course-net
Search
Close this search box.

Copywriting Adalah : Pengertian, Jenis dan Contoh

Minet

February 14, 2023

belajar copywriting

Copywriting Adalah : Pengertian, Jenis dan Contoh Copywriting – Ketika membangun bisnis ada banyak hal yang perlu dipelajari. Salah satunya dengan menguasai copywriting. Meski hanya sebuah tulisan, namun akan memberikan dampak besar terhadap promosi suatu bisnis.

Dengan tulisan yang menarik calon konsumen akan tergiur untuk membeli produk yang dijual. Tidak hanya menarik, isi tulisan juga harus mudah dipahami dan bersifat ajakan. Sehingga penjualan dapat meningkat.

Apa Itu Copywriting? Copywiritng Adalah

belajar copywriting

Jadi istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu aktivitas dengan tujuan untuk kepentingan iklan. Tulisan dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau calon pelanggan agar melakukan suatu hal. Misal bergabung dalam keanggotaan atau komunitas secara gratis, mencoba aplikasi baru, dan lain-lain.

Dengan kata lain tulisan digunakan untuk kebutuhan billboard, advertorial, sales letter, dan aktivitas pemasaran lain. Sehingga aktivitas ini bisa dikategorikan sebagai bagian dari digital marketing. Oleh karena itu menguasai skill menulis copy sangat penting karena dapat diterapkan dalam berbagai sektor pekerjaan.

Mengapa Perlu Belajar Copywriting?

Perlu diketahui bahwa skill kepenulisan ini sangat penting untuk dikuasai saat berbisnis. Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat mempelajarinya, antara lain.

  • Traffic website naik dengan cepat
  • Penjualan produk dapat meningkat drastis
  • Artikel blog ramai dibaca dan dibagikan
  • Banyak pendaftar email list
  • Ebook ramai pengunduh
  • Postingan social media mendapatkan banyak komen dan like
  • Usaha affiliate marketing banyak peminat

Jika terus belajar skill atau kemampuan ini, Anda bisa saja selalu mendapatkan berbagai keuntungan tersebut. Sehingga bisnis Anda akan semakin berkembang. Pendapatan Anda pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Jenis-Jenis Copywriting Adalah

Jenis-Jenis Copywriting Adalah

Agar semakin paham mengenai aktivitas menulis satu ini, Anda bisa belajar tentang jenis-jenisnya. Tiap jenis memiliki fokus tindakan yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut.

1. Marketing

Jenis ini memiliki fokus pada penawaran produk dengan pemberian solusi pada konsumen. Selain itu penulisannya akan menjelaskan mengenai manfaat produk. Dengan kata lain, untuk menarik serta meyakinkan konsumen supaya membeli produk di tempat Anda.

2. Direct Response

Fungsi dari jenis penulisan satu ini adalah untuk mendapatkan respon langsung dari pelanggan. Misal, tulisan berisi kalimat ajakan kepada pembaca untuk memilih opsi CTA, sharing konten, berlangganan ebook, dan lainnya. Anda dapat menemukan penulisan ini pada homepage, iklan search engine marketing, landing page, dan lainnya.

3. SEO

Search engine optimization bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. SEO copywriting memiliki kaidah penulisan yang harus diikuti. Anda dapat menemukannya pada homepage Google dari jawaban pertanyaan dari keyword yang ditulis. Selain itu penulisannya juga digunakan untuk landing page, kategori produk dan deskripsi produk.

4. Technical

Untuk jenis satu ini menjelaskan mengenai kinerja suatu produk serta pelayananya. Hasil penulisannya dapat ditemukan pada produk teknologi, kecantikan, maupun kesehatan. Isi dari tulisan yang dibuat sangat detail dengan teknis mendalam.

5. Brand

Brand copywriting adalah suatu teknik penulisan yang digunakan untuk menjelaskan identitas brand dan juga penyampaian citra. Umumnya bentuknya seperti tagline brand dan slogan. Untuk pemasangan brand kerap kali ditemukan pada bagian “tentang kami” di logo dan halaman.

Contoh Copywriting Adalah

Agar pengetahuan Anda tentang pembuatan artikel dan kepenulisan semakin mendalam. Anda perlu menguasai contoh pembuatan tulisan yang menjual pada berbagai jenis produk. Misal, produk kecantikan, kesehatan, teknologi, dan lain-lain sebagai berikut.

1. Food and Beverages

Contoh pertama yang dapat Anda pelajari yakni pada produk food and beverages. Tentu saja seseorang yang memiliki bisnis pada bidang ini akan menggunakan tulisan yang dapat menjual produk-produknya. Sehingga strategi penjualan dapat berjalan sesuai rencana dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Misalnya sebagai contoh, salah satu brand yang menggunakan copywriting yaitu McDonald’s. Dari waktu ke waktu perusahaan food and beverages ini memperbaiki promosi produknya menggunakan tulisan yang makin menarik konsumennya. Sehingga kualitas branding McDonald’s akan terus naik.

Landing page pada website resminya pun diatur dengan baik. Yakni dengan penyesuaian brand image yang ingin didapatkan McDonald’s Indonesia. Meski dengan bermodalkan kalimat pendek dan tulisan simple seperti I’m Lovin It dan “lihat semua promo” sudah membuat banyak pengguna mengklik tombolnya.

2. Fashion

Untuk contoh selanjutnya yakni pada bidang fashion. Sudah banyak yang mengetahui bahwa bisnis fashion mempunyai ekspansi sangat luas sekarang ini. Selain karena jenis produknya yang tidak mudah habis, branding produknya juga sangat mudah.

Untuk itu para penggiat digital marketing pada bidang fashion dapat dengan mudah mengemukakan seluruh kreativitasnya. Misalnya dengan membuat desain baju dan visual cantik serta menarik. Contoh brand fashion yang menggunakan teknik penulisan produk yakni Zalora.

Slogan yang digunakan yakni Asia’s leading online fashion destination. Dengan image brand yang mewah dan modern telah membuat Zalora memiliki branding yang baik pada bisnis fashion di Indonesia. Kemudahan belanja onlinenya juga memberikan kesan yang memuaskan para konsumen.

3. Software

Anda dapat menggunakan contoh penulisan copywriting brand software untuk belajar menulis. Biasanya ada website khusus yang digunakan untuk penawaran desain produk dengan berbagai macam pilihan. Tidak perlu menggunakan banyak tulisan, yang paling penting adalah mampu menarik perhatian para konsumen.

Meskipun brandnya berbeda-beda, pada dasarnya pembuatan tulisan untuk meningkatkan branding suatu produk kurang lebih sama. Sehingga semakin banyak belajar cara menulis membuat Anda semakin mahir dalam mengolah kata meskipun berbeda-beda produk atau jenis brandnya.

Selain itu pada penulisan produk, Anda harus mampu menggambarkan dengan detail secara singkat. Oleh karena itu Anda wajib memahami produk dengan sungguh-sungguh. Sehingga tulisan dapat dipahami dengan mudah dan langsung ke intinya.

Tips Membuat Copywriting

Berikut beberapa tips yang dapat Anda praktikan sebelum membuat tulisan yang menjual.

  • Pahami Produk Dengan Baik

Membuat copywriting artinya menulis dengan memahami produk yang akan Anda pasarkan. Sehingga menulisnya tidak asal dan hanya menonjolkan keunggulan dari produk tersebut. Untuk itu kenali produknya dengan baik sebelum mulai menulis.

  • Membuat Headline yang menarik

Tips selanjutnya yakni dengan membuat headline yang dapat menarik konsumen. Karena ketika headline menarik, mereka akan segera mencari tahu isi dari tulisan Anda. Dengan begitu upayakan semaksimal mungkin agar headline yang dibuat mampu membuat seseorang yang membacanya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan konten Anda.

  • Pahami Kebutuhan User dan Audiens

Konten dapat dikatakan menarik saat mampu menjawab ketidaktahuan audiens. Maka dari itu, pelajari baik-baik konten yang akan Anda buat sehingga tidak menimbulkan kebingungan baru. Usahakan gaya penulisan Anda mampu dipahami oleh audiens.

Belajar Copywriting

Agar kemampuan menulis Anda semakin meningkat, solusi terbaik yakni dengan belajar pada tempat kursus atau melalui tenaga pengajar yang sudah profesional. Pilih tempat kursus terbaik salah satunya di Course-Net dengan materi copywriting lengkap dan terpercaya untuk membantu keahlian Anda menjadi lebih baik.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!