course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Cara Menjadi Cyber Security Pemula, Inilah Skill yang Dibutuhkan

Monday, 18 September 2023 11:55 AM

cara menjadi cyber security

Seiring berkembangnya waktu kini teknologi berkembang sangat pesat, perkembangan inilah yang memicu banyaknya profesi baru di bidang IT. Tahukah Anda apa itu cyber security, permintaan tenaga ahli yang satu ini setiap tahunnya selalu meningkat, Anda tentu penasaran bagaimana cara menjadi cyber security kan? Profesi ini banyak dicari seiring dengan bayaknya ancaman yang mengintai khususnya di dunia digital. 

Intip Cara Belajar Menjadi Cyber Security 

– Belajar bahasa pemrograman

Berkembang pesatnya teknologi juga banyak memicu berbagai kejahatan cyber yang mengancam data pribadi masyarakat. Meski kejahatannya tidak terlihat karena berada di dunia maya namun kejahatan ini sangat merugikan dan bahkan bisa mengancam mental Anda.

Oleh karena itu hal-hal seperti inilah yang harus sangat dihindari, berbagai perusahaan yang menampung data informasi Anda untuk kebutuhan sangat memerlukan cyber security ini untuk bisa mengamankan data perusahaan serta para penggunanya.

Bagi Anda yang tertarik menjadi cyber security, cara menjadi cyber security ini wajib Anda pahami karena sebenarnya cara belajar ini bisa dilakukan secara otodidak loh namun untuk bisa menjadi seorang profesional Anda wajib untuk mengikuti berbagai pelatihan di bidang IT untuk semakin mengasah skill Anda baik itu hardskill maupun softskill.

Tempat pelatihan terbaik dan terpercaya hanya ada di Course-Net, tempat pelatihan ini menghadirkan para coach kelas dunia yang siap untuk mengasah kemampuan Anda menjadi seorang profesional.

Cara pertama yang harus Anda pelajari menjadi cyber security adalah belajar bahasa pemrograman. Seperti yang diketahui bahasa pemrograman ini memiliki peran yang sangat penting bila Anda akan bekerja di bidang IT termasuk cyber security.

Baca Juga : 9 Tips Belajar Hacker Dasar

– Berlatih menganalisa dan mengantisipasi adanya risiko

Cara menjadi cyber security selanjutnya yaitu Anda juga harus berlatih dalam menganalisa ataupun mengantisipasi adanya risiko berbagai serangan cyber crime. Ya, jadi seorang ahli cyber security ini dituntun untuk bisa selalu mengantisipasi serangan dari kejahatan siber yang bisa datang kapan saja. 

Serangan yang dimaksud ini bisa mengacu pada proses maupun kebijakan perusahaan. Jadi supaya tidak ada pelanggaran terhadap data ataupun keamanan konsumen dari serangan siber, keberadaan cyber security ini sangat diperlukan.

Mitigasi risiko yang dilakukan di dunia maya ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tiga komponen yang terdiri dari threat remedy, threat prevention serta threat identification. 

Threat remedy merupakan sebuah strategi serta alat yang berfungsi dalam mengurangi dampak yang ditimbulkan dari ancaman keamanan yang berhasil menyusup pada sistem jaringan pertahanan perusahaan.

Lalu untuk threat prevention ini adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan dalam melindungi aplikasi ataupun data perusahaan dari serangan siber dan yang terakhir untuk threat identification ini adalah alat serta manajemen keamanan yang digunakan untuk mengidentifikasi ancaman dari serangan siber yang aktif. 

– Mendeteksi potensi serangan dari cyber crime

Selanjutnya untuk menjadi cyber security, Anda juga harus belajar mendeteksi potensi serangan cyber crime. Hal tersebut karena mendeteksi potensi serangan ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang cyber crime. 

– Memahami layanan cloud

Tidak hanya bahasa pemrograman saja namun memahami layanan cloud juga menjadi salah satu cara menjadi cyber security yang harus dipelajari. Alasannya tentu saja karena kini sudah banyak perusahaan yang menggunakan berbagai layanan dengan basis cloud.

Hal tersebut karena layanan cloud ini memiliki berbagai kelebihan dibanding layanan lainnya, salah satunya yaitu dapat diakses kapan pun, di mana pun dan siapa pun karyawan yang sudah memiliki permission.

Nah layanan dengan basis cloud ini cukup rentan terhadap risiko serangan siber karena kelebihan yang dimiliki tadi. Jadi karena mudah untuk diakses siapa saja sehingga memungkinkan terjadi peretasan data. Jadi supaya bisa mengamankan informasi dan data yang ada di cloud ini Anda harus bisa menguasai layanan cloud untuk menjadi cyber security. 

– Belajar menguasai enkripsi

Hal selanjutnya yang harus dipelajari oleh seorang cyber security yaitu Anda juga harus menguasai eksripsi. Tujuannya supaya dapat mengidentifikasi serta mencegah serangan yang muncul dari cyber crime. Hal tersebut karena enkripsi ini bisa digunakan sebagai pilihan terakhir dalam melindungi data-data yang penting.

Ya, keterampilan ini akan sangat dibutuhkan ketika sebuah perusahaan dihadapkan oleh skenario terburuk contohnya mengalami ancaman dari peretas yang berhasil mencuri data pribadi dan tim keamanan gagal untuk mendeteksinya secara langsung. Pada skenario inilah enkripsi akan dibutuhkan untuk melindungi data, jadi data yang nantinya terenkripsi ini tidak akan dapat diakses bila tidak menggunakan kunci enkripsi. 

Jadi untuk bisa membukanya seorang ahli cyber security perlu menguasai hal ini. Itulah hal-hal yang harus dipelajari jika ingin menjadi cyber security yang andal dan diterima di beberapa perusahaan ternama.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Cyber Security?

– Programming

Informasi selanjutnya yang akan dibahas di sini adalah skill apa saja yang perlu dikuasai oleh seorang cyber security. Jadi cara menjadi cyber security yaitu harus menguasai beberapa hardskill dan softskill yang dimiliki cyber security, yang pertama yaitu programming. 

Dalam melakukan programming inilah Anda harus mempelajari bahasa pemrograman yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahasa pemrograman mulai dari bahasa pemrograman C, C ++, java, perl, PHP atau shell akan sangat dibutuhkan seorang cyber security.

Tidak hanya bahasa pemrograman untuk programming saja namun Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang system arcitecture atau management of operating system dan lain sebagainya. 

– Menganalisis malware

Ancaman malware menajdi masalah paling serius yang dihadapi para ahli cyber security, untuk itu cara menjadi cyber security engineer yang harus dilakukan adalah memiliki salah satu skill ini. Hal tersebut karena menjadi cyber security ini Anda akan dituntut untuk proaktif ketika melakukan pendekatan keterampilan pada manajemen ancaman digital.

Alasan cyber security menjadi penting sekali karena keamanan perusahaan akan terjamin dan jika memang terkena ancaman maka pemulihan yang dilakukan akan berlangsung cepat. Jadi tidak heran jika banyak yang membutuhkan cyber security ini dan banyak orang sangat berminat dan berbondong-bondong untuk mempelajari cara menjadi cyber security.

Selain dua hal penting ini, biasanya perusahaan juga akan memberikan persyaratan bagi yang akan mendaftar menjadi cyber security. Syarat tersebut adalah para calon ahli cyber security harus memiliki beberapa sertifikasi yang dibutukan sebagai bukti pengetahuan profesional pada bidang tersebut.

Ya, jadi untuk menjadi seorang cyber security bukanlah sembarangan orang karena semua data perusahaan menggantungkan keamanannya pada cyber security.

Beberapa sertifikasi yang harus dimiliki di antaranya seperti OSCP, CISA (Certified Information Security Auditor) atau CEH (Certifies Ethical Hacker) dan masih banyak lagi. Sertifikasi ini juga bisa didapat jika Anda melakukan kursus cyber security di Course-Net dan menjadi salah satu cara menjadi cyber security yang harus diperhatikan.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!