course-net
Search
Close this search box.

Network Adalah : Definisi, Jenis & Perangkat Yang Dibutuhkan

Minet

February 27, 2023

Network Adalah ? Panduan & Jenis Lengkapnya

Network Adalah : Definisi, Jenis & Perangkat Yang Dibutuhkan – Network atau jaringan merupakan cabang dalam ilmu dunia IT yang mengulas tentang komunikasi antar komputer. Hal ini bisa diartikan sebagai kumpulan hardware atau komputer yang terhubung bersamaan secara fisik maupun logis menggunakan perangkat khusus yang memudahkan untuk bertukar informasi.

Bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT, networking menjadi istilah yang sangat populer dan familiar. Istilah ini juga mendeskripsikan sebuah proses keterlibatan dalam merancang, melakukan, mengupgrade, dan mengelola jaringan serta teknologi jaringan. Untuk lebih jelasnya, kali ini akan dibahas tentang apa itu networking.

Network Adalah ? Panduan & Jenis Lengkapnya

Pengertian Networking Atau Jaringan Komputer

Network Adalah ? Panduan & Jenis Lengkapnya

Networking adalah hubungan antar satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan konsep dasar intranet dan jaringan internet. Fungsi dari network adalah melakukan pertukaran data memanfaatkan komputer power dari server, dan melakukan komunikasi.

Pada jaringan komputer terdapat jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi dengan penjelasan sebagai berikut.

·       Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi merupakan sebuah jaringan yang prosesnya dilakukan pada tiap komputer/PC itu sendiri.

·       Jaringan Tersentralisasi

Jaringan tersentralisasi merupakan sebuah jaringan komputer yang dalam pemrosesannya dilakukan dengan terpusat, yakni pusatnya berada di server itu sendiri. Komputer selain server pusat merupakan komputer pengguna yang merupakan klien.

Manfaat Networking Atau Jaringan Komputer

Ketika membahas tentang pengertian network, tentu berkaitan erat dengan manfaat atau fungsi dari jaringan komputer tersebut.

Adapun beberapa manfaat dari jaringan komputer atau networking yaitu sebagai berikut.

  • Dapat membuat sistem komputerisasi lebih mudah dan fleksibel digunakan.
  • Bisa menjalankan berbagai aplikasi di berbagai jenis komputer.
  • Tidak terdapat ketergantungan di satu jenis komputer sehingga menjadikan berbagai merek komputer bisa berhubungan satu sama lain.
  • Reliabilitas yang tinggi.
  • Adanya pemrosesan terdistribusi membuat lebih mudah untuk terjadinya ketergantungan di komputer pusat.
  • Membagi sumber daya.
  • Mendukung kecepatan saat berkomunikasi.
  • Memudahkan pengaksesan informasi.
  • Memperluas kebergunaan serta sumber daya dari sistem operasi (OS).

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer ada beberapa jenis yang perlu diketahui berdasarkan beberapa kategori berikut ini.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan Jangkauan Luas Area

Jenis jaringan computer berdasarkan jangkauan luas area secara garis besar terbagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut.

1.     Local Area Network

Local Area Network (LAN) merupakan suatu sistem jaringan yang mana pada setiap hardware dan software digabungkan sehingga bisa saling terintegrasi pada area kerja tertentu menggunakan program dan data yang sama. Jaringan ini memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dengan jangkauan maksimal 100 meter.

2.     Wide Area Network

Wide Area Network (WAN) merupakan suatu jaringan yang memiliki area kerja antar benua yang melewati batas geografis milik umum dan negara.

3.     Metropolitan area network

Metropolitan Area Network (MAN) adalah sebuah jaringan yang ada di antara jaringan LAN dan WAN dengan jangkauan luas geografis berkisar 10 km hingga 50 km.

MAN digunakan dalam membangun jaringan pada kantor-kantor di wilayah satu kota, pabrik, gedung, kampus, dan kantor pusat di area jangkauannya.

4.     Internet

Internet merupakan singkatan dari interconnected network, yaitu jaringan komputer yang digunakan mendunia atau secara global, serta bisa diakses untuk menghasilkan berbagai informasi untuk bidang pendidikan, hiburan, olahraga, kedokteran, politik, artis, ekonomi, dan lain-lain.

Berdasarkan Media Penghantar

Jaringan komputer atau network dibagi menjadi dua jenis berdasarkan media penghantarnya yaitu sebagai berikut.

1.     Wireless

Wireless adalah jaringan tanpa kabel yang memanfaatkan teknologi radio atau WLAN (Wireless Local Area Network). Jaringan wireless ini sering disebut dengan wi-fi.

2.     Wire Network

Wire Network merupakan jaringan yang memanfaatkan kabel sebagai media penghantarnya. Pada Network, umumnya menggunakan jenis kabel yang dibuat dari bahan tembaga. Selain itu juga ada jenis kabel yang menggunakan bahan serat optik atau fiber optik.

Berdasarkan Pola Operasi

Berdasarkan pola operasinya, network dibagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut.

1.     Client Server

Client server merupakan jaringan yang mempunyai lebih dari sama dengan satu komputer yang bisa melayani komputer lainnya. Komputer ini disebut dengan server, sementara komputer yang dilayani disebut dengan client. Adapun contoh server antara lain adalah fire server, web server, dan lain-lain.

2.     Peer To Peer

Peer to peer merupakan jaringan yang mana setiap komputer dapat melayani atau dilayani di saat bersamaan. Jenis jaringan ini banyak digunakan pada LAN, tetapi kemungkinan besar juga digunakan di jenis jaringan yang cakupannya lebih besar.

Perangkat Jaringan dan Simbol

Berikut ini merupakan beberapa simbol pada perangkat jaringan.

1.     Network Devices

Pada perangkat jaringan Network device simbol-simbol yang digunakan antara lain sebagai berikut.

  • Switch
  • Hub
  • Router
  • Access Point
  • Wireless Router
  • Multi Layer Switch

2.     End Devices

  • Laptop
  • PC
  • Smartphone

3.     Interconnection

  • Konektor
  • Network Interface Card (NIC)
  • Media Transmisi (Copper, Wireless, Fiber Optic)

Alamat IP

Dalam suatu jaringan salah satu unsur yang sangat penting supaya perangkat bisa terhubung yaitu alamat IP atau IP address. IP merupakan singkatan dari Internet Protocol.

Dalam hal ini, IP address berperan sebagai alamat suatu device atau perangkat. Dapat dianalogikan pada kehidupan nyata IP seperti halnya alamat rumah yang digunakan ketika mengirimkan barang atau surat.

Saat ini terdapat dua jenis IP address, yaitu IP address versi 4 (IPv4) dan IP address versi 6 (IPv6).

Contoh dari IP address versi 4 yaitu sebagai berikut.

  • 127.0.0.1
  • 192.168.1.1
  • 8.8.8.8

Karakteristik dari IP address versi 4 yaitu 32-b IT yang dibagi dalam 4 blok, di mana setiap blok berukuran 8-bit. Untuk lebih mudah dipahami, biasanya penulisan IPv4 dikonversi dalam bentuk bilangan decimal (0-9) seperti penulisan di atas.

Sedangkan contoh IP address versi 6 yaitu sebagai berikut.

  • fe80::2aa:ff:fe9a:4ca2
  • 21da:d3:0:2f3b:2aa:ff:fe28:9c5a
  • ff02::2

Karakteristik dari IPv6 yaitu 128-bit, dibagi dalam 8 blok di mana setiap memiliki ukuran 16-bit. Agar lebih mudah dipahami, biasanya penulisan IPv6 dikonversi ke dalam bilangan heksadesimal (0-F).

OSI dan TCP/IP Model

OSI dan TCP/IP Model merupakan standar arsitektur komputer yang dapat membuat satu perangkat bisa kompatibel atau cocok dengan perangkat lainnya. Pada mulanya, dahulu terjadi persaingan antara dua vendor komputer yaitu Digital Equipment Corporation (DEC) dan Business Machined Corporation (IBM) di mana kedua perangkat tersebut tidak kompatibel satu sama lain.

Artinya apabila kita memiliki PC IBM, maka tidak dapat disambungkan dengan perangkat dari DEC, mulai dari perangkat monitor, printer, dan lain-lain. Hal ini akhirnya membuat OSI Model muncul dan dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan TCP/IP Model. Kedua model tersebut dikembangkan oleh Department of Defense (DoD).

Demikianlah penjelasan mengenai network, mulai dari pengertian networking, jenis-jenisnya, dan berbagai hal seputar network. Untuk belajar tentang ilmu IT, hal mengenai network penting untuk dipahami. Saat ini, banyak kursus IT tersedia untuk umum, salah satunya Course-Net. Kamu bisa belajar berbagai hal tentang IT dari mentor professional mulai dari nol.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!