course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu Artificial Intelligence ? Definisi & Contohnya AI

Minet

February 27, 2023

Manfaat Teknologi Kecerdasan Buatan

Apa Itu Artificial Intelligence ? Definisi & Contohnya AI – Dalam beberapa waktu ini, ada banyak sekali orang yang membahas mengenai berbagai aplikasi AI atau Artificial Intelligence. Semisal pada suatu aplikasi pengeditan foto yang bisa memberikan hasil sangat memukau tanpa perlu bersusah payah untuk mengeditnya secara manual.

Sebenarnya apa sih yang disebut dengan Artificial Intelligence itu? Ingin tahu lebih jelas mengenai teknologi satu ini? baca artikel ini sampai dengan habis ya.

Apa Itu Artificial Intelligence ? Yuk Mengenal Penjelasannya

Pengertian Artificial Intelligence

Apa Itu Artificial Intelligence ? Yuk Mengenal Penjelasannya

Secara singkat, Artificial Intelligence adalah suatu simulasi kecerdasan seorang manusia yang diaplikasikan terhadap suatu mesin yang diberikan program khusus sesuai dengan kebutuhan sang pengembang. Dengan kata lain, teknologi AI ini bisa juga disebut sebagai kecerdasan buatan.

Berbagai mesin yang diberikan teknologi ini, nantinya akan menunjukkan beberapa sifat sama seperti manusia. Seperti pembelajaran berbagai hal baru, penarikan kesimpulan, serta perbaikan dari hal yang dianggap salah tergantung dari program yang diberikan.

Bahkan sudah ada banyak sekali teknologi AI yang memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan sendiri secara rasional tanpa harus diberikan perintah ulang oleh sang pengembang. Tindakan yang dilakukan teknologi tersebut akan mencari peluang terbaik untuk menggapai tujuan yang telah diperintahkan sejak awal.

Contoh Apa Itu Penerapan Teknologi Artificial Intelligence dalam Berbagai Aplikasi

Teknologi AI sendiri saat ini sudah banyak diterapkan dalam berbagai aplikasi yang sering kalian gunakan loh. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa sudah ada banyak sekali aplikasi yang dirasa dapat membantu berbagai kegiatan yang kalian lakukan.

Beberapa Apa Itu contoh Artificial Intelligence ini ialah:

  1. Media Sosial

Apakah kalian sadar bahwa berbagai media sosial yang ada sudah menggunakan teknologi AI demi memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk para penggunanya?

Penerapan AI pada media sosial, dapat kalian rasakan ketika kalian menemukan berbagai konten yang dirasa sangat cocok dengan selera kalian sendiri. Sebab, AI dalam media sosial tersebut sudah mengatur berbagai hal supaya konten yang diperlihatkan, sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Teknologi Artificial Intelligence, sebelumnya akan mengingat semua hal yang sering kalian cari dalam media sosial tersebut. Nantinya, data – data tersebut akan digunakan untuk merangkum berbagai konten sesuai dengan minat masing – masing para pengguna.

Selain itu, AI yang ada di dalam media sosial juga akan menyortir berbagai konten yang dianggap melanggar aturan yang telah diterapkan. Itulah mengapa kalian akan sangat nyaman saat menghabiskan waktu berlama – lama saat berselancar di dalam media sosial.

  1. Aplikasi Editing

Berbagai aplikasi yang ditujukan untuk mengedit, juga sudah ada banyak yang menggunakan teknologi AI. Bahkan tidak sedik IT juga media sosial yang memiliki fitur edit memakai aplikasi seperti ini.

Selain aplikasi yang harus dipasangkan, juga sudah ada banyak website penyedia jasa edit yang juga memakai teknologi AI. Jadi kalian tidak perlu memasangkannya kepada perangkat kalian dan hanya perlu menggunakannya secara online saja.

Bagi kalian yang mau mencobanya, masukkan saja keyword seperti Artificial Intelligence logos untuk kalian yang ingin membuat logo, dan pictures untuk kalian yang ingin membuat atau mengedit gambar.

  1. Navigasi dan Peta

Saat ini, berbagai teknologi sudah tercipta dengan tujuan mempermudah para penggunanya. Contohnya adalah navigasi dan peta yang membuat perjalanan menjadi semakin mudah dan bisa ditempuh dengan waktu yang lebih cepat.

Sudah pasti berbagai teknologi ini juga menerapkan teknologi AI untuk membuatnya menjadi lebih canggih. Atau kalian lebih suka memakai peta manual yang mengharuskan kalian membawa lembaran peta tersebut kemana – mana?

  1. Asisten Modern

Maksud dari asisten modern ini seperti voice assistant yang sudah bisa kalian temukan di dalam gadget yang kalian miliki. Bahkan beberapa asisten modern ini sudah bisa dihubungkan dengan berbagai perlengkapan rumah tangga yang mendukung.

  1. Keamanan

Berbagai keamanan juga sudah banyak yang menggunakan teknologi ini loh. Contohnya seperti fitur face id atau perkenalan dari wajah yang kalian miliki. Kalau tidak menerapkan teknologi AI, sudah pasti fitur seperti itu tidak akan ada.

Manfaat Teknologi Kecerdasan Buatan

Manfaat Teknologi Kecerdasan Buatan

Setelah mengetahui apa itu Artificial Intelligence, dan juga contoh penerapannya, saat ini kami juga akan menjelaskan berbagai manfaat dari teknologi satu ini bagi kehidupan manusia.

Jadi, what Artificial Intelligence good for?

  1. Penggunaan Waktu yang Lebih Efisien

Yang pertama, penggunaan teknologi kecerdasan buatan, dapat membuat waktu yang kalian gunakan menjadi lebih efisien. Sebab, berbagai pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan, akan menjadi lebih mudah dan membutuhkan waktu lebih sedik IT dibandingkan dengan sebelumnya.

Contohnya ketika kalian bekerja di bagian administrasi yang berhubungan dengan banyaknya data barang ataupun data lainnya. Saat kalian diperintahkan untuk mencari suatu data, pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat lama apabila kalian mencarinya dengan cara manual.

Namun, saat kalian menggunakan teknologi Artificial Intelligence, kalian bisa melakukannya dalam hitungan men IT saja bahkan detik.

  1. Produktivitas yang Meningkat

Dengan penggunaan waktu kalian yang lebih efisien dan hemat dari sebelumnya, sudah pasti sisa waktu yang lainnya bisa kalian gunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya. Kalau sudah seperti ini, sudah pasti produktivitas kalian akan semakin meningkat menjadi lebih banyak.

Jangan sampai waktu kosong kalian gunakan untuk melakukan berbagai hal tidak penting ya. Karena, produktivitas kalian bukannya meningkat naik malah akan mengalami penurunan.

  1. Mengurangi Terjadinya Kesalahan

Berbagai teknologi AI yang sudah diterapkan di dalam aplikasi atau program, dapat membantu para penggunanya untuk mengecek apakah terdapat kesalahan dalam kegiatan atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Menarik sekali bukan? Teknologi Artificial Intelligence what is you need for everything. Sebab, selain bisa memberikan kalian kemudahan dalam melakukan berbagai hal, juga bisa melakukan pengecekan kesalahan pada pekerjaan kalian.

  1. Bisa Digunakan Untuk Melakukan Tugas Berulang

Berbagai tugas yang selalu kalian berulang kali di dalam pekerjaan yang kalian lakukan, juga bisa dikerjakan oleh teknologi kecerdasan buatan loh. Contohnya saat kalian harus membayar berbagai tagihan atau keperluan tiap bulannya.

Dengan mengatur jadwal pembayaran terhadap suatu aplikasi, kalian tidak perlu membayarnya lagi dengan manual karena akan dibayarkan dengan aplikasi tersebut secara otomatis.

Menarik sekali ya berbagai manfaat yang bisa didapatkan hanya dari satu jenis teknologi seperti ini? Sudah pasti teknologi kecerdasan buatan akan semakin berkembang dan akan mengusung fitur yang lebih banyak lagi kedepannya. Siapa yang sudah tidak sabar untuk melihat seberapa jauh teknologi ini bisa berkembang?

Sepertinya penjelasan mengenai teknologi Artificial Intelligence kali ini sudah cukup sampai di sini dulu. Apabila kalian ingin mendalami terka IT teknologi ini, kalian bisa mengikuti berbagai pelatihan yang telah tersedia di Course-Net sebagai salah satu penyedia kursus berbagai teknologi terpercaya yang tidak perlu kalian ragukan lagi kualitasnya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!