course-net
Search
Close this search box.

Home >

Golang Adalah : Pengertian, Cara Install dan Kursus Golang

Saturday, 17 February 2024 10:23 AM

golang

Bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh developer adalah pemrograman golang. Kenapa si bahasa pemograman yang satu ini sangat banyak digunakan para developer. Dan bagaimana untuk bisa menginstal software tersebut? Buat anda yang masih asing dengan istilah ini, dan ingin mempelajari lebih lanjut. mari kita cari tau apa itu golang?

Golang Adalah : Pengertian, Cara Install dan Kursus Golang

Pengertian Go-lang

Pengertian Golang atau Go language adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan developer, fungsi golang ini biasanya adalah untuk bisa mengembangkan dan merancang sebuah aplikasi berbasis web dengan tingkat keamanan yang tinggi dan membantu mengembangkan jaringan kode server pada web sehingga mampu menyimpan data dengan penyimpanan yang besar berbasis teknologi.

Go dirancang dengan fokus pada kinerja tinggi. Bahasa ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya komputasi sehingga cocok untuk sistem yang memerlukan waktu respons cepat, seperti: Misalnya server web atau layanan mikro. Go memiliki dukungan konkurensi dan konkurensi bawaan. Fitur seperti rutinitas dan saluran memudahkan pengembang untuk menulis kode secara bersamaan dan paralel tanpa terlalu banyak kerumitan.

Go memiliki banyak kerangka web yang kuat seperti Gin, Echo, dan Beego. Kerangka kerja ini memudahkan pengembangan aplikasi web yang efisien dan andal. Go hadir dengan paket standar kaya yang mencakup fitur pengembangan perangkat lunak penting seperti operasi input/output, manipulasi string, manajemen HTTP, dll.

Lalu bagaimana cara mendownload golang pada pc?

Hal yang perlu diperhatikan dalam mendownload Go-lang

Sebelum mendownload hal yang perlu anda ketahui bahwa pastikan 

  • Kebutuhan sistem processor dengan intel pentium minimal 4
  • Pastikan anda memiliki RAM dan ruang hard disk minimal 2 GB
  • Dan pastikan anda bisa terhubung dengan internet dan mengakses situs resmi golang untuk dapat mengunduh installer

Cara mendownload golang

Download golang pada windows

  1. Buka situs resmi dari golang https://go.dev/doc/install
  2. Anda dapat memilih installer golang menyesuaikan sistem operasi windows anda (32-bit atau 64-bit)
  3. Setelah selesai, anda bisa membuka installer dengan meng klik dua kali file (.msi)
  4. Klik tombol next pada jendela installer
  5. Centang semua komponen pada ‘’custom setup’’ untuk keberhasilan instalasi
  6. Selanjutnya anda hanya klik tombol ‘’install’’ dan tunggu proses instal hingga selesai
  7. Setelah berhasil klik tombol ‘’finish’’ dan golang sudah terpasang  pada software anda

Setelah pemasangan selesai dan berhasil, anda juga harus memverifikasi instalasi golang dengan cara berikut,

  1. Anda harus membuka ‘’command prompt’’ dengan menekan tombol ‘’windows+r’’ pada keyboard dan mengetik ‘’cmd’’ pada kolom ‘’run’’ dan klik ’’ok’’
  2. Selanjutnya masih pada laman ‘’command prompt’’ ketik perintah (go version) dan enter
  3. Pastikan hasil yang muncul ‘’go version go1.x.x windows/amd64’’ untuk mengetahui pemasangan golang sudah terpasang dengan baik 

Download golang pada MAC

  1. Buka file paket yang Anda unduh dan ikuti petunjuk untuk menginstal Go.Paket menginstal distribusi Go ke (/usr/local/go). Paket harus meletakkan direktori (/usr/local/go/bin) di variabel lingkungan PATH Anda. Anda mungkin perlu memulai ulang sesi Terminal yang terbuka agar perubahan diterapkan.
  2. Verifikasi go dengan membuka prompt perintah dan mengkik (go version)

Baca Juga: Install Golang Di Mac, Windows, & Linux

Tempat belajar golang yang tepat

Tetap mengembangkan skill yang mumpuni untuk siap terhadap perubahan – perubahan terlebih pada bidang IT. berikut beberapa tempat kursus yang mempelajari Golang, anda dapat memilih tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Course net

Sangat  diperlukan tempat pembelajaran yang tepat dalam mendapatkan wawasan multinasional, komunitas yang mendukung perkembangan skill, coaching yang ahli mampu membuat anda bisa lebih profesional dan mendapatkan portofolio yang lebih menarik dan komprehensif. Anda akan dibimbing oleh seorang coach yang merupakan praktisi langsung dan memiliki sertifikasi tingkat internasional serta prestasi tingkat internasional, bukan hanya itu anda juga akan mendapatkan re-coaching dan konsultasi. Keuntungan tersebut bisa anda dapatkan dengan mendaftar Kursus di Course net

Coursera 

Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman golang dengan mengikuti kursus dari coursera. Kursus ini dibuat oleh Google, IBM, dan Amazon. Sehingga ketika anda mampu menyelesaikan program pelatihan ini anda akan mendapatkan sertifikat dari Google yang bisa anda lampirkan sebagai portofolio untuk menunjang karir impian anda. Pelatihan di coursera terdapat 3 spesialisasi yang bisa anda pelajari yaitu Memuai dengan Go, Fungsi metode dan antarmuka dalam Go, Konkurensi dalam Go

Codecademy

Kursus Codecademy ini juga bermitra dengan Google yang mensupport materi yang akan dipelajari. Di Dalam kursus ini anda dapat melakukan pembelajaran secara learning atau online yang bisa menyesuaikan dengan waktu yang tepat bagi anda untuk bisa menonton dan praktik golang. Dalam kursus ini juga anda diwajibkan untuk membuat project atau tugas akhir yang berupa real dalam anda mengerjakan case tersebut, sehingga ketika anda lulus dari program ini anda dapat memiliki sertifikat sebagai untuk menunjukan anda mengikuti kegiatan kursus golang dan memiliki real portofolio yang memang sudah kalian kerjakan sesuai dengan case atau pembelajaran  yang sudah anda dapatkan. Hal ini juga mampu membuat anda lebih siap untuk bisa memiliki profesi IT.

Rumah coding

Merupakan kursus coding yang dapat anda akses dimanapun yang anda mau, sistem pembelajaran yang diberikan oleh Rumah coding ini bersifat  offline, dengan pelatihan yang intens selama 4 hari 6 jam. Dalam mengikuti kegiatan kursus ini anda tidak harus berasal dari background IT namun program kursus ini bisa dimulai dari siapa saja termasuk yang baru ingin belajar IT. Coding memfasilitasi mulai dari materi yang relevan dan juga kenyamanan peserta dalam mengikuti kegiatan selama berlangsung.  

Pluralsight

Kursus yang menyediakan kegiatan pembelajaran IT berbasis online sehingga anda bisa mengikuti kegiatan ini bisa dari mana saja. Kursus ini dapat dipelajari mulai dari dasar hingga ke tahap advance. Anda akan diajarkan materi pembelajaran mulai dari konsep, praktik serta tugas akhir dalam membuat project. Setelah anda mampu mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan selesai. Maka anda akan mendapatkan sertifikat terhadap pekerjaan yang telah anda buat, sehingga dari project tersebut anda bisa digunakan untuk sebagai portofolio penunjang karir IT.

Kesimpulan

Dengan mengembangkan skill yang anda miliki yaitu pada bahasa pemograman Go-lang, tentu saja sangat membuka kesempatan anda untuk bisa berkarir di industri IT sangat terbuka luas. Anda dapat mengikuti kelas Pemograman Golang, karena melihat pada industri saat ini banyak perusahaan yang menanti anda. Jadilah bagian dari IT People dengan belajar IT bersama para praktisi profesional dengan mengikuti kelas Pemograman Golang.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!