course-net
Search
Close this search box.

Home > , ,

Ketahui Perbedaan antara Data Analyst dan Data Scientist

Tuesday, 19 September 2023 1:51 PM

Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist

Saat ini, karir di dunia IT memiliki banyak peminat dikalangan masyarakat. Banyak orang yang berlomba-lomba ingin terjun untuk berkarir di bidang tersebut, khususnya yang berbasis data. Namun, karir di bidang data cukup luas, lho! Beberapa diantaranya yakni Data Engineer, Data Scientist, Data Analyst, dll. Di artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan Data Analyst dan Data Scientist.

Kedua profesi tersebut terbilang sangat diminati. Hal ini disebabkan karena banyaknya prospek karir untuk profesi tersebut dan gajinya terbilang besar meski baru di awal karirnya. Meskipun terdengar mirip, namun perbedaan Data Analyst dan Data Scientist cukup kentara, terlebih di peran dan tugasnya. Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kenali dulu apa itu Data Analyst dan Data Scientist.

Definisi Data Analyst dan Data Scientist

Data Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam melakukan berbagai tugas analisis dan riset data menggunakan tools tertentu. Biasanya, data Analyst bekerja dengan data terstruktur dari sumber tertentu untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan dalam bisnis. Oleh karna itu, Data Analyst termasuk salah satu pekerjaan yang paling dicari dalam bisnis.

Data Scientist adalah seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah serta menganalisa data untuk diproses menjadi informasi guna pengambilan keputusan selanjutnya. Menjadi Data Scientist membutuhkan skill tertentu. Kamu harus bisa menguasai bahasa pemrograman R atau sejenis, menguasai SQL, memahami algoritma dari machine learning, dan perlu memiliki pemahaman statistik.

Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist

Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist
Perbedaan Data Analyst dan Data Scientist

Nah, tadi kamu sudah membaca mengenai definisi Data Analyst dan Data Scientist. Selanjutnya, mari kupas perbedaan Data Analyst dan Data Scientist dari segi tugas dan skill.

Tugas

Menjadi Data Analyst dan Data Scientist memiliki tugas yang tidak mudah. Meskipun sama-sama berhubungan dengan pengolahan data, namun kedua profesi tersebut memiliki tugas yang berbeda. Data Analyst bertugas untuk mengumpulkan data baik berupa sumber data primer maupun sekunder. Setelah melalui proses data cleaning, data tersebut akan dianalisis dan ditafsirkan menggunakan tools. 

Dengan menganalisis data, Data Analyst dapat mengidentifikasi pola dan tren sehingga bisa dijadikan insight sebuah perusahaan. Data Analyst akan menyajikan data tersebut dengan cara yang mudah dipahami dengan mudah oleh orang lain. Pengumpulan data tersebut merupakan sebuah tanggun jawab seorang Data Analyst. Pengambilan keputusan perusahaan berdasarkan data dapat memberi dampak dan perubahan yang besar bagi sebuah perusahaan.

Sedangkan Data Scientist memiliki tugas untuk mengumpulkan data mentah lalu menafsirkan dengan cara mengembangkan metode machine learning. Data Scientist harus bisa menguasai model dan algoritma machine learning mereka sendiri untuk menangani big data dan data yang tidak terstruktur.

Dengan menggunakan data, Data Scientist akan memprediksi tren dan pola, lalu berkolaborasi dengan tim produk dan bisnis. Data Scientist juga dapat mengkomunikasikan hasil data tersebut kepada Stakeholder dan membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Skill

Profesi Data Analyst dan Data Scientist memerlukan skill yang berbeda. Data Analyst memanfaatkan banyak tools, sedangkan Data Scientist tidak hanya bergantung pada tools yang sudah jadi saja. Data Scientist lebih banyak menulis coding untuk membuat algoritma menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Untuk menjadi Data Analyst, diperlukan skill sebagai berikut :

  • Analisis data
  • Excel
  • SQL
  • Matematika & statistika
  • SAS
  • Data management
  • Business intelligence

Data Scientist memerlukan skill sebagai berikut :

  • Machine learning
  • SQL, Pig, R, Scala, Phyton
  • Matematika, statistika, ilmu komputer
  • Algorithm development
  • Big data.

Itulah informasi mengenai perbedaan Data Analyst dan Data Scientist. Perusahaan semakin banyak yang sadar akan pentingnya untuk memahami data. Kedua profesi tersebut memiliki umur karier yang panjang dan banyak dicari oleh perusahaan hingga 5-10 tahun kedepan.

Tertarik ingin menjadi Data Analyst atau Data Scientist?

Kamu harus mempelajari dan mengasah berbagai skill yang harus dimiliki oleh seorang Data Analyst dan Data Scientist. Kamu dapat mengikuti kursus dan kelas tertentu agar bisa menguasai skill-skill itu dan menjadi seorang Data Analyst dan Data Scientist yang hebat.

Mulai karir sebagai Data Analyst dan Data Scientist bersama Course-Net!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!