course-net
Search
Close this search box.

Home >

Broadcast Adalah: Pengertian, Sejarah Awal dan Macam Broadcast

Wednesday, 13 March 2024 3:08 PM

broadcast adalah

Secara susunan Bahasa Indonesia Broadcast memiliki arti “siar”, sedangkan kata ini sendiri diadaptasi dari Bahasa Inggris yang memiliki arti aktivitas penyiaran. Secara literatur sendiri broadcast adalah sebuah aktivitas menyebarkan informasi secara bersamaan kepada banyak penerima, yakni masyarakat sebagai receiver, yang dilakukan oleh satu sumber atau sender.

Penyebutan broadcast sendiri sering kita temui pada bidang ilmu komunikasi dan jaringan. Media yang dapat digunakan untuk broadcast sendiri ada beberapa seperti televisi, radio, surat kabar maupun internet seperti sekarang ini.

Arti dari Istilah Broadcast

broadcast adalah

Istilah broadcast sendiri dijelaskan dalam UU No. 32 Tahun 2002, yaitu sebuah proses pemancaran siaran menggunakan media yang berasal dari daratan, lautan maupun antariksa dengan memanfaatkan sinyal radio berupa gelombang elektromagnetik yang tersiar melalui udara, kawat ataupun media lainnya yang dapat menyalurkan informasi secara serentak.

Sedangkan menurut bidang jaringan komputer, broadcast berarti proses transmisi paket data kepada beberapa receiver secara serentak, di mana receiver atau penerima harus ada pada jaringan siaran yang terdaftar pada alamat tujuan transmisi.

Broadcast sendiri dapat dipelajari oleh siapa pun yang berniat mempelajari jaringan komputer, kursus jaringan komputer sendiri sudah mulai marak diminati banyak orang. Tidak banyak kursus yang mengajarkan skill terkait broadcast dan jaringan komputer secara detail seperti Kursus Jaringan Komputer CCNA yang bersertifikat internasional seperti CourseNet.

Sejarah Awal Penyiaran di Indonesia

sejarah broadcast

Salah satu penunjang demokrasi adalah sarana penyampaian informasi kepada rakyat secara aktual. Broadcasting memegang peranan penting dalam berkembangnya suatu negara.

Penyiaran di Indonesia sendiri melalui banyak tahap yang berubah secara sangat signifikan. Dimulai dari berakhirnya zaman tulisan pada abad ke 14 di Eropa yang membawa banyak perkembangan terutama di bidang penyampaian informasi kepada media massa di Indonesia.

1. Media Cetak

Media Cetak bermula sejak abad ke 14 dan dibawa ke Indonesia oleh Belanda pada abad ke 18. Dengan dimulainya penyebaran informasi melalui media cetak, keuntungan bagi rakyat Indonesia dalam hal broadcast adalah meningkatnya kesadaran rakyat Indonesia terkait isu yang beredar diwilayah Indonesia maupun internasional. 

Meskipun pada awal disiarkannya surat kabar, informasi yang diberikan masih sangat dibatasi oleh pemerintah Belanda, namun sejak akhir abad ke-19, surat kabar telah menjadi sarana penambah wawasan dan kepekaan terhadap isu sosial-politik bagi banyak pembacanya.

2. Media Elektronik

Media penyiaran setelah media cetak yang memiliki jangkauan yang lebih luas adalah media elektronik. Metode penyampaian broadcast yaitu dengan sambungan gelombang elektromagnetik, sehingga pesan dapat tersampaikan secara bersamaan pada saat itu juga secara audio, visual ataupun secara audio-visual.

Mengingat informasi yang disampaikan dengan media elektronik secara audio ataupun visual, sehingga memudahkan massa memahami pesan yang disampaikan. Media ini dapat di akses melalui radio ataupun siaran televisi.

3. Media Nirkabel atau Online

Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, media broadcast sendiri beralih kepada media nirkabel ataupun daring. Keunggulan media online dalam penyampaian pesan broadcast adalah kemudahan akses dan keberterimaan pesan oleh masyarakat. 

Hal ini karena proses penyampaian pesan berupa penggabungan bentuk teks, audio serta video yang dikemas secara menarik. Agar pembahasan dapat dilakukan secara mendalam dan mudah dipahami oleh masyarakat, sering kali pemberi informasi menggabungkan menjelaskan dengan mengulang informasi dalam berbagai bentuk.

Namun media broadcast secara online sendiri tentu saja memiliki kelemahan. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak memiliki filter tersendiri, terkait mana informasi yang merupakan fakta ataupun hoax. Di era nirkabel ini, Risiko online broadcast adalah persebaran hoax yang sama cepatnya dengan persebaran informasi faktual.

Baca Juga : Macam Macam Topologi Jaringan Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat dari Broadcast

Manfaat broadcast ada beberapa, yaitu:

  1. Sarana yang efektif untuk menyampaikan konten edukasi seperti acara program pendidikan, tutorial, debat, seminar, wawancara dan lainnya
  2. Konten hiburan seperti misalnya dalam bentuk konten drama, musik, film dan lainnya
  3. Media pemasaran untuk lembaga, organisasi dan perusahaan yang ingin mengenalkan produk serta layanan pada masyarakat luas
  4. Media komunikasi yang efektif antara penyiar dan masyarakat umum yang terjalin di dalam program diskusi, siaran interaktif hingga talk show
  5. Untuk memudahkan masyarakat bisa mengakses informasi terbaru sehingga bisa tetap mengikuti perkembangan dunia luar
  6. Membantu menyebar luaskan berita terbaru mengenai berita tentang peristiwa, politik, ekonomi dan berbagai topik lainnya dengan cepat
  7. Sarana promosi yang hemat biaya dan waktu sekaligus bisa membantu meningkatkan umpan balik serta penjualan dalam bisnis

Macam-macam Broadcast

broadcast adalah

Broadcast dapat digunakan dalam berbagai aktivitas sehari hari, berikut beberapa jenis broadcast:

1. Social Media Broadcast

Seiring berkembangnya zaman, tercipta berbagi trend yang membuat banyak orang ingin mendapatkan informasi yang dengan menjadi mainstream. Penggunaan broadcast melalui media sosial menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan kabar yang up to date tentang tren yang masih ada.

Seperti media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah WhatsApp. Platform media sosial yang berbasis nomor telefon ini menyediakan fitur penyiaran yang sangat berguna bagi penggunanya. 

Broadcast WA adalah pengiriman pesan secara serentak kepada banyak nomor atau kontak sekaligus. Pengirim perlu menyimpan nomor mana saja yang akan dikirimi broadcast. Maksimal penerima broadcast adalah 256 kontak.

Caranya membuat broadcast message adalah dengan membuka aplikasi WA, lalu pilih titik tinggal dan klik “New Broadcast”. Lalu pengguna dapat membuat list kontak yang akan dikirim pesan secara bersamaan dengan menu “New List”. Setelah muncut room chat broadcast, pengguna dapat membuat pesan yang akan dikirimkan dalam satu waktu.

Karena pengiriman broadcast secara berulang dalam memunculkan peringatan spam, pengguna perlu memperhatikan jeda pengiriman pesan broadcast.

2. Business Related Broadcast

Manfaat dalam bidang bisnis yang dapat diberikan broadcast adalah penyampaian informasi marketing produk bisnis. Broadcast tidak hanya digunakan sebagai sarana penyampaian informasi terkait isu yang sedang diminati oleh khalayak ramai, namun juga sarana pemasaran yang cukup efektif.

Dengan melihat mainstream atau tren yang sedang berlangsung, kita dapat dengan mudah melakukan segmentasi pasar. Sehingga kita dapat menggunakan broadcast sebagai sarana marketing dengan tujuan pasar yang lebih efektif. 

Dengan menggunakan metode broadcast yang tepat, kita dapat menghemat tenaga dan waktu dengan terjun ke lapangan karena dengan broadcast pemasaran dapat tersampaikan kepada khalayak ramai dalam waktu yang cukup efisien.

Penggunaan media sosial kembali menjadi pilihan marketing yang cukup membantu. Beberapa platform seperti WA, Facebook, dan Gmail memberikan layanan broadcast message yang memudahkan pelaku bisnis memasarkan produk dengan mudah.

3. Computer Network Broadcast

Broadcast dalam jaringan komputer memungkinkan pengguna melakukan pengiriman data secara bersamaan kepada komputer receiver dalam satu layanan server. 

komunikasi all to all seperti ini dapat dilakukan karena semua perangkat komputer yang terhubung dalam satu layanan server atau jaringan dapat saling berbagi pesan secara up to date.

Terdapat 3 jenis broadcast dalam bidang komputer jaringan: 

1. Broadcast domain

Broadcast domain adalah suatu sistem broadcast yang mudah kita pahami seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa semua perangkat komputer dalam satu jaringan dapat menerima pesan secara serentak dari perangkat komputer yang terhubung dalam jaringan yang sama.

2. Broadcast address

Broadcast address adalah satu bit alamat IP khusus yang dapat mengirimkan serta menerima pesan atau informasi yang dapat diakses oleh seluruh host ataupun device yang terkoneksi dalam satu jaringan. Jenis broadcast ini bekerja dengan menyamakan broadcast address yang sama dalam satu jaringan, sehingga hanya host dengan IP yang sama yang dapat mengakses datagram.

3. Broadcast Storm

Broadcast storm adalah situasi ketika informasi pada data-link di frame layer 2 mengalami looping (berputar dalam jaringan). Looping terjadi karena kesalahan design jaringan yang menyebabkan informasi tidak terkirim dan hanya berputar dalam jaringan.

Untuk membuat design jaringan yang dapat membuat broadcast yang diinginkan, CourseNet menawarkan kursus Komputer Jaringan yang terpadu mulai dari basic. Keuntungan kursus broadcast adalah skill yang dapat dikembangkan untuk menunjang karier di masa depan.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!