course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Cara Download Laravel dengan Mudah dan Cepat

Thursday, 19 October 2023 3:22 PM

Download Laravel

Laravel merupakan salah satu kerangka kerja yang banyak digunakan oleh para developer atau pengembang website. Dengan kelebihan dan fitur yang ditawarkan, banyak orang yang mempertimbangkan untuk download Laravel.

Apa Itu Laravel

Laravel merupakan framework atau kerangka kerja pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. Laravel adalah salah satu framework PHP yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh orang. Dengan laravel, PHP menjadi lebih kuat, aman, dan cepat.

Framework ini menawarkan berbagai fitur seperti Template EngineRouting, dan Modularity yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi situs web yang powerful.

Framework ini mengikuti struktur Model View Controller atau MVC. Dengan struktur MVC, Laravel dapat mudah dipelajari dan mempercepat proses pembuatan prototype web. Laravel berfokus pada end-user, yaitu hanya fokus pada kejelasan dan kesederhanaan baik dari tampilan maupun penulisan.

Karena itulah banyak developer dan perusahaan yang menggunakan Laravel untuk membangun proyek baik yang kecil hingga besar.

Baca juga : Apa Itu Net Framework : Definisi , Pengertian & Contohnya

Keuntungan Menggunakan Laravel

Penggunaan Laravel sebagai framework pengembangan perangkat lunak memiliki sejumlah keuntungan yang membuatnya populer. Keuntungan ini dapat Anda jadikan pertimbangan untuk download Laravel. Beberapa keuntungan menggunakan Laravel yaitu :

1. Template Layout yang Ringan

Dengan template layout yang ringan, developer dapat membuat website menjadi lebih powerful. Template yang tersedia dapat di custom seperti ditambahkan berbagai macam CSS, gambar, maupun teks yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat membantu developer dalam efisiensi waktu pembuatan website.

2. Mendukung MVC

Laravel merupakan salah satu jenis framework yang menggunakan MVC. Fitur ini sangat membantu dalam pengembangan website dan memiliki file yang tersusun rapi. Framework Laravel yang terintegrasi dengan MVC memiliki performa yang optimal sehingga mempermudah proses pengembangan website.

3. Memiliki Library yang Lengkap

Laravel memiliki banyak pilihan library yang bisa digunakan. Adanya library yang lengkap dapat membantu proses membangun website, terlebih yang kompleks. Laravel memiliki library yang tidak ada di dalam framework lainnya.

4. Adanya Tool Artisan

Tools Artisan merupakan alat yang disediakan oleh framework Laravel. Fitur ini dapat membantu developer dalam mengotomatiskan tugas rutin dan mempermudah pengembangan serta pemeliharaan Laravel.

Dengan adanya tool ini, developer dapat lebih mudah menjalankan berbagai tugas dan meningkatkan produktivitas dalam Laravel.

5. Modul Bersiftat Individu dan Independen

Di dalam satu aplikasi Laravel, ada banyak modul library yang dapat digunakan. Modul tersebut bersifat individu dan juga ada yang independen. Dengan adanya modul tersebut, aplikasi web yang dihasilkan menjadi lebih powerful.

Baca juga : Sertifikasi Kursus Laravel Dalam Penunjang Karir Web Developer

Cara Download Laravel di Windows dengan Mudah

Untuk download Laravel, prosesnya cukup mudah dan sederhana. Sebelum menginstall Laravel, pastikan Anda telah memiliki aplikasi pendukung ini yaitu XAMPP dan Composer.

Berikut beberapa tahap untuk download Laravel di Windows :

1. Download Laravel Menggunakan Composer

Setelah menginstall Composer, Anda dapat menggunakannya untuk menginstal Laravel di sistem Anda. Pertama, buka Command Prompt dan lakukan perintah berikut :

composer create-project laravel/laravel app-name

Semua file Laravel yang relevan akan secara otomatis terinstal untuk membuat proyek baru.

2. Verifikasi Penginstalan Laravel

Anda dapat melakukan verifikasi bahwa Laravel telah berhasil di download dengan cara membuka Command Prompt dan lakukan perintah berikut :

laravel --version

Anda akan melihat versi Laravel jika instalasi telah berhasil.

3. Memulai Server

Setelah selesai membuat proyek aplikasi baru, Anda perlu memulai server. Lakukan perintah berikut ini :

cd app-name
php artisan serve

4. Jalankan Proyek di Browser Anda

Setelah server dimulai, Anda dapat mengakses proyek aplikasi Anda melalui browser web. Untuk melakukannya, Anda dapat membuka browser dan buka tautan berikut ini yaitu https://localhost:8000

Barulah Anda dapat mulai mengembangkan aplikasi web dengan menggunakan Laravel di sistem Anda.

Kesimpulan

Terdapat banyak keuntungan yang dapat Anda miliki dengan menggunakan Laravel. Cara untuk men-download Laravel mungkin terlihat sulit, namun jika mengikuti langkahnya dengan benar maka Anda akan berhasil mengunduhnya ke sistem komputer Anda.

Jika masih merasa kesulitan dalam mengusai website atau Laravel, Anda dapat mengikuti kursus Laravel di Course-Net. Segera upgrade skill Anda dan bangun karier sebagai Laravel Back End Wep Developer!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!