Contoh Keyword Tool Untuk Mempermudah Marketing Bisnis

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Contoh Keyword Tool Untuk Mempermudah Marketing Bisnis – Perkembangan bisnis saat ini sudah mengharuskan proses marketing memanfaatkan dunia digital, salah satunya menggunakan keyword tool. Perangkat keyword ini digunakan untuk merancang kata-kata yang tepat untuk memasarkan suatu brand atau produk tertentu.

Penggunaan keyword sangat penting untuk menunjang Teknik SEO agar sesuai dengan algoritma pencarian informasi dari pengguna.

Pengertian Keyword tool

Jadi tool ini adalah alat yang digunakan untuk mencari keyword atau kata kunci tertentu. Keyword yang dimaksud di sini adalah kata-kata yang nantinya akan dimasukkan ke dalam sebuah konten artikel.

Katakanlah Anda mengetikkan keyword tertentu untuk mencari informasi mengenai tempat travelling terbaik di Indonesia. Tentu saja Google akan merekomendasikan berjuta-juta data hasil pencarian yang dimaksud.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Data tersebut bisa berasal dari website, media social, gambar dan lain-lain. Nah pengguna tentu saja tidak ingin repot menelusuri hasil pencarian paling tepat hingga ke halaman akhir rekomendasi Google. Pengguna cenderung memilih dari rekomendasi teratas saja.

Fungsi keyword tool adalah untuk membantu website Anda masuk ke page rank teratas dari Google. Ketika website Anda sudah terisi konten artikel yang mengandung keyword tertentu maka secara otomatis Google akan memunculkannya pada halaman teratas.

Tetapi menentukan keyword yang akan digunakan dalam konten artikel memang bukan hal mudah. Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum memutuskan akan menggunakannya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam suatu artikel harus memuat keyword yang cukup untuk bisa muncul dalam halaman pencarian Google. Terlebih jika perusahaan Anda hendak memasarkan suatu brand tertentu, sangat penting untuk memasukkannya sebagai strategi untuk menarik pengguna Google.

Baca juga : Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

Contoh Keyword Tool Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan penggunaan keyword adalah memanfaatkan tools untuk memudahkan pencarian kata kunci. Melalui perangkat ini, maka Anda akan mendapatkan rekomendasi keyword yang sesuai dengan target audiens. Berikut ini adalah contoh keyword tool yang bisa anda gunakan.

Google Search Console

Google Search Console

Tools ini adalah salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword atau meningkatkan SEO dari konten artikel atau website.

Google Search Console memungkinkan Anda untuk melihat jumlah penayangan website pada keyword yang dicari, peringkat website pada suatu keyword, persentase penayangan, jumlah klik website untuk suatu keyword.

Data yang disajikan oleh tools ini adalah data yang berasal dari pengguna Google. Tetapi tidak termasuk data yang berkaitan dengan kapasitas pencarian dan tingkat kesulitan keyword.

Namun informasi yang Anda dapatkan mengenai keyword tertentu sudah cukup akurat. Sebab data tersebut didasarkan pada perilaku audiens dalam mencari informasi tertentu di Google.

Google Trends

Google Trends adalah Google keyword tool yang memungkinkan pengguna memantau topik pencarian tertentu serta pola naik turunnya popularitas dari keyword tersebut.

Penggunaan tools ini diantaranya untuk mengetahui keyword yang trending di mesin pencarian Google, volume pencarian dari keyword tertentu, topik yang berkaitan dengan keyword dan area keyword yang paling sering dicari.

Anda juga bisa memanfaatkan Google Trends untuk mendapatkan keyword yang sifatnya musiman. Maksudnya tidak hanya menjadi tren saat itu saja, sehingga cocok digunakan pada artikel yang sifatnya marketing.

Keywordtool.io

Keyword tool io adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan riset keyword menyesuaikan dengan topik yang sedang banyak dicari pengguna Google.

Menariknya, tools ini tidak hanya bisa digunakan untuk mesin pencarian Google saja, tetapi juga sebagai keyword tool YouTube, Twitter, Instagram dan Bing.

Sayangnya, jika Anda ingin mencari volume pencarian, trending dan tingkat kompetisi dari keyword, tools ini mengharuskan Anda mempunyai akun berbayar.

Cara kerja tools ini adalah menggunakan data yang berasal dari Google Search sehingga sudah dipastikan variasi keyword yang didapatkan akurat. Selain variasi, Anda juga bisa mendapatkan versi pertanyaan dari keyword yang akan Anda gunakan.

Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator

Keyword tool yang satu ini merupakan tools gratis yang memungkinkan Anda menemukan kata kunci lebih lengkap daripada tools lain.

Anda juga bisa mendapatkan informasi diantaranya tingkat kompetisi, volume pencarian, daftar pertanyaan dan tanggal update dari hasil pencarian.

Keyword research tool ini sangat berguna bagi Anda yang mencari long tail keyword serta mendapatkan keyword yang memiliki tingkat kompetisi rendah. Anda bisa menemukan ratusan keyword untuk tiap ide yang Anda miliki.

Google Keyword Planner

Tool keyword planner ini adalah bagian Google Ads yang berfungsi untuk berfungsi sebagai tool for keyword research sebelum Anda menyebarkan iklan pada Google. Sehingga penggunaannya akan lebih maksimal jika Anda ingin memasang iklan pada Google.

Fungsi dari keyword tool ini adalah untuk mengetahui volume pencarian keyword, tingkat kompetisi yang ada dari iklan Google dan biaya untuk meluncurkan iklan menggunakan keyword tersebut.

Anda bisa memilih dua opsi untuk melakukan riset keyword, diantaranya discover new keywords atau get search volume & forecast. Yaitu untuk pencarian keyword baru atau mencari volume pencarian serta prediksinya.

Perlu dicatat bahwa tools ini hanya akan efektif jika Anda berniat memasang iklan Google. Sehingga jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan SEO maka dirasa kurang efektif, Anda bisa menggunakan tools lain.

Meskipun demikian, volume pencarian dari Google Keyword Planner adalah jumlah pencarian secara organik. Dengan kata lain, data yang digunakan sebagai acuan untuk memilih keyword yang digunakan untuk konten Anda.

SEMrush Keyword Magic Tool

SEMrush Keyword Magic Tool

Tools ini adalah salah satu tools yang bisa digunakan untuk mencari keyword SEO. Sebelum menggunakan tools ini, Anda diharuskan untuk melakukan registrasi akun SEMrush.

Menggunakan tools ini, Anda bisa mengetahui jumlah data penting yang berkaitan dengan keyword yang akan Anda gunakan.

Beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan dari tools ini diantaranya volume pencarian keyword bulanan, tingkat kompetisi dari keyword dan tingkat kepadatan dari kompetisi iklan.

Tools ini mempunyai fitur filter hasil yang berguna untuk menyaring berbagai rekomendasi keyword yang didasarkan pada metrik tertentu.

Anda bisa melihat hasil pencarian pada laman Google kemudian klik variasi keyword dari masing-masing konten tersebut. Fitur ini dapat menunjukkan Analisa yang lebih mendalam dari keyword.

SEMrush keyword magic tool bisa Anda gunakan secara gratis. Menariknya, data yang Anda dapatkan sangat mendalam dan lengkap. Mulai dari volume pencarian hingga tren pencarian. Anda bisa memanfaatkan tools ini untuk membantu meningkatkan performa dari konten Anda.

MOZ Keyword Planner

Keyword tool ini sangat berguna untuk riset keyword dengan tampilan yang sederhana dan menarik sehingga mudah dimengerti oleh pemula.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar volume pencarian bulanan, tingkat klik dari konten organik, tingkat kesukaran kompetisi secara organik dan skor prioritas dari tiap keyword pencarian.

Hal menarik dari tools ini yaitu adanya Metrik CTR yang tidak bisa Anda jumpai di tools lain. Angka CTR tersebut menunjukkan jumlah pencari menggunakan keyword tersebut.

Priority skor ini adalah metrik yang digunakan untuk mengukur peluang, kesukaran dan volume pencarian. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan keyword yang memiliki potensi besar.

Fitur menarik yang ditawarkan oleh mereka menggunakan limit cukup besar yaitu mencapai 10 kali pencarian. Sayangnya, database dari tools ini masih terbatas di Indonesia.

Google Search

Siapa bilang Google Search bukan termasuk keyword tool yang memiliki manfaat banyak. Meskipun sering dianggap remeh, nyatanya Google Search bisa memberikan rekomendasi berbagai ide keyword yang bisa Anda gunakan.

Katakanlah Anda sedang mencari suatu alternatif untuk keyword cara mengatasi hp rusak. Anda dapat mengetikan kata keyword tersebut pada bar Google kemudian Google akan memberi berbagai keyword turunan yang bisa digunakan.

Keyword turunan tersebut didasarkan pada tingkat popularitas pencarian pengguna. Sehingga berbagai opsi yang ditawarkan Google adalah keyword yang memang sedang banyak dicari oleh pengguna Google.

Anda juga bisa mendapatkan ide baru yang berasal dari rekomendasi tersebut. Rekomendasi ini biasanya berupa pertanyaan serupa yang berkaitan dengan keyword yang Anda cari.

UberSuggest

UberSuggest

Tools ini adalah pendatang baru tetapi memiliki berbagai fitur yang tidak kalah menarik daripada tools kompetitornya. Tools yang dimiliki oleh Neil Patel ini memiliki fitur untuk melakukan riset keyword sekaligus mendapatkan ide baru.

Berbagai informasi yang bisa Anda dapatkan dari tools ini adalah volume pencarian, cost per click untuk iklan, tingkat popularitas keyword, tingkat kompetisi organik, tingkat kompetisi berbayar dan rekomendasi berbagai judul konten.

Anda bisa menggunakan keyword tool ini sebanyak tiga kali per hari. Tetapi karena tools ini bisa digunakan cuma-cuma sehingga tetap ada batasan penggunaan.

Anda bisa menemukan volume pencarian keyword yang Anda telusuri lengkap dengan estimasi cost per click dan tingkat kesulitan keyword tersebut.

Keyword Sheeter

Tools ini adalah tools yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ribuan ide dari keyword turunan yang sedang Anda telusuri. Jika Anda ingin mengumpulkan berbagai ide keyword secara cepat maka tools ini adalah pilihan tepat.

Tools ini bisa memberikan 1000 keyword hanya dalam jangka waktu satu menit. Anda bisa download seluruh rekomendasi keyword tersebut gratis hanya dengan satu kali klik saja.

Anda juga bisa menyaring keyword tersebut baik mengeluarkan atau memasukkan rekomendasi yang mengandung suatu kata yang tidak diinginkan.

Sayangnya, tools ini tidak bisa memberikan data mengenai volume pencarian atau pengelompokan keyword seperti tools lain. Jika Anda ingin data yang mencakup tingkat kompetisi, volume pencarian dan lain-lain maka Anda harus membelinya.

Wordtracker

Tools yang dikembangkan oleh Andy Mindel dan Mike Mindel pada akhir 90an ini bisa Anda gunakan secara gratis. Tools ini bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan keyword yang dibutuhkan hanya dengan cara memasukkan keyword pendek.

Selanjutnya, Wordtracker ini akan memberikan berbagai rekomendasi keyword turunan sekaligus tingkat popularitas dari keyword tersebut dalam jangka setahun terakhir.

Jadi, keyword tool adalah perangkat atau alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Baik nantinya digunakan untuk membuat konten artikel ataupun AdSense. Tanpa adanya tools ini maka potensi konten atau iklan yang Anda buat akan sia-sia karena tidak masuk ke dalam indexing Google. Sehingga Anda akan kesulitan untuk menjangkau target audiens secara lebih luas. Demikianlah contoh keyword tool yang anda bisa gunakan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Mau Mahir penggunaan Keyword Tools ?

Kini kamu bisa mendalami skill keyword tools yang tersedia di Course-Net. Dengan mengikuti kelas digital marketing kini kamu bisa mengikuti kursus ini. Segera daftarkan diri anda dan aman Seat anda di kursus seo dan digital marketing.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

PROMO RAMADHAN
DISKON IDR 2.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 31 Maret 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo ramadhan

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !