course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu CMD ? : Definisi , Fungsi & Cara Menggunakannya

Minet

April 10, 2023

Apa Itu CMD ? : Definisi , Fungsi & Cara Menggunakannya

Apa Itu CMD ? : Definisi , Fungsi & Cara Menggunakannya- Sistem operasi perlu dikelola dengan baik, salah satu fitur yang berguna untuk mengelola sistem operasi salah satunya ialah Command prompt atau yang biasa disingkat dengan CMD. Masih banyak yang tidak tahu apa itu Command prompt serta apa saja fungsinya? Yuk kita bahas satu persatu!

Apa itu CMD? Berikut Penjelasannya

Banyak yang penasaran apa itu Command prompt? CMD adalah sebuah aplikasi yang memiliki basis Command Line Interpretter yang terdapat pada sistem operasi Microsoft Windows. Command prompt merupakan salah satu fitur yang dulu lebih dikenal dengan sebutan MS-DOS. Akhir-akhir ini, fitur ini sudah jarang digunakan karena sudah tergantikan dengan GUI yang katanya lebih mudah digunakan serta lebih user friendly.

Apa Itu CMD ? : Definisi , Fungsi & Cara Menggunakannya

Apa Itu Fungsi dari CMD

Setelah mengetahui pengertian CMD, maka kita juga perlu mengetahui apa saja fungsinya. Adapun fungsi utama dari Command prompt ialah untuk menjalankan berbagai macam perintah CMD yang terdapat pada sistem operasi Windows. Selain untuk menjalankan perintah, masih banyak lagi fungsi dari Command prompt, di antaranya yaitu:

1. Untuk mengecek status Windows

Fungsi CMD yang pertama yaitu untuk mengecek status Windows, di mana fitur ini bisa berfungsi untuk melihat aktivasi Windows yang sedang digunakan.

2. Untuk mengecek jaringan

Fungsi selanjutnya yaitu untuk mengecek jaringan, di mana dengan menggunakan Command prompt kita bisa melihat ping serta kode CMD pada website. Dengan melihat IP address yang digunakan maka kita bisa melakukan tracing jaringan pada sebuah server.

3. Sebagai manage file

Selain beberapa fungsi di atas, fungsi lainnya yaitu untuk melakukan manage file, di mana kita bisa membuat, menyembunyikan serta menghapus file. Kita juga bisa melihat jumlah kuota yang terpakai pada harddisk. Cukup keren dan canggih bukan?

Daftar Perintah Dasar pada CMD

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa CMD memiliki fungsi untuk mengelola sistem operasi pada Windows. Dengan begitu, maka fitur ini dapat berguna untuk memasukkan berbagai macam perintah yang mana perintah tersebut digunakan untuk mengelola Windows, seperti membuat suatu folder baru, paste, copy, serta ping CMD. Berikut ini ialah beberapa perintah yang bisa dilakukan oleh CMD dan berbagai fungsinya:

  1. Cd: Untuk membuka folder ataupun drive
  2. Move: Untuk memindahkan file, baik ke drive maupun ke folder lainnya
  3. Copy: Perintah ini berguna untuk menyalin sebuah file ke folder ataupun ke drive
  4. Dir: berfungsi untuk menampilkan daftar file dan folder yang ada pada drive ataupun directory
  5. Nslookup: untuk menampilkan record DNS dari domain
  6. CMD ipconfig: di mana IP config CMD berguna untuk menampilkan konfigurasi jaringan dari setiap perangkat
  7. Ping: berguna untuk menampilkan hasil ping dari alamat tertentu

Masih banyak lagi perintah lainnya yang sering digunakan, di antaranya seperti telnet, attrib, cls, edit, find, del, dan chkdsk. Command prompt ini juga bisa melakukan CMD hack, dengan begitu banyak perintah yang bisa dikerjakan oleh fitur ini.

Cara Mudah Menggunakan CMD

Cara Mudah Menggunakan CMD

Penggunaan CMD untuk melakukan berbagai macam perintah sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini ialah salah satu contoh cara menggunakan CMD pada sebuah domain yang menggunakan perintah nslookup. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  1. Langkah pertama ialah membuka aplikasi Command prompt terlebih dahulu
  2. Selanjutnya ialah ketikan perintah berupa nslookup lalu tekan enter
  3. Kemudian ketikan set type=ns, lalu klik enter
  4. Langkah berikutnya ialah isi dengan nama domain yang akan dilakukan pemeriksaan, lalu tekan enter
  5. 1Jika domain sudah berhasil diarahkan ke nameserver, biasanya akan muncul informasi nameserver yang digunakan

Cara Mengecek Ping pada CMD

Selain bisa untuk mengecek CMD WiFi, fitur Command prompt juga bisa digunakan untuk mengetahui masalah yang berkaitan dengan jaringan internet dengan melakukan cek ping CMD. Adapun beberapa cara yang digunakan untuk melakukan cek ping, di antaranya yaitu:

  1. Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengecek ping internet ialah mengetahui IP Address nya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengetikkan CMD pada pencarian.
  2. Setelah itu, barulah kita mengetikkan perintah ipconfig pada Command prompt, lalu tekan enter untuk bisa mengetahui IP Address. Untuk proses ini, kita perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah tersambungkan dengan internet yang akan dilakukan cek ping.
  3. Selanjutnya IP address akan muncul tepat di sebelah tulisan Default Gateway.
  4. Setelah kita mendapatkan IP Address, langkah berikutnya yaitu kita mengecek ping jarngan dengan menggunakan Command prompt dengan mengetikkan IP address
  5. Langkah berikutnya kita bisa melihat hasil dari empat tes ping yang berbeda-beda. Setiap tes biasanya akan menunjukkan waktu ping dalam satuan milidetik atau ms. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah mengetahui ping maksimum, minimum ataupun ping rata-rata.
  6. Pada saat ada salah satu ping yang bermasalah, maka akan ditampilkan sebuah ping yang cukup memakan waktu lama untuk merespon. Nah, disitu kita bisa dengan mudah mengecek ping server Google DNS untuk bisa mengetahui masalah yang terjadi.
  7. Kemudian buka Command prompt dan ketikan ping 8.8.8.8-t. maka fitur akan berjalan terus hingga diberhentikan menggunakan tombol CTRL+C

Beberapa cara di atas merupakan cara yang bisa berguna untuk membantu kita untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang digunakan, dengan begitu kita juga bisa mendeteksi adanya masalah yang terjadi pada jaringan internet. cukup membantu bukan?

Beberapa Istilah yang Terdapat pada CMD

Dalam dunia teknologi Command prompt atau CMD ini ada beberapa istilah asing yang perlu untuk diketahui. Adapun beberapa istilah-istilah tersebut, di antaranya yaitu:

1. Unknown host

Kondisi di mana host yang diperiksa tidak dapat dikenali. Kita bisa mengecek ulang sambungan router atau alamat IP untuk mengetahui apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.

2. Request timed out

Request timed out merupakan istilah untuk kondisi di mana ping membutuhkan waktu lebih dari 4000 milidetik atau empat etik. Penyebab dari keadaan ini bisa disebabkan oleh kemacetan jaringan, kabel atau port yang rusak serta firewall yang diatur untuk dapat menghentikan lalu lintas.

3. TTL expired in transit

Ialah suatu istilah yang biasa digunakan ketika ping sudah melebihi batas maksimal dari yang diizinkan.

4. General failure

Sedangkan general failure ialah kondisi di mana masalah ping yang disebabkan karena komputer tidak memiliki IP yang tepat, sehingga menimbulkan masalah. Selain itu, bisa juga karena adanya masalah yang berkaitan dengan sambungan router.

Nah, itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan CMD atau Command prompt, serta beberapa hal yang berkaitan dengannya seperti fungsi dan perintah.

Untuk Anda yang ingin mendalami lebih jauh mengenai fitur pengelola sistem perangkat lunak ini, maka bisa dengan mengikuti kursus di Course-Net seperti kursus data science . Di sana tersedia berbagai pilihan paket kursus yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!