course-net
Search
Close this search box.

Google Ads Adalah: Pengertian, Cara Menggunakan dan Keuntungannya

Minet

February 20, 2023

Cara Menggunakan Google Ads

Google Ads Adalah: Pengertian, Cara Menggunakan dan Keuntungannya – Khusus bagi Anda yang memiliki bisnis, Ads Google sangat bermanfaat untuk menjangkau informasi, produk, layanan secara online. Apabila Anda belum memiliki akun Google Ads untuk bisnis, maka Anda bisa melewatkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan di platform Ads satu ini.

Supaya Anda lebih memahami mengenai Google Ads dan supaya Anda bisa mendapatkan Google Ads certification khususnya untuk bisnis, Anda perlu simak informasinya di bawah ini.

Google Ads Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Itu Google Ads?

Google Ads Adalah: Pengertian, Cara Menggunakan dan Keuntungannya

Google Ads adalah sebuah platform periklanan online berbayar yang disediakan oleh Google. Pada mulanya Google Ads bernama Google AdWords dan pada akhirnya diganti di tahun 2018.

Meskipun demikian, layanan yang diberikan oleh Google Ads ini tetap sama. Layanan yang diberikan adalah periklanan berbayar per klik yang sering disebut dengan CPC dan membayar per impresi atau tayangan yang disebut dengan CPM yang diperoleh dari iklan.

Iklan yang ditayangkan biasanya tidak hanya pada mesin pencarian Google saja, namun sekali pemasangan iklan menggunakan Google Ads, iklan Anda bisa tayang pada hasil mesin pencarian, seperti Blog, Youtube sampai Google Display Network.

Google Ads sangat efektif untuk menjalankan bisnis supaya mendapatkan trafik yang tinggi ke dalam website maupun landing page layanan atau produk sampai memperoleh pelanggan.

Cara Menggunakan Google Ads

Cara Menggunakan Google Ads

Tata cara menggunakan Google Ads terbaik adalah:

  1. Menghindari Board Keyword

Bagi Anda yang ingin menggunakan Google Ads terbaik perlu memahami beberapa hal dan salah satunya adalah menawarkan pada keyword dan memberi harga yang dapat Anda bayar untuk kata kuncinya.

Keyword sangatlah penting untuk kesuksesan campaign Anda di Ads Google nantinya. Pemilihan keyword harus melalui riset keyword, baik itu memakai keyword research tools maupun Google Keyword Planner.

Hindari memakai keyword yang sifatnya masih luas maupun board keyword seperti contohnya sepatu, buku, pakaian karena selain persaingan yang cukup tinggi, Anda juga tidak bisa memahami niat pengguna dengan keyword tersebut.

  1. Iklan Sebaiknya Relevan dengan Search Intent

Apabila search intent seseorang saat mengetik sepatu untuk mengetahui sepatu itu apa, maka tidak akan cocok untuk Anda letakkan pada iklan dengan bid kata sepatu tadi sebab pengguna tidak akan klik iklan yang muncul tersebut.

Sebaiknya Anda coba melakukan penawaran dengan keyword yang mempunyai kata beli sebab sudah jelas pengguna pasti akan mengetik kata kunci tersebut untuk membeli sepatu, bukan sekedar mencari informasi sepatu yang lebih luas.

  1. Buatlah Headline Iklan Terbaik

Teks di iklan bisa jadi pembeda dari iklan Anda dan iklan pesaing. Teks iklan ini sebaiknya cocok dengan search intent supaya selaras dengan keyword yang Anda targetkan dan bisa mengatasi masalah dengan solusi yang tepat. Apabila Anda memilih search campaign Ads Google, maka judulnya akan jadi hal yang penting.

Judul merupakan hal utama yang akan dilihat pengguna mesin pencarian sampai calon pelanggan Anda. Headline iklan harus lebih menonjol dari hasil lainnya di mesin pencarian. Anda harus memastikan jika iklanmu mempunyai judul yang tepat.

  1. Mengoptimalkan Landing Page

Cara memakai Google Ads supaya memperoleh hasil maksimal yang terakhir adalah mengoptimalkan landing page. Anda harus bisa menciptakan User Experience yang baik pada landing page. Hal ini dilakukan supaya user experience baik pada landing page maupun halaman website.

Itulah sebabnya Anda harus optimalkan landing page agar mendapatkan hasil konversi, seperti membuat akun, membeli produk atau mengunduh aplikasi.

Seperti itu cara memaksimalkan Google Ads dengan baik dan bagi Anda yang ingin mencobanya bisa kunjungi Google Ads com.

Keuntungan-keuntungan menggunakan Google Ads adalah:

Keuntungan Menggunakan

Keuntungan-keuntungan menggunakan Google Ads adalah:

  1. Meningkatkan Leads & Customer

Salah satu keuntungan menggunakan Google Ads adalah bisa meningkatkan Leads maupun data calon pelanggan dan jadi pelanggan yang loyal. Google Ads Indonesia merupakan alat terbaik dalam menghasilkan prospek atau calon customer.

  1. Memperoleh ROI Tinggi

Return On Investment atau ROI merupakan ukuran kinerja yang dipakai untuk melakukan evaluasi efisiensi maupun profitabilitas investasi dan juga membandingkan efisiensi beberapa investasi yang secara berbeda. ROI akan mencoba melakukan pengukuran langsung pada jumlah pengembalian investasi tertentu.

Ads Google juga berguna untuk memperoleh ROI maupun analisis efisiensi pada suatu investasi yang memperoleh laba lebih tinggi.

  1. Hasilnya Cepat dan Transparan

Menggunakan layanan Google Ads akan lebih cepat mendapatkan hasilnya dan juga data transparan. Contohnya sebelum Anda menjalankan campaign iklan yang diklik, keyword yang umum dimasukkan oleh pengguna sampai biaya yang perlu Anda bayar.

Meskipun Anda harus mengeluarkan modal besar menggunakan channel marketing yang satu ini, namun hasil yang akan Anda dapatkan secara instan. Google Ads juga bisa melakukan identifikasi dan menganalisis campaign yang sudah dijalankan dengan Google Analytics dengan cepat. Nah, untuk melihat hasilnya segeralah login Google Ads dan coba layanan yang diberikan.

  1. Bisa Iklan di Platform dengan Traffic Tinggi

Google Ads merupakan platform dengan trafik atau lalu lintas yang tinggi dan sudah mendominasi di pasar. Google selalu menayangkan iklan yang paling relevan sesuai kontennya, dan menjadikan Google berkembang terus serta bisa meningkatkan algoritma mesin pencarian dalam menghasilkan iklan berdasarkan hasil pencarian yang relevan.

  1. Mengenal Target Pasar Lebih Dalam

Bagi Anda yang ingin mengetahui target lebih dalam, bisa diwujudkan dengan menggunakan Google Ads. Google Ads akan menghasilkan informasi mengenai kebiasaan dari pelanggan dan syaratnya untuk bisa Anda pelajari.

Sekian penjelasan mengenai pengertian Ads Google, cara menggunakan, keuntungannya dan bagi Anda yang tertarik belajar digital marketing bisa mencobanya melalui Course-Net. Yuk Daftar Kursus Google ads Di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print