat menjadi DHCP server Access point tidak dapat menjadi DHCP server
Wireless router dapat membelokkan paket data yang ditujukan ke server tertentu (port redirect) Access point tidak memiliki fasilitas port redirecting
Wireless router dapat memetakan port service yang ada di PC ke port yang berbeda (port forwarding) Access point tidak memiliki fasilitas port forwarding
Wireless router dapat digunakan untuk internet sharing atau akses ke beberapa komputer Access point tidak dapat menggantikan sebuah server jaringan atau internet sharing
Wireless router dapat melakukan NAT yang mana IP Public internet dari ISP beda dengan IP lokal komputer dan NAT dapat dianggap seperti firewall Access point tidak memiliki fitur NAT yang artinya tidak dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda
Wireless router dapat melakukan traffic shaping Access point tidak memiliki fitur traffic shaping

Belajar Access Point Di Course-Net Aja

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai access point, fungsi, tipe, serta cara kerjanya. Penjelasan di atas tentunya menambah pengetahuan Anda tentang salah satu perangkat keras pada komputer ini.

Ingin mendapatkan informasi lebih banyak terkait teknologi digital? Pastikan Anda terus mengikuti update informasi dan ikut kelas IT dari Course-Net agar tidak ketinggalan update informasi terbaru dan menarik lainnya.

Kursus CCNA di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Data Science

Play Video about kursus jaringan

Tertarik mau berkarir dibidang network engineer? Saatnya kamu ambil keputusan untuk belajar jaringan. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus CCNA yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS CCNA

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar networking. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang jaringan komputer.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Networking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?