course-net
Search
Close this search box.

Spam Adalah : Pengertian , Resiko & Cara Mengatasinya

Minet

March 12, 2024

Spam Adalah : Pengertian , Resiko & Cara Mengatasinya

Spam Adalah : Pengertian , Resiko & Cara Mengatasinya – MauBagi yang senang berselancar di dunia maya, atau sudah sering kali berurusan dengan email, mungkin sudah sering mendengar atau menjumpai kata spam. Apa itu spam? Dan mengapa kata tersebut menjadi salah satu kata yang cukup trend terutama di kalangan masyarakat digital ? Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu spam pengertian, contoh dan artinya.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang all about technology, maka tentu Anda sudah datang di tempat yang tepat. Tidak hanya teknologi, tapi digital lifestyle, programming course, dan masih banyak lagi, semua bisa Anda dapatkan di sini. Motto kami adalah memberikan informasi yang gratis, namun juga terpercaya, dan tidak terbatas oleh apa pun juga di internet.

Pengertian dari Spam dan Apa itu artinya?

Spam Adalah : Pengertian , Resiko & Cara Mengatasinya
Sumber: Freepik

Arti dari kata Spam itu sendiri adalah sebuah singkatan yakni, Sending and Posting Advertisement en Masse, yang artinya mengirimkan, dan memosting iklan secara massal. Pada mulanya, Spam itu sendiri adalah sebuah alat yang digunakan oleh produsen, distributor, atau seorang penjual untuk memasarkan produknya secara masal, dan otomatis melalui email elektronik.

Selain itu pula, digunakan juga sebagai pesan promosi yang dikirimkan secara digital dan massal. Namun, lambat laun arti dari kata Span itu sendiri menjadi berubah, yakni email sampah, atau berupa email yang tak penting yang didapatkan oleh pihak acak atau random. Hal ini lah yang menjadikan banyak orang salah mengira arti dari kata spam itu sendiri.

Banyak orang yang menganggap bahwa arti spam itu artinya adalah sebuah pesan sampah, atau seseorang yang mengirimkan pesan dengan sembarangan, atau dengan membombardir kontak masuk seseorang dengan pesan, atau menyepam. Hal ini tidak bisa dibedakan juga dari arti kata itu sendiri, sehingga memang tidak jauh berbeda.

Bahayanya Pesan Spam

Ada banyak bahaya yang timbul dari pesan ini, selain pesan ini amat sangat mengganggu, dan memakan banyak memori, dikarenakan jumlahnya yang terkadang sangat banyak, tetapi pesan ini juga terkadang bisa memiliki konten yang berbahaya mulai dari malware dan virus, hingga program yang tidak diinginkan, karena itu tidak direkomendasikan untuk membuka pesan jenis ini.

Sekarang, pesan spam yang pada mulanya digunakan untuk berpromosi, sekarang telah berubah menjadi salah satu ladang penipuan online, atau virus, malware online, dan hal-hal berbahaya lainnya yang bisa didapatkan di internet. Karena itulah tidak direkomendasikan untuk membuka atau mempercayai pesan spam yang masuk, terkecuali jika Anda paham, atau tahu pengirimnya.

Bentuk-Bentuk Spam

Terdapat 6 jenis bentuk spam yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Berikut Penjelasannya di bawah ini:

1. Surat elektronik atau email

Spam surat elektronik atau spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Apa itu spam di surat elektronik mulai menjadi masalah saat internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an.

Dalam perkembangannya, spam surat elektronik saat ini dikirim melalui “jaringan zombie”, jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik rumah atau di kantor di seluruh dunia. Hal ini mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus di mana spam tidak berasal dari spammers.

Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

2. Pesan instan

Kamu mungkin sudah mengenal beberapa aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya. Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

3. Telepon genggam

Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks atau sms di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah “kejang” diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

4. Mesin pencari informasi web (web search engine spam)

Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan apa itu spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi.

Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencarian.

5. Usenet Newsgroup dan forum

Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.

Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis.

Kebanyakan spam di forum terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif seperti penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.

6. Game online

Banyak permainan online yang memungkinkan pemain untuk menghubungi satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web.

Hal ini sangat umum ditemui adalah perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan.

Trik untuk Menghindari Pesan Spam dan Spam Virtex Adalah

Trik untuk Menghindari Pesan Spam dan Spam Virtex Adalah

Jika Anda menggunakan email, atau pesan chat, dan pesan singkat atau virtex, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dari pesan random serta spam dan juga yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini kami berikan beberapa trik untuk menghindari mendapatkan pesan spam yang tidak diinginkan atau yang berbahaya.

1. Kelola pesan masuk Anda dengan bijak

Dalam kontak masuk email, terdapat beberapa kolom spam, serta kolom pesan masuk. Dalam kolom spam itu sendiri, Anda bisa melihat berbagai jenis pesan yang masuk yang ditandai sebagai sebuah pesan spam atau pesan yang kurang penting, dan didapatkan dari sebuah produsen, atau seseorang yang menggunakan pesan masif tersebut.

Anda harus kelola dengan baik pesan masuk, dan pesan keluar Anda, serta juga kelola untuk pesan yang sudah tersimpan dengan penuh. Mengelola pesan Anda menjadi salah satu hal dan juga kewajiban untuk melindungi akun email Anda, terutama jika Anda sering menggunakan fitur email, serta menggunakan email yang penting.

2. Jangan mengunjungi website-website yang tidak terpercaya

Banyak website yang tidak dipercaya menggunakan fitur-fitur auto text dan auto massage, atau sebuah website yang mengandung banyak malware atau virus yang bisa membahayakan komputer dan browser Anda. Selain itu, mengunjungi website yang tidak dipercaya juga berisiko untuk akun dan privasi Anda menjadi bocor.

3. Berbelanja online dengan bijak

Berbelanja online lah dengan bijak, karena itulah Anda tidak bisa sembarangan untuk memilih toko dan lapak online yang terpercaya saja.

4. Jangan sembarangan klik link yang ada di internet

Di internet anda akan menemukan banyak sekali spam, seperti click bait atau berbagai iklan online yang mencurigakan. Hal ini sangatlah berbahaya jika sembarangan klik, selain menjadi iklan. Bisa jadi pesan tersebut mengandung malware atau virus yang berbahaya.

Pesan spam adalah pesan yang dibuat oleh seseorang secara masif, dan didistribusikan. Pesan ini yang sering kali ditujukan untuk promosi, bahkan terkadang bisa berbahaya karena mengandung hal-hal merugikan seperti virus dan malware.

Untuk mengatasi serangan spam, Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari mengelola pesan masuk dengan baik, dan menggunakan anti virus. Keamanan dari akun dan PC Anda harus menjadi yang utama, agar Anda bisa berselancar ria.

Mau Terhindar Dari Spam ? Yuk Ikuti Belajar Cyber Security Di Course-Net

Kini tersedia kelas kursus cyber security yang bisa anda ikuti. Promo terbatas untuk anda yang mau mengikuti kursus ini, Daftarkan diri anda sekarang juga.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print