course-net
Search
Close this search box.

Home >

Perangkat Jaringan Komputer: Jenis Dan Manfaat

Friday, 15 December 2023 4:46 PM

perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer adalah sebuah sambungan yang dipakai untuk membuat komputer dapat melakukan pengiriman atau transformasi data ke perangkat lainnya. Perangkat ini sangat dibutuhkan karena yang namanya komputer tidak mungkin akan bekerja sendiri. Bagi yang ingin mengenal lebih jelas mengenai perangkat ini langsung saja simak ulasan singkat berikut ini.

Jenis-jenis Perangkat Jaringan Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan tadi yang namanya perangkat jaringan komputer memiliki peranan yang sangat penting karena tanpa adanya perangkat ini bisa membuat komputer tidak dapat bekerja dengan baik. Jenis perangkat ini ada banyak sekali dan setiap jenis perangkat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk tahu lebih jelas perangkat jaringan ini bisa baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Wireless Card

Perangkat keras jaringan komputer ini fungsinya adalah menghubungkan dua buah device tanpa menggunakan bantuan kabel. Perangkat yang bisa dihubungkan menggunakan wireless card bisa lebih dari dua buah perangkat yang nantinya akan terhubung melalui jaringan WIFI atau koneksi internet. 

Untuk yang menggunakan perangkat komputer wajib untuk membeli wireless card terlebih dahulu karena perangkat komputer belum ada yang dilengkapi alat yang satu ini. Jika perangkat yang digunakan adalah laptop tidak perlu membeli karena sudah banyak laptop keluaran terbaru yang dilengkapi wireless card

Jadi pengguna tidak perlu lagi susah-susah menggunakan wireless card secara terpisah tinggal gunakan saja perangkat ini sesuai dengan kebutuhan saja.

Modem

Jenis perangkat keras yang digunakan sebagai penghubung antara komputer dan jaringan telepon adalah modem. Perangkat ini juga memiliki peran yang sangat penting karena bisa merubah data pada sinyal menjadi sebuah analog. 

Modem ini membuat komputer bisa tersambung dengan koneksi internet tapi untuk bisa membuat hal tersebut terjadi modem harus menggunakan provider internet terlebih dahulu. Kualitas koneksi internet yang ada di komputer sangat dipengaruhi oleh kualitas modem yang digunakan. 

Kalau ternyata koneksi internet tidak terlalu bagus bisa jadi modem yang digunakan bukanlah modem dengan kualitas terbaik. Jadi perlu benar-benar memperhatikan modem yang digunakan jika ingin menikmati koneksi internet yang lancar.

LAN Card

Nama lain perangkat jaringan komputer adalah network device yang salah satunya jenisnya adalah LAN card. Perangkat ini merupakan sebuah perangkat jaringan yang fungsinya adalah menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya agar bisa berbagi data. 

Tapi perangkat ini agak berbeda dengan perangkat yang sebelumnya karena untuk menggunakan perangkat ini membutuhkan sebuah kabel agar lalu lintas data dapat berjalan optimal. Ada juga fungsi lain yang dimiliki perangkat ini yaitu menjadi alat yang dapat mengubah aliran data dari bentuk paralel untuk nantinya menjadi bentuk serial. 

Dengan perubahan bentuk data ini bisa membuat data dapat ditransmisikan melalui jaringan kabel atau UTP. Kalau ingin bisa menggunakan perangkat ini dengan baik sebaiknya ikuti pelatihan IT di CourseNet.

Bridge

Perangkat bridge merupakan perangkat jaringan komputer yang bisa digunakan untuk memperluas jaringan ke jaringan lain sehingga dapat dipakai di perangkat lain. Perangkat ini baru bisa bekerja apabila sudah mengenali alamat MAC yang mentransmisikan data ke sebuah jaringan. Setelah itu barulah perangkat ini bisa membuat tabel otomatis yang dapat menentukan segmen untuk nantinya disaring.

Router

Router juga merupakan perangkat yang sangat penting karena perangkat ini mampu menjadi penghubung antara dua jaringan atau lebih. Dengan memanfaatkan perangkat ini nantinya jadi bisa membagikan data dalam jumlah yang banyak dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Cara kerja router sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jenis perangkat lain yaitu sama-sama meneruskan data dan membagikan data ke jaringan lain. Biasanya router digunakan pada teknologi jaringan yang berbasis protokol IP. 

Router yang dipakai untuk protokol IP biasanya disebut dengan IP router. Ada juga router yang bisa dipakai untuk membuat koneksi jaringan LAN dengan layanan telekomunikasi yang dinamakan access server.

Hub

Perangkat jaringan komputer ini merupakan perangkat jaringan yang mempunyai fungsi membagi server menjadi beberapa jaringan. Meskipun termasuk perangkat yang sering digunakan tetapi perangkat ini bukan termasuk perangkat yang sempurna karena memiliki beberapa kelemahan. 

Salah satunya adalah kalau mengalami kerusakan maka transmisi jaringan ke perangkat komputer tidak akan bisa berjalan sehingga data yang dikirim ke komputer lain tidak bisa diatur kecepatannya.

Meskipun mempunyai sebuah kelemahan tetapi perangkat ini banyak yang suka menggunakan karena cara kerja perangkat ini sangatlah sederhana yaitu menyalin sekumpulan data dari sumber yang tersambung dengan port yang ada di hub. Perangkat ini nantinya akan membagikan data tersebut ke seluruh port yang sudah tersambung dengan hub.

Kabel

Kabel adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang dapat dipakai untuk menghantarkan arus dari satu perangkat ke perangkat lain. Ada banyak sekali jenis kabel yang bisa dipakai untuk digunakan di perangkat komputer dan umumnya jenis kabel yang digunakan adalah unshielded twisted pair atau UTP. 

Kabel banyak digunakan karena sangat mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. Tapi juga perlu berhati-hati kalau ingin membeli kabel karena tidak semua kabel yang dijual mempunyai kualitas yang bagus. 

Meskipun banyak keunggulan tetapi ada juga kekurangan yang dimiliki perangkat ini yaitu penggunaannya yang cukup rumit karena pengguna harus mempersiapkan lokasi penempatan kabel yang tepat.

Switch 

Perangkat jaringan komputer yang satu ini juga sering sekali dipakai karena perangkat ini mampu membagi jaringan lokal ke beberapa perangkat komputer dengan sangat baik. Cara kerja switch adalah menerima sinyal kemudian mengirimkan data jaringan dari sebuah server ke jaringan perangkat lainnya.

Banyak yang memilih menggunakan perangkat ini dikarenakan switch lebih unggul dibandingkan perangkat hub karena mampu membagi sinyal koneksi dengan lebih cerdas. Maksudnya adalah perangkat ini bisa membuat beberapa perangkat komputer memperoleh kecepatan internet yang sama. Karena memiliki keunggulan yang seperti ini membuat banyak perusahaan dan pelaku bisnis memanfaatkan perangkat ini untuk mendukung proses bisnis yang dijalani.

Manfaat Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan selain memiliki jenis yang beragam ternyata manfaat perangkat ini juga sangatlah banyak. Untuk tahu manfaatnya apa saja bisa lihat langsung penjelasan singkatnya berikut ini.

  • Membuat manajemen sumber daya menjadi lebih efisien.
  • Dapat mempermudah proses membagi data dengan lebih cepat.
  • Membuat penyampaian data menjadi lebih terpadu.
  • Keamanan data menjadi lebih terjamin.
  • Menghemat biaya pemeliharaan dan pengembangan data.
  • Membantu mempertahankan data tetap aman dan up to date.

Untuk bisa merasakan semua manfaat tersebut harus memilih perangkat jaringan yang tepat. Karena tidak semua perangkat jaringan cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Kalau merasa bingung saat memilih perangkat jaringan komputer yang ingin digunakan sebaiknya ikut pelatihan IT secara online yang diadakan CourseNet agar lebih mengenal perangkat jaringan ini.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!