Belajar SEO: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Penerapan SEO yang Efektif

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Belajar SEO: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Penerapan SEO yang Efektif – SEO adalah salah satu cara yang digunakan oleh pemilik blog atau website untuk mendapat ranking teratas di Google. Sebenarnya, SEO tidak hanya sebatas ranking Google saja tetapi juga dapat melancarkan tujuan website. Oleh sebab itu, banyak pemilik blog belajar SEO agar website mereka semakin bagus di mesin pencari.

Bagi Anda yang masih pemula dalam membangun blog mungkin penasaran dengan apa itu SEO sebenarnya. Nah, berikut ini beberapa informasi mengenai SEO yang perlu Anda ketahui.

Belajar SEO Bareng Bersama Course-Net

Apa Itu SEO ? SEO Adalah

Belajar SEO Bareng Bersama Course-Net

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimasi website agar masuk pada ranking teratas di hasil pencarian, terutama pada organic research atau pencarian organik. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar traffic website datang dari pencarian organik yaitu user memasukkan keyword pada Google.

Apabila website Anda memperoleh ranking teratas di mesin pencari, maka peluang traffic organik akan meningkat. Selain jumlah pengunjung yang lebih tinggi, traffic tersebut juga bisa lebih tepat sasaran sehingga pengunjung bukan hanya sekadar mampir ke website Anda. Jangkauan audiens yang tepat ini dapat melancarkan tujuan situs Anda, misalnya untuk branding, sumber informasi, bertransaksi dan lain sebagainya.

Supaya bisa mendapatkan jumlah pengunjung website yang tinggi dan tepat sasaran, Anda perlu belajar SEO dan memahami cara kerja dari search engine. Dalam hal ini adalah Google yang memang menjadi search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Namun, perlu diingat bahwa SEO adalah proses yang harus terus menerus Anda lakukan untuk website. Tentunya dengan mengikuti berbagai aturan dari mesin pencari sehingga Anda harus memahami algoritme Google, cara optimasi SEO, indikator utama SEO dan lainnya. Anda bisa mempelajari semua itu melalui kursus SEO Jakarta.

Fungsi SEO Dana Bagaimana Cara Belajar SEO

Kenapa harus SEO? menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan terutama bagi para pemula. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sumber traffic utama website sebagian besar datang dari mesin pencari. Potensi traffic dari pencarian organik ini lebih besar dibanding memasang link website di profil media sosial, menggunakan swipe up Instagram dan sejenisnya.

Jika Anda belajar SEO dan dapat menerapkannya dengan baik, Anda bisa meningkatkan traffic pengunjung tanpa mengeluarkan biaya untuk promosi website. Selain itu, SEO juga memiliki beberapa fungsi atau manfaat untuk website terutama website bisnis. Berikut sejumlah fungsi dari SEO.

  • Menjangkau audiens yang lebih luas

Menerapkan SEO dapat memudahkan audiens untuk menemukan website Anda karena website yang berada di halaman pertama Google. Potensi traffic yang lebih tinggi ini membuat jangkauan audiens bisa lebih luas. Anda hanya perlu membuat artikel dengan menerapkan keyword yang informatif.

  • Menjaring target audiens yang tepat

Selain meningkatkan jumlah traffic website, SEO juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas traffic website tersebut. Pengunjung website yang benar-benar sesuai target audiens yang website Anda butuhkan. Hal ini karena SEO dapat membidik kata kunci atau keyword sesuai dengan pencarian yang audiens masukan pada search engine.

Ditambah lagi dengan algoritme Google yang memberikan pengalaman pencarian yang unik. Algoritma ini akan menentukan rekomendasi website yang muncul pada halaman pencarian sesuai karakteristik user, seperti lokasi, riwayat penelusuran, dan lain sebagainya. Aturan mengenai algoritma Google tersebut dapat Anda pelajari di kursus SEO Medan agar dapat mengoptimasi website dan konten-konten website Anda lebih berpeluang ditampilkan ke target audiens.

  • Meningkatkan brand awareness

Mesin pencari khususnya Google menjadi tempat yang strategis untuk Anda memperkenalkan suatu produk atau brand. Pasalnya, banyak orang akan mencari produk yang mereka ingin melalui informasi di Google. Bagi Anda yang ingin membangun brand awareness, belajar SEO adalah pilihan yang bagus.

Anda bisa membuat website tampil di halaman pertama Google sehingga lebih banyak orang yang mengenal brand perusahaan Anda. Semakin sering website Anda nangkring di halaman pertama Google untuk keyword yang relevan, semakin besar pula brand awareness yang perusahaan atau bisnis Anda dapatkan.

  • Promosi 24 jam penuh

SEO juga dapat Anda manfaatkan untuk promosi 24 jam dengan biaya yang cukup terjangkau dibanding menggunakan Google Ads. Biaya yang Anda keluarkan tidak begitu besar jika mengikuti kursus SEO murah untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menerapkan SEO website.

Dengan SEO, website Anda akan direkomendasikan mesin pencari sesuai keyword yang relevan selama 24 jam nonstop. Artinya, selama website Anda tidak hilang, SEO dapat mengiklankan brand Anda melalui website.

  • Membangun Top-of-Mind Brand

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda ketika berbicara tentang mi instan? Indomie? Brand mi instan ada banyak sekali di Indonesia tetapi sebagian besar orang akan menyebut Indomie. Inilah yang disebut sebagai top-of-mind brand.

Ternyata belajar SEO bermanfaat jika Anda ingin membangun top-of-mind brand. Kembali lagi ke fungsi utamanya SEO yaitu untuk menyeret website Anda ke ranking teratas Google yang dapat membuat audiens lebih sering melihat brand perusahaan Anda melalui website tersebut.

Ketika website sudah sering menguasai halaman pertama Google, brand perusahaan Anda bisa lebih kuat dan audiens mudah untuk mengingat dengan website Anda. Website yang berada di peringkat teratas biasanya memiliki informasi yang lebih lengkap sehingga audiens akan malas untuk membuka website yang ada di bawahnya. Hal ini dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk membentuk top-of-mind brand.

  • Meningkatkan penjualan dan konversi

Banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang setuju bahwa SEO bisa menghasilkan lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan teknik marketing lainnya. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan konversi, Anda bisa mengikuti kursus SEO terbaik sehingga dapat mengoptimasi website terus menerus.

Dengan SEO ini Anda mampu menjangkau target audiens yang lebih luas dibanding marketing pada media sosial yang hanya menyasar aplikasi tertentu. Terlebih lagi jika konten Anda muncul berulang kali untuk berbagai keyword yang dimasukkan oleh user atau audiens.

  • Investasi jangka panjang

Belajar SEO adalah investasi jangka panjang bagi para pemilik blog atau website. Ketika Anda bisa membangun traffic secara alami, maka posisi website Anda di mesin pencari bisa bertahan untuk kurun waktu yang lama. Lain halnya dengan PPC (Pay per Click) yang traffic-nya bisa kembali 0 saat Anda berhenti membayar.

Selain itu, SEO Google juga dapat meningkatkan peluang bisnis karena hasil pencarian yang relevan dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli. Pengunjung website Anda bisa berubah dari calon pembeli potensial menjadi pembeli yang melakukan transaksi. Oleh sebab itu, optimasi SEO website sangat direkomendasikan sebagai investasi jangka panjang.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat tiga jenis SEO yaitu off page, on page, dan technical yang memiliki fokus berbeda-beda. Berikut ini penjelasan jenis-jenis SEO selengkapnya.

  1. SEO On Page

SEO On Page

SEO On Page adalah optimasi konten website agar lebih mudah ditemukan oleh audiens yang ditargetkan. Semakin relevan isi konten dengan target keyword, akan lebih informatif untuk audiens dan Google pun akan menaikkan ranking website Anda.

Bagi Anda yang masih belajar SEO pemula, jenis SEO ini wajib dikuasai. Beberapa aspek yang dimaksimalkan dengan SEO on page antara lain:

  • Judul konten
  • Gambar konten
  • Kualitas konten
  • Sebaran keyword
  • Permalink
  • Internal link
  • Elemen SEO seperti tag, meta description, dan lain-lain
  1. SEO Off Page

SEO Off Page

Apabila optimasi SEO on page dirasa masih kurang dalam memberikan traffic website, Anda bisa belajar SEO off page. Tujuannya adalah membantu search engine memahami relevansi konten website bagi user. Ada beberapa aspek yang bisa ditingkatkan, yaitu:

  • Promosi konten di channel marketing lain
  • Peningkatan DA atau Domain Authority
  • Peningkatan PA atau Page Authority
  • Link building terutama backlink
  • Guest blog
  1. Technical SEO

Berikutnya adalah technical SEO untuk mengoptimasi website agar diterima Google. Jenis SEO ini termasuk optimasi untuk bagian dalam website. Dengan belajar SEO WordPress, Anda akan bisa mengoptimasi website terkait aspek-aspek teknikal berikut.

  • Layout website
  • Kecepatan website
  • Tema SEO friendly
  • XML Sitemap
  • Struktur website
  • Navigasi
  • Keamanan situs (SSL)

Baca Juga : Google Ads: Pengertian dan Panduan Menggunakannya

Penerapan SEO yang Efektif untuk Menaikkan Pengunjung Website

Menggunakan SEO website untuk meningkatkan traffic menjadi cara paling mudah untuk dilakukan. Penerapan SEO untuk website bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah berikut.

  1. Menggunakan domain yang jelas dan mudah

Buat domain yang jelas dan ejaannya sederhana agar audiens mudah untuk mengetikkan alamat domain Anda tanpa typo.

  1. Desain dan struktur website

Bagi Anda yang belajar SEO pastinya akan banyak mengoptimasi desain dan struktur website. Misalnya untuk susunan isi, layout konten, navigasi, link, dan lain sebagainya. Struktur website Anda sebaiknya SEO friendly, artinya mudah diakses, responsif, cepat diakses, struktur rapi, konten berkualitas, CTA jelas, link mudah dikenali, dan lain sebagainya.

  1. Membuat konten yang berbobot

Kualitas konten tetap memiliki pengaruh terhadap traffic website. Silahkan Anda buat konten yang berbobot yang informatif dan banyak dicari oleh pengguna. Konten yang baik pada umumnya menerapkan prinsip 5W + 1H dengan tag H1, H2, dan H3 yang tepat.

  1. Menambahkan backlink

Semakin banyak website Anda memperoleh backlink, Google akan menilai website tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi. Pastikan backlink yang website Anda dapatkan berasa dari website lain yang berkualitas.

  1. Menambahkan meta tags

Jika Anda mengikuti pelatihan SEO, Anda dapat lebih memahami penerapan SEO website termasuk penggunaan meta tags. Menambahkan meta title dan meta deskripsi dapat membantu Google untuk mengenali website Anda.

  1. Penggunaan SSL

Perlu Anda ingat bahwa mesin pencari khususnya Google lebih memprioritaskan website SSL. Website yang menggunakan SSL adalah lebih aman untuk data pengguna karena proses transfer data yang sudah menggunakan enkripsi.

  1. Pemilihan kata kunci yang tepat

Tentukan kata kunci yang tepat yang paling banyak dicari oleh pengguna. Anda bisa riset kata kunci melalui Google Suggest, Google Trends, maupun melalui tool berbayar.

  1. Mengoptimalkan kecepatan website

Kecepatan loading website menjadi salah satu indikator SEO yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda ingin website masuk ke halaman pertama Google, maksimalkan kecepatan loading website Anda, baik untuk tampilan mobile maupun desktop.

Itulah beberapa informasi seputar SEO atau Search Engine Optimization. Memang ada banyak hal yang Anda pelajari ketika belajar SEO website. Intinya, SEO digunakan untuk memastikan website terindeks oleh mesin pencari dan bisa ditampilkan di halaman pertama Google.

Mau Kursus SEO Bersertifikat ?

Ini adalah solusi yang tepat buat kamu yang sedang mencari kursus seo terlengkap. Dimana Course-Net merupakan jawabannya, karena kursus digital marketing di Course-Net, Sudah mencakup skill SEO yang di ajarkan. Berminat ? Silahkan daftarkan diri anda dengan mengisi form dibawah ini :

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda, kunjungi terus blog Course-Net untuk informasi seputar SEO yang lebih menarik.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !