Belajar Internet marketing: Pengertian, Manfaat, dan Tips untuk Pemula

Belajar Internet marketing: Pengertian, Manfaat, dan Tips untuk Pemula – Perkembangan internet membawa banyak keuntungan dalam berbagai sektor kehidupan. Hampir semua orang bergantung pada internet untuk kehidupan sehari-harinya. Termasuk untuk kegiatan pemasaran atau marketing bisnis yang menjadi lebih mudah berkat adanya internet.

Pemasaran melalui internet atau internet marketing merupakan salah satu hal penting perlu Anda miliki jika ingin berjualan online dan mengembangkan bisnis. Belajar internet marketing akan membantu Anda mengetahui bagaimana proses dan strategi marketing melalui internet. Apa saja yang perlu dipelajari dalam internet marketing? Berikut ulasan selengkapnya.

Belajar Internet Markting Kini Bisa Dari Rumah

Belajar Internet Markting Kini Bisa Dari Rumah

Apa Itu Internet Marketing?

Pengertian internet marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi produk kepada target konsumen melalui media internet. Jadi, pemasarannya lebih fokus menggunakan media-media yang terkoneksi internet seperti website, blog, email marketing, media sosial, dan lain-lain.

Anda yang belajar internet marketing perlu mengetahui penggunaan media internet untuk promosi dan mengembangkan bisnis. Internet marketing sendiri bisa dikatakan sebagai bagian dari digital marketing

yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Digitalisasi bisnis atau usaha yang memang dibutuhkan di era serba digital seperti sekarang.

Manfaat Internet Marketing

Kenapa harus internet, bukannya media marketing itu sangat luas? Internet marketing memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh media marketing lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan internet marketing.

  • Biaya promosi bisa lebih hemat

Ketika akan promosi atau mengiklankan produk pastinya ada biaya yang perlu dikeluarkan. Nah, internet marketing ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin biaya promosi yang lebih hemat. Promosi melalui internet lebih murah dibanding memasang iklan secara tradisional seperti di radio, tv, spanduk, billboard, dan sejenisnya.

Ini alasan pentingnya belajar internet marketing supaya Anda bisa lebih berhemat untuk promosi produk. Anda bahkan bisa menggunakan internet untuk promosi secara gratis, misalnya melalui media sosial dan blog.

  • Promosi dengan audiens lebih banyak

Jangkauan promosi Anda akan lebih luas dengan memanfaatkan internet marketing. Apalagi di Indonesia sendiri pengguna internet aktifnya mencapai ratusan juta orang. Artinya, internet menjadi tempat potensial untuk Anda menjangkau target audiens yang lebih banyak.

Melalui internet marketing, Anda bisa promosi lebih banyak audiens dari berbagai latar belakang daerah, gender, usia, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk menarik calon konsumen yang potensial dengan lebih banyak.

  • Lebih mudah berinteraksi dengan audiens

Berkat internet semua orang bisa berinteraksi dengan mudah tanpa khawatir batasan geografis. Sebaiknya Anda belajar internet marketing agar bisa menggunakan aplikasi dan berkomunikasi dengan audiens melalui internet.

Menggunakan media internet, pelaku bisnis dapat berinteraksi dengan audiens untuk memasarkan produk atau brand. Interaksi dapat dilakukan dengan mudah kapan saja selama 24/7. Ini sangat membantu untuk lebih dekat dengan calon konsumen dan yang perlu dilakukan hanya menggunakan gadget saja.

  • Promosi lebih terukur

Ketika menggunakan media promosi konvensional akan sulit untuk mengetahui bagaimana performa dan efektivitas iklan tersebut terhadap penjualan. Sedangkan melalui internet marketing, bisa diukur bagaimana performa promosi yang dilakukan, seberapa besar jangkauan promosi, dan sebesar apa pengaruhnya terhadap bisnis.

Mengingat manfaat yang cukup penting ini, para pelaku bisnis sangat disarankan untuk belajar internet marketing agar dapat memaksimalkan penggunaan media internet untuk bisnis. Selain promosi yang lebih terukur, performa promosi juga bisa dilihat secara real time. Semua ini bisa dilakukan berkat tools yang ada pada aplikasi analisis.

Misalnya saja promosi melalui media sosial dengan melihat performa melalui jumlah like, views, komentar, share, dan lainnya. Apabila performa kurang berhasil, Anda dapat mengevaluasi dan memperbaikinya untuk memaksimalkan hasilnya.

  • Aktivitas pemasaran yang lebih ringan

Internet memang membawa banyak kemudahan untuk berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah kegiatan marketing yang menjadi lebih ringan dengan internet. Pelaku bisnis dapat belajar internet marketing untuk pemula agar dapat memanfaatkan berbagai media internet dan strategi untuk meningkatkan bisnis.

Melalui media internet, promosi lebih ringan karena tidak perlu mencetak brosur, menjelaskan informasi produk satu per satu ke tempat percetakan, dan tidak perlu mengirimkan surat ke konsumen. Semua itu sudah digantikan dengan satu tombol saja untuk posting iklan atau promosi melalui internet.

Berkat adanya internet ini promosi bisnis dapat didistribusikan setiap saat melalui konten digital. Belajar internet marketing supaya Anda bisa menguasai bagaimana pemasaran yang bagus dengan konten media sosial, berinteraksi dengan audiens melalui fitur pesan, mengirim pemberitahuan langsung ke banyak pengguna, dan lain sebagainya.

Tips Dasar

Bagi Anda yang masih pemula mungkin bingung bagaimana memulai internet marketing ini. Nah, di bawah ini beberapa langkah yang bisa diikuti untuk belajar internet marketing dasar.

  1. Riset produk

Riset produk merupakan kunci penting dalam internet marketing. Pada tahap ini mencari apa yang sedang trend dan diinginkan oleh pasar. Jadi, bisa menentukan produk seperti apa yang sedang banyak dibutuhkan orang dan memungkinkan untuk mendapatkan peluang profit yang besar.

Cara mengetahui produk apa yang sedang tren adalah menggunakan marketplace dengan melihat produk-produk seperti apa yang menjadi best seller. Selain itu, Google Trends juga dapat membantu untuk riset produk dengan memasukkan kata kunci untuk produk terkait, lalu amati grafiknya. Apabila stabil berarti produk tersebut memiliki peluang bagus untuk dijadikan bisnis.

  1. Riset persaingan

Internet marketing tidak melulu soal promosi produk di internet saja, tetapi lebih banyak lagi seperti bagaimana persaingan yang terjadi dan cara menghadapinya dengan bantuan internet.

Hal ini tentu tidak bisa dikuasai dalam satu hari, melainkan Anda harus belajar internet marketing dari dasar hingga bisa untuk bisa mendefinisikan seperti apa persaingan yang terjadi dan apa langkah yang tepat untuk kondisi tersebut.

Riset persaingan ini merupakan hal penting dalam bisnis untuk analisis kekuatan, kelemahan, potensi ancaman, dan kesempatan. Dengan membandingkan kekuatan produk dan bagaimana persaingan di luar, perusahaan dapat menyiapkan strategi yang lebih baik agar kompetitor tersebut tidak mengancam penjualan produk.

  1. Membangun database

Hal penting lainnya adalah database konsumen. Bagi pelaku bisnis yang menggunakan strategi internet marketing sebaiknya mengumpulkan serta membangun database konsumen agar lebih mudah untuk memetakan calon konsumen yang potensial.

Membangun database konsumen berarti juga membangun interaksi dengan konsumen. Internet marketing pada dasarnya bukan hanya sebatas strategi agar produk dapat dicapai konsumen tetapi juga strategi agar produk dapat dikenal oleh konsumen atau untuk meningkatkan brand awareness.

  1. Memilih media internet marketing

Belajar internet marketing menjadi penting agar Anda dapat menentukan media internet mana yang paling bagus untuk bisnis. Ada cukup banyak pilihan media internet yang bisa dimanfaatkan sebagai strategi internet marketing yang menguntungkan untuk perkembangan bisnis dan meningkatkan peluang profit yang bisa didapatkan.

Media internet marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Beberapa media internet marketing yang sering digunakan antara lain Facebook marketing, website marketing, YouTube marketing, SEO marketing, content marketing, dan lain-lain.

Baca Juga : Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

StrategiStrategi Internet Marketing

Semua orang bisa menerapkan internet marketing untuk memaksimalkan penggunaan media internet demi keberlangsungan bisnis. Jika Anda ingin bisnis berkembang atau penjualan meningkat, berikut ini beberapa strategi internet marketing yang bisa diterapkan.

  • Membuat website yang user-friendly

Website menjadi salah satu media yang paling efektif untuk promosi produk atau bisnis secara online. Pasalnya, kebanyakan orang atau pembeli akan mencari informasi mengenai produk yang ingin dibeli melalui website yang mereka temukan dari hasil penelusuran search engine.

Setelah melihat produk dan informasi terkait, konsumen dapat melakukan transaksi apabila produk tersebut memang menarik untuk dibeli. Oleh sebab itu, penting untuk menyediakan informasi yang baik dan dapat menarik hati konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

Buat website yang ramah bagi pengguna dengan desain website yang nyaman dan mudah digunakan. Ini juga bisa berpengaruh pada citra brand, biasanya desain web yang bagus dan nyaman dapat membuat konsumen lebih percaya dengan brand tersebut.

  • Maksimalkan website dengan SEO marketing

Tentunya ada banyak pelaku bisnis yang menggunakan website untuk promosi produk mereka. Nah, bagaimana konsumen bisa menemukan website Anda dari sekian banyak website bisnis yang ada? Konsumen akan lebih mudah menemukannya jika website Anda bisa muncul di halaman pertama Google.

Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya untuk menguasai SEO website. Bagaimana mengoptimasi website agar mendapatkan ranking teratas Google sehingga mudah dijangkau calon konsumen.

Pada dasarnya, SEO atau search engine optimization memiliki tiga komponen utama yaitu riset keyword, SEO on page, dan SEO off page. Jika Anda belum paham mengenai konsep SEO adalah, bisa ikut kursus internet marketing yang dapat memberikan pemahaman lebih jauh mengenai SEO dan penerapannya untuk website bisnis.

Baca Juga : Belajar SEO: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Penerapan SEO yang Efektif

  • Gunakan social media marketing

Selain blog atau website, platform media sosial juga menjadi tempat yang strategis untuk promosi bisnis. Salah satu platform media sosial dengan pengguna aktif terbanyak yang bisa menjadi tempat menjanjikan untuk marketing produk adalah Facebook.

Manfaatkan Facebook marketing untuk menaikkan brand awareness agar omzet penjualan produk juga bisa ikut naik. Anda bisa memanfaatkan Facebook Fanpage maupun Facebook Ads untuk promosi bisnis.

Selain Facebook, media sosial yang sangat potensial untuk promosi produk adalah YouTube. Anda bisa belajar internet marketing untuk memahami lebih jauh mengenai YouTube marketing. Bagaimana membuat video promosi yang bagus, menaikkan viewers, atau menggunakan layanan iklan YouTube untuk bisnis.

  • Bekerjasama dengan influencer

Perlu Anda ketahui bahwa influencer sangat efektif untuk internet marketing. Influencer sendiri merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui media sosialnya. Biasanya seorang influencer memiliki pengikut yang banyak dan engagement yang baik dengan para pengikutnya tersebut.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk branding dan promosi bisnis agar penjualan produk bisa naik. Pastikan influencer yang digunakan untuk promosi produk dapat menjangkau audiens yang ditargetkan. Misalnya, produk makanan bisa dipromosikan melalui food blogger yang memang dikenal sering meriview makanan.

Itulah beberapa hal penting seputar internet marketing yang perlu diketahui. Bagi Anda yang ingin branding menggunakan media internet bisa belajar internet marketing supaya lebih paham dan bisa menentukan strategi yang paling efektif sesuai jenis produk atau bisnisnya.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi