course-net
Search
Close this search box.

Jenis Jenis Perangkat Jaringan Komputer Yang Perlu Di Ketahui

Minet

March 21, 2024

Jenis Perangkat Jaringan Komputer

Apakah Anda sudah tahu apa saja jenis perangkat jaringan komputer? Mungkin Anda mengetahui beberapa jenis perangkat tersebut namun belum paham betul dengan fungsinya.

Perangkat jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui sebuah jaringan untuk bertukar data atau berbagi sumber daya, dan bisa juga agar terkoneksi dengan internet. Komputer tersebut terhubung untuk tujuan komunikasi data secara elektronik.

Mari kita pahami jenis jaringan komputer dan jenis perangkat jaringan komputer beserta fungsinya!

Jenis–jenis Jaringan Komputer

Berikut 7 jenis jaringan komputer:

1. PAN (Personal Area Network)

Pengertian jaringan komputer PAN adalah jaringan komunikasi dalam jarak dekat di mana menghubungkan satu perangkat dengan lainnya. Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Lan merupakan salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WIfi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Pengertian jaringan komputer CAN adalah jaringan yang menghubungkan aneka perangkat dan komputer dalam sebuah instansi pendidikan seperti sekolah, kampus, universitas, dan lain sebagainya. Jaringan CAN dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

6. Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. Selain itu, VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium.

Jenis Jenis Perangkat Jaringan Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada berbagai jenis perangkat jaringan komputer yang dapat membantu dalam mengoptimalkan kinerja sistem jaringan.

Berikut contoh beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang dapat Anda gunakan :

1. Wireless Card

wireless card

Wireless card adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih device tanpa menggunakan kabel atau melalui jaringan nirkabel. 

Saat ini banyak laptop yang sudah dilengkapi dengan adanya wireless card. Namun jika tidak ada, Anda perlu membeli wireless card secara terpisah.

Jika Anda menggunakan komputer, Anda harus membeli wireless card secara terpisah karena komputer tidak dilengkapi adanya wireless card.

2. Router

router

Router adalah salah satu jenis perangkat komputer yang berfungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih. Dengan adanya tabel routing, router dapat menentukan jalur terbaik untuk mencatat semua alamat jalam jaringan.

Router menggunakan protokol TCP/IP pada komputer klien atau bisa disebut sebagai IP router. Karena itu, router bisa memberi IP Address seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan sehingga setiap client memiliki IP Address yang berbeda.

Selain itu, router juga dapat menghubungkan antar jaringan dengan menggunakan topologi bus, star, dan juga ring.

3. Modem

Modem

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer dengan mengubah data pada sinyal menjadi analog menggunakan Internet Service Provider (ISP). Kepanjangan dari modem adalah Modulator Demodulator.

Dengan kata lain, modem bisa membuat komputer terkoneksi dengan jaringan internet. Tiga jenis modem yang dapat Anda gunakan adalah kabel, dial-up, GSM, DSL, dan CDMA.

4. Server

Server

Server adalah media untuk menyimpan database dan mengelola aktivitas yang terjadi dalam jaringan komputer. Karena itu, server memiliki spesifikasi yang lebih dari komputer client karena tujuannya yaitu untuk melayani request client untuk mengirim file atau data yan diminta.

Dengan kata lain, server berperan sebagai pusat dari seluruh jaringan komputer.

5. Bridge

Bridge

Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk memperluas jaringan yang satu ke bentuk jaringan lainnya. Fungsinya yaitu untuk menjembatani topologi jaringan lokal ke topologi jaringan lokal lain yang lebih besar.

Adanya tabel internal bridge bisa menentukan segmen manakah yang nantinya akan disaring.

6. Hub

Hub adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk membagi server beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Fungsi lainnya juga untuk menghubungkan beberapa perangkat sehingga setiap komputer klien dapat mengakses data yang tersimpan di komuter server. 

Jika hub mengalami gangguan, proses transmisi jaringan ke dalam komputer dapat terganggu hingga tidak bisa berjalan. Karena itu hub tidak bisa mengatur kecepatan dari data yang nanti dikirim ke dalam komputer lain.

7. Switch

Switch hampir sama dengan bub, namun ada perbedaan yang signifikan dari kedua jenis perangkat jaringan tersebut. Hub menyebarkan semua data ke perangkat yang terhubung, sedangkan switch menyortir MAC Address terlebih dahulu agar data yang dikirimkan menjadi lebih cepat.

Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk memecah jaringan dari satu server sehingga tersambung dengan komputer client yang ada di jaringan lokal yang sama untuk menerima dan meneruskan data ke perangkat tujuan. 

Selain itu, switch juga berfungsi untuk mencegah terjadi looping saat sedang penerimaan data. Switch lebih cepat dalam mengirim data dan jaringannya lebih luas dari hub.

8. Connector

connector

Connector berfungsi untuk menghubungkan kabel dengan network adaptor atau NIC. Tujuannya agar transmisi data berjalan dengan baik.

Jika komputer tidak terpasang oleh connecter, komputer tidak dapat berjalan secara optimal. Karena itulah connector menjadi salaht satu alat yang paling penting dalam perangkat komputer.

9. Repeaters

Pengertian Repeater dan Fungsinya - PT DIENG CYBER INDONESIA

Repeaters adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk memperluas jaringan WiFi agar perangkat lain bisa terhubung serta memperkuat jaringan dan sinyal yang masuk dari jaringan kabel. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan dual lokasi kabel jaringan yang letaknya berjauhan.

Cara kerja repeaters yaitu menerima berbagai sinyal dari satu server, lalu memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat. Namun, repeaters memiliki kelemahan yaitu tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

10. Kabel

<yoastmark class=

Kabel merupakan media sebagai penghubung satu perangkat dengan perangkat lainnya. Perangkat ini adalah salah satu dari komponen terpenting karena berfungsi sebagai penghantar arus dan juga penghubung antar dua komputer atau lebih untuk bertukar data.

Contoh kabel adalah fiber optik, twisted pair, kabel upt, coaxial, dan lainnya.

11. Access Point

Access Points

Access Point memiliki fungsi yang hampir sama dengan router. Perangkat ini berfungsi sebagai penghubung antar perangkat dengan jaringan tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Serta, untuk memancarkan sinyal yang berasal dari sebuah router dan akan digunakan untuk membuat jaringan pada WLAN.

Access point memiliki kemampuan untuk menolak atau mengizinkan suatu perangkat untuk terhubung ke suatu jaringan yang sama. Dengan adanya access point, perangkat dapat terhubung ke sebuah jaringan LAN tanpa harus menggunakan kabel.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai perangkat jaringan komputer beserta fungsi-fungsinya. Semoga dengan ini Anda dapat memahami fungsinya dan dapat menggunakan salah satu perangkat tersebut untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari sistem jaringan komputer, Anda dapat mengikuti kursus jaringan di Course-Net. Dengan pembelajaran materi yang berkualitas dan bimbingan Coach kelas dunia, Anda dapat menguasai skill di bidang jaringan komputer dan dapat memulai karier sebagai Network Engineer.

Kunjungi course-net.com untuk info lebih lanjut.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!