course-net
Search
Close this search box.

Nginx Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihan

Minet

October 10, 2022

Nginx Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihan

Untuk bisa membuat sebuah website tersendiri memang diperlukan adanya web server dan salah satu pilihannya adalah Nginx. Pemilihan web server sendiri memang sangat penting sekali untuk bisa menjamin sebuah situs atau web akan berjalan dengan lebih baik. Untuk bisa memilih sebuah web server yang tepat itu salah satu jalannya adalah dengan mempelajari dulu salah satu web server.

Kalian perlu tahu dulu web server yang akan kalian pilih dan juga beberapa kelebihan yang mungkin dimiliki oleh web server tersebut. Jika kalian tertarik dengan Nginx maka kalian itu harus mencari tahu dulu apa itu Nginx dan juga apa saja kelebihannya. Berikut ini kami akan jelaskan dulu beberapa hal mengenai Nginx dan juga apa saja kelebihan serta bagaimana cara kerjanya.

Nginx Adalah ? Mengelan Tentang Nginx Lebih Dalam

Pengertian Nginx

Pengertian Nginx

Kalian harus paham dulu mengenai Nginx itu sendiri sebenarnya apa, supaya kalian bisa mengenalinya dengan baik. Nginx adalah salah satu web server yang berbasis open source dan memiliki keunggulan untuk membuat performa website kalian jadi lebih canggih dan bertenaga. Nginx sendiri merupakan web server yang dirilis pertama kali pada bulan Oktober 2004 oleh Igor Sysoev.

Pada awal mula dirilisnya web server ini memang hanya sebagai HTTP web serving saja, tapi sekarang sudah sangat berkembang. Nginx kemudian sekarang sudah dimanfaatkan menjadi HTTP Cache, Server Proxy, sampai ke Load Balancer. Sekarang pun Nginx sendiri sudah bisa dipergunakan di berbagai sistem operasi lho seperti Linux, MacOS, Solaris, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Nginx

Cara Kerja Nginx

Setelah kalian sudah mengetahui pengertian dari Nginx ini, maka saatnya kalian juga perlu tahu mengenai cara kerjanya seperti apa. Konsep dari Nginx itu mempergunakan proses asynchronous dan juga menerapkan sistem pendekatan event-driven. Konsep dari 2 hal itulah yang memang membuat Nginx sampai sekarang pun menjadi salah satu web server yang paling populer di dunia.

Berikut ini kami akan coba jelaskan kedua konsep dari dalam cara kerja Nginx supaya kalian bisa lebih memahaminya dengan baik.

  1. Proses Asynchronous merupakan proses untuk mengeksekusi kode sebelum perintah awal sudah selesai di jalankan.
  2. Pendekatan event driven itu artinya hanya akan menangani permintaan atau proses dari satu thread saja.

Jadi dari sana kita bisa ketahui bahwa cara kerja dari web server Nginx ini memang adalah satu proses itu mengelola satu thread yang sama. Setiap proses terdiri dari beberapa proses kecil yang biasa disebut juga dengan worker connection. Keseluruhan dari proses yang ada pada Nginx ini memang akan menangani permintaan atau request thread.

Jadi worker connection ini nantinya akan mengirim request ke worker process dan juga master process atau proses utama. Kemudian nantinya master proses akan menampilkan request tersebut, dan setiap worker connection itu bisa menangani hingga ribuan request yang sama tanpa kendala. Ini yang kemudian membuat Nginx ini menjadi web server yang paling sering digunakan untuk web dengan trafik yang tinggi.

Dengan cara kerja seperti itu tentunya akan membuat 502 bad gateway Nginx itu bisa dibilang sangat jarang sekali bisa terjadi. Nginx memang menjadi salah satu web server yang dipakai perusahaan besar dengan trafik tinggi seperti Google, Netflix, dan masih banyak lagi. Jadi 403 forbidden Nginx ini menjadi salah satu masalah yang mungkin akan sangat jarang sekali bisa terjadi.

Baca Juga : Perbedaan Error 502 dan Error 503 saat Browsing

Fitur Yang Dalam Nginx Adalah

Nginx ini memiliki cukup banyak fitur yang memang bisa dimanfaatkan untuk bisa menciptakan hasil yang lebih maksimal. Kalian tentunya perlu tahu beberapa fitur tersebut agar supaya bisa memanfaatkannya dengan baik dan juga secara lebih maksimal. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa fitur yang ada di dalam Nginx yang mungkin bisa kalian manfaat untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Dukungan IPv6
  2. Dukungan FastCGI dengan proses cache
  3. Load Balancing
  4. WebSockets
  5. Menangani File Statis, file indeks, dan auto indexing
  6. Reverse Proxy dengan proses cache
  7. Sertifikat SSL dengan SNI

Kelebihan Dari Nginx Adalah

Web server dengan nama Nginx ini bisa menjadi populer karena memiliki beberapa kelebihan yang cukup menarik dan juga unik. Mungkin beberapa orang yang baru dalam dunia web development itu tidak begitu memahami apa saja sih kelebihan dari Nginx. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa kelebihan dari Nginx yang memang tidak banyak orang ketahui.

1. Pengembangan Masih Terus Dilakukan Sampai Saat Ini

Kelebihan pertama adalah soal perkembangan yang dilakukan oleh web server tersebut. Jadi kalian tidak akan menyesal install Nginx, karena mereka akan terus melakukan berbagai pengembangan pada berbagai fitur mereka. Jadi setiap fitur yang tersedia pada web server Nginx ini nantinya akan terus menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Beberapa fitur yang berkembang itu mulai dari HTTP dan juga layanan mikro yang ada pada web tersebut. Jika kalian membutuhkan web server dengan layanan Javascript, maka Nginx ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Mereka tengah berbenah untuk menyesuaikan agar tidak terjadi kecacatan pada pemrosesan datanya.

2. Memiliki Tools Multifungsi

Kelebihan yang kedua itu adalah web server Nginx ini sudah memiliki cukup banyak tools multifungsi yang bisa digunakan. Hal ini menjadikan Nginx ini pun jadi lebih mudah untuk dikonfigurasikan karena bisa dipakai sebagai load Balancer, server proxy, dan lain sebagainya. Dengan adanya tools multifungsi ini pun akan bisa sangat membantu aktivitas dari para full stack web developer yang membutuhkan.

3. Menyediakan Variasi Dokumen Yang Lengkap

Nginx juga menyediakan beberapa dokumen yang menunjukkan bagaimana cara untuk bisa mempergunakan web server tersebut. Kalian akan bisa mendapatkan dokumen tutorial untuk bisa mempergunakan web server ini dan memanfaatkannya secara maksimal dengan mudah. Ada banyak juga webinar yang menunjukkan bagaimana cara untuk mempergunakan web server Nginx ini.

Bila masih dirasa kurang, masih ada dukungan customer dalam bentuk Nginx Plus untuk menjadi pusat konsultasi di web server tersebut. Kalian akan bisa mempergunakan layanan ini untuk berkonsultasi mengenai masalah yang kalian hadapi saat menggunakan Nginx ini. Jadi akan sangat bisa membantu kalian dalam mempelajari dan juga menguasai penggunaan web server ini.

4. Bisa Menggantikan Hardware Load Balancer

Kelebihan yang terakhir adalah bisa dipakai untuk menggantikan Hardware load Balancer yang justru lebih mudah dikonfigurasikan. Bukan hanya lebih mudah akan tetapi juga jauh lebih terjangkau dibandingkan hardware load Balancer lho.

Selain itu juga ada banyak keunggulan lain seperti telah didesain dengan menggunakan arsitektur cloud modern dan terintegrasi dengan DevOps modern. Selain itu juga mendukung konfigurasi ulang on the fly, jadi pemantauan di Nginx pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!