course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cara Broadcast WA Mudah Dan Aman

Friday, 8 December 2023 11:25 AM

cara broadcast wa

Salah satu cara membangun bisnis adalah dengan menggunakan WhatsApp untuk bisa mengirimkan pesan ke banyak nomor sekaligus. Cara broadcast WA perlu dipahami dengan baik supaya kita bisa mengirimkan beragam informasi bisnis seperti promo atau diskon. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara untuk mengirimkan pesan ke banyak nomor dengan cepat dan juga aman.

Cara Broadcast Menggunakan Android

Cara broadcast WA sendiri sebenarnya cukup mudah, karena memang broadcast sendiri menjadi fitur dari WhatsApp resmi. Kalian pengguna android tentunya bisa mengirimkan pesan broadcast ini dengan sangat mudah melalui aplikasi WhatsApp di Android. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya supaya bisa menjadi panduan bagi kalian untuk mengirimkan pesan broadcast di WA. 

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon titik tiga yang biasanya ada di pojok kanan atas
  3. Pilih menu new broadcast atau siaran baru
  4. Pilih kontak yang ingin kalian kirimkan pesan, maksimal kontak yang bisa dipilih itu adalah 256 kontak. Kalian tinggal centang kontak yang kalian pilih. 
  5. Setelah itu tampilan akan masuk ke penulisan pesan, kalian tinggal tuliskan pesan broadcast yang akan diinginkan. Kalian bisa menuliskan apa pun dan juga menambahkan foto, video, kontak, maupun membagikan lokasi terkini. 
  6. Setelah sudah kalian periksa isi pesan dengan baik, barulah kalian klik kirim pesan. 

Cara broadcast WA di android memang cukup mudah dan sederhana, kalian hanya perlu pastikan tidak mengirimkan beberapa pesan broadcast dalam waktu dekat. Ada kemungkinan nantinya kalian akan dianggap spam dan mungkin akan diblokir oleh pengguna WhatsApp tersebut, jadi baiknya ada jeda waktu. 

Cara Broadcast Menggunakan IOS

Pengguna iPhone pun bisa mengirimkan pesan broadcast ke beberapa nomor sekaligus dengan mudah, meskipun langkahnya sedikit berbeda. Berikut ini cara broadcast WA di iPhone yang perlu kalian perhatikan supaya bisa mengirimkan pesan broadcast dengan cepat. 

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone
  2. Klik opsi broadcast list yang biasanya ada di pojok kiri atas
  3. Klik new list untuk membuat daftar kontak yang akan dikirim pesan broadcast, kalian bisa memilih kontak-kontak yang sudah tersedia di iPhone kalian. 
  4. Setelah itu kalian akan masuk ke chat room yang menjadi tempat dan cara bikin broadcast di WA yang nantinya akan kalian kirimkan. Kalian bisa menuliskan secara langsung pada chat room ini atau kalian sudah tulis sebelumnya dan kemudian paste ke chat room. Kalian bisa menambahkan lokasi, kontak, atau beragam media seperti gambar atau video. 
  5. Periksa kembali isi pesan yang akan dikirimkan, bila sudah sesuai maka kalian bisa klik kirim. 

Bila kita lihat memang cara broadcast WA di IOS itu kurang lebih sama, hanya istilah atau nama yang harus kalian klik yang berbeda. 

Cara Broadcast Tanpa Save Nomor

Pesan broadcast dengan cara normal, maka kalian perlu save nomor yang ingin kalian kirim pesan broadcast terlebih dahulu. Namun sebenarnya ada cara broadcast di WA tanpa harus menyimpan nomornya dulu, meskipun memang cukup panjang caranya. Berikut ini kami akan coba jelaskan langkah dalam cara broadcast WA tanpa save nomor terlebih dahulu. 

  1. Daftar terlebih dahulu ke Mitra WhatsApp API yang saat ini tersedia cukup banyak di internet. Pastikan kalian memilih mitra yang terbaik. 
  2. Mengajukan verifikasi Business Manager, biasanya kalian perlu mempersiapkan website, nama perusahaan, SIUP, NPWP, dan lain sebagainya. Proses verifikasi ini penting supaya WhatsApp kalian menjadi WhatsApp Bisnis melalui mitra yang sudah dipilih. 
  3. Lengkap profil bisnis terlebih dahulu misalnya alamat, produk, dan lain sebagainya. 
  4. Masuk ke situs mitra WhatsApp API dan kemudian kalian pilih menu Chat panel.
  5. Buatlah daftar kontak yang ingin kalian kirim pesan broadcast, di sini bisa diambil dari kontak atau kalian tuliskan nomor saja. Kalian biasanya bisa juga membuat daftar kontak dengan Excel dan tinggal kalian import ke daftar kontak yang akan kalian pilih. 
  6. Menuliskan pesan broadcast dan cara broadcast pesan di WA adalah dengan memilih templates dan kemudian klik new templates. Tulis pesan yang diinginkan dan kalian pun bisa menambahkan gambar, video, kontak dan lain sebagainya. Disarankan menuliskan pesan ini paling lambat satu hari sebelum akan dikirim. 
  7. Selanjutnya klik New Broadcast Message dan kemudian kalian pilih tipe kampanye yang kalian inginkan. Tunggu beberapa saat dan pesan broadcast akan secara otomatis dikirimkan oleh sistem dari mitra WhatsApp API. Demikianlah cara broadcast WA tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu dan biasanya dipakai untuk keperluan bisnis. 

Persyaratan dan Aturan Broadcast WA

Ada beberapa syarat dan aturan yang harus diikuti apabila kalian ingin mengirimkan broadcast pada aplikasi WhatsApp ke beberapa nomor. Berikut ini aturan dan persyaratan yang harus diketahui supaya kalian bisa mengirimkan broadcast dengan benar. 

  1. Kontak yang bisa kalian kirim pesan broadcast secara bersamaan itu terbatas hanya 256 kontak saja. 
  2. Biasanya perlu menyimpan nomor terlebih dahulu untuk bisa mengirimkan pesan broadcast, meskipun untuk WhatsApp bisnis memang berbeda. 
  3. Disarankan untuk tidak mengirimkan banyak pesan sekaligus ke daftar nomor yang sama, karena bisa menyebabkan kalian dianggap spam. Bukan hanya ada kemungkinan kalian diblokir oleh pengguna, namun bisa jadi kalian akan diblokir oleh pihak WhatsApp juga. Jadi cara broadcast WA untuk beberapa pesan perlu dijeda satu sampai 2 hari supaya tidak dianggap sebagai spam.

Baca Juga: Materi Jaringan Komputer: Pengertian, Kegunaan, Cara Kerja, Jenis dan Topologinya

Keunggulan Menggunakan Broadcast WA

Broadcast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp yang memiliki beberapa kelebihan yang membuat fitur tersebut jadi cukup menarik. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh fitur broadcast WhatsApp tersebut. 

  1. Tidak perlu secara manual melakukan copy paste untuk pesan yang ingin dikirimkan satu per satu ke kontak yang kalian inginkan. 
  2. Bisa lebih cepat dalam mengirimkan pesan seperti mungkin informasi promo atau juga undangan yang ingin dibagikan kepada teman. 
  3. Broadcast tidak terlihat sebagai sebuah pesan broadcast bagi penerima, namun terlihat seperti pesan individu kepada penerima.
  4. Ada fitur untuk mengecek apakah pesan broadcast itu sudah terkirim ke semua kontak yang ada pada daftar untuk memastikan. Jadi kalian akan tahu apakah memang sudah terkirim atau belum pesannya ke semua kontak yang ada. 

Memahami pesan broadcast dan cara mengirimnya melalui WA itu penting terutama apabila kalian ingin membangun bisnis dengan digital marketing. Apabila kalian ingin mempelajari cara broadcast WA sebagai langkah digital marketing, maka kalian bisa mengikuti kursus di CourseNet. Materi yang disediakan sangat lengkap dan juga tarifnya terbilang murah dengan banyak promo tersedia di sana.

Jadi segera daftarkan diri kalian untuk mendapatkan ilmu teknologi lebih mendalam.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!