course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Affiliator Adalah : Syarat, Keuntungan, & Cara Kerja Affiliator

Monday, 22 January 2024 3:36 PM

affiliator adalah

Di era perkembangan teknologi digital yang sangat pesat ini, ada semakin banyak pekerjaan yang muncul, salah satunya yaitu affiator. Affiliator adalah istilah yang mungkin sering Anda dengar di dunia pemasaran bisnis.

Affiliator berfungsi untuk memasarkan dan meramaikan penjualan suatu produk. Apalagi di zaman sekarang, pekerjaan ini memiliki banyak peminat karena menawarkan pendapatan pasif yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Untuk menjadi affiliator pun syaratnya cukup mudah. Hanya dengan bermodalkan internet, affiliator dapat melakukan promosi dimana saja dan kapan saja.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengetahui apa itu affiliator? Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

Affiliator Adalah

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu affiliator? Affiliator adalah istilah yang berasar dari kata afiliasi. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), afiliasi adalah bentuk kerjasama antara dua pihak. 

Sederhananya, affiliator adalah orang yang mempromosikan suatu produk atau layanan kepada orang lain melalui internet. Nantinya, perusahaan atau pemilik bisnis akan memberikan kompensasi jika affiliator memasarkan suatu produk dari bisnis tersebut.

Untuk melakukan promosi, biasanya affiliator menggunakan media sosial dan tautan tertentu. Strategi marketing ini dilakukan untuk mencapai keuntungan dari target konsumennya.

Affiliator adalah salah satu bagian dari strategi affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan metode pemasaran yang dilakukan affiliator, yang nantinya akan mendapat komisi dari pemilik bisnis jika produk yang dipromosikan berhasil terjual.

Untuk bergabung kedalam program afiliasi, bukan hanya individu saja namun sekelompok orang juga bisa mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Besar pendapatan seorang affiliator dapat bervariasi, tergantung dari kebijakan brand yang dipromosikan. Hal inilah yang menarik banyak orang untuk menjadi affiliator. Affiliator bisa mendapatkan komisi hanya dengan melakukan promosi di media digital.

Syarat Menjadi Affiliator

Ada banyak platform yang menyediakan program affiliate marketing, seperti Shopee, Lazada, TikTok, Zalora, dan masih banyak lagi. Biasanya, setiap aplikasi memilliki syarat affiliator yang berbeda-beda.

Kali ini kita akan mengambil contoh dari e-commerce Shopee yaitu Shoppe Affiliate Program. Berikut syarat untuk menjadi affiliator di program tersebut : 

  • Memiliki akun media sosial pribadi yang aktif, rutin mengunggah konten original, dan terbuka untuk umum atau public.
  • Untuk menjadi Shoppee Influencers, memiliki minimal 2.000 pengikut/subscribers di Instagram, TikTok, Youtube, dan media sosial lainnya.
  • Akun media sosial yang dimiliki tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  • Dilarang mempromosikan produk rokok, rokok elektrik, obat-obatan terlarang, ganja, produk dewasa, dan produk palsu atau tidak original.
  • Komisi akan diberikan paling cepat setiap dua minggu sekali.
  • Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di media sosial dan aplikasi Shopee.

Keuntungan Menjadi Affiliator

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari menjadi affiliator, baik dari sisi affiliator maupun sistem afiliasi yang digunakan. Dengan adanya kemajuan teknologi, proses promosi dan penjualan produk pun semakin mudah.

Inilah beberapa keuntungan dari menjadi affiliator : 

Mendapatkan Penghasilan Pasif

Mengikuti program affiliasi dapat membantu seorang affiliator untuk mendapatkan penghasilan pasif meskipun sedang tidak bekerja. Selagi promosi masih muncul di platform tertentu, penghasilan masih bisa terus masuk jika orang terus melakukan transaksi melalui link yang disebarkan oleh affiliator.

Meskipun affiliator tidak memasarkan produk lagi, pembelian bisa masih terus berjalan. Bisa saja ada yang melakukan pembelian ulang atau berlangganan dengan barang atau layanan yang pernah dipasarkan di situ.

Seorang affiliator bisa tetap mendapatkan penghasilan pasif meskipun sedang tidak bekerja atau beristirahat total dari pekerjaan.

Selama konten tidak dihapus dan link afiliasi masih dapat diakses, affiliator masih bisa terus meraih dan menjangkau pembeli.

Bekerja Secara Fleksibel

Affiliator adalah pekerjaan yang fleksibel. Berbeda dengan pegawai kantoran atau karyawan yang terikat dengan waktu, seorang affiliator tidak memiliki jam kerja yang kaku dan bekerja secara fleksibel. Affiliator dapat bekerja dimana saja dan kapan saja.

Bahkan, banyak affiliator yang memiliki pekerjaan lain atau bahkan bisa sambil berlibur karena tidak terikat oleh waktu. Anda tidak perlu mengenak seragam dan berangkat ke kantor, bahkan Anda bisa melakukan afiliasi dirumah saja.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kebebasan dan tidak suka terikat oleh peraturan.

Tidak Memerlukan Modal Besar

Tenang saja, Anda tidak memerlukan modal besar untuk menjadi affiliator. Anda hanya mempromosikan produk milik orang lain sehingga tidak perlu menyetok produk terlebih dahulu untuk dipromosikan kepada calon pembeli.

Hanya bermodalkan HP dan jaringan internet saja, Anda bisa menjadi seorang affiliator. Membuat akun media sosial atau platform lain untuk melakukan promosi dapat dilakukan secara gratis tanpa membayar.

Affiliator adalah pekerjaan yang menjanjikan karena bisa mendapat keuntungan yang besar meskipun hanya dengan modal rendah.

Hanya dengan kemampuan promosi, Anda bisa saja mendapatkan pengashilan melebihi karyawan kantoran. Yang lebih menguntungkan, Anda bisa bekerja secara fleksibel kapanpun dan dimana pun.

Mendapat Penghasilan Tambahan

Menjadi seorang affiliator cukup menjanjikan. Dengan menjual semakin banyak produk yang dipromosikan, maka komisi yang didapatkan akan semakin besar. Pendapatan yang didapatkan tergantung dari ketekunan dan seberapa besar usaha Anda untuk mempromosikan produk atau layanan tersebut.

Terkadang pemilik bisnis juga bisa memberikan bonus tambahan jika ada banyak penjualan yang terjadi. Besar kecilnya pendapatan tergantung dari seorang affiliator dan tidak tentu konsisten setiap saat.

Bisa saja pendapatan di bulan ini sangat tinggi, namun di bulan depan tidak setinggi itu..

Cara Kerja Affiliator

Bagaimanakah cara kerja affiliator? Berikut penjelasannya : 

Melakukan Pendaftaran

Langkah pertama dari proses affiliator yaitu mendaftarkan diri. Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke suatu program afiliasi.

Pilih platform penyedia program affiliate marketing yang Anda inginkan, lalu daftarkan diri sesuai dengan panduan dan persyaratan untuk mendapatkan link afiliasi.

Nah, link afiliasi itulah yang menjadi media untuk mendapatkan penghasilan. Setiap ada orang yang melakukan pembelian produk dari link afiliasi yang Anda miliki, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pemilik usaha barang atau layanan yang Anda promosikan.

Membagikan Link dan Mempromosikan Produk

Setelah melakukan pendaftaran dan mendapatkan link afiliasi, nantinya afiliator akan membagikan link tersebut ke berbagai platform digital seperti website atau media sosial yang dimiliki.

Affiliator harus mempromosikan produk dengan membuat konten yang dapat menarik calon pembeli.

Contohnya, Anda bisa melakukan review produk dan menjelaskan spesifikasi dan keunggulan produk tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan link pembelian yang merupakan link afiliasi milik afiliator.

Pendapatan seorang affiliator bergantung dari link afiliasi tersebut. Affiliator akan mendapat komisi dari pemilik produk dari setiap pembelian yang terjadi melalui link afiliasi yang dicantumkan oleh afiliator dalam kontetnnya.

Tenang saja, setiap transaksi yang terjadi melalui link afiliasi akan tercatat secara otomatis.

Mendapatkan Komisi

Setelah melalui semua tahapan yang ada diatas, affiliator akan mendapat komisi dari penjualan yang terjadi. Namun setiap perusahaan menawarkan komisi yang berbeda-beda.

Komisi bisa bergantung dari berbagai hal. Misalnya dari harga produk, dan juga dari persentasi komisi yang dijanjikan oleh perusahaan penyedia program afiliasi.

Komisi tersebut bisa tergantung dari harga produk dan juga persentase komisi yang dijanjikan oleh perusahaan penyedia program afiliasi.

Kesimpulan

Jika menyukai pekerjaan yang fleksibel, affiliator adalah pekerjaan yang cocok untuk Anda. Anda bisa mendapatkan komisi dari mempromosikan suatu produk kepada para calon konsumen.

Namun, melakukan promosi produk tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Memang, modal yang digunakan rendah. Namun jika strategi marketing yang digunakan salah atau kurang baik, Anda juga bisa tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Karena itulah jika Anda ingin menjadi seorang affiliator sukses, Anda harus memiliki ilmu marketing dan meningkatkan skill digital marketing.

Anda tidak perlu mengikuti pendidikan formal seperti perkuliahan. Anda bisa mempelajarinya melalui pelatihan atau ikut kursus digital marketing di Course-Net.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?