course-net
Search
Close this search box.

Google Data Studio Adalah ? Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya

Minet

March 16, 2023

Google Data Studio Adalah ? Simak Penjelasannya

Google Data Studio Adalah ? Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya – Semua pasti setuju bahwa memiliki data yang sangat lengkap itu memang penting. Namun, jika informasi di dalam data itu sulit dipahami, tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Data yang sulit dipahami tentu akan sulit dibaca oleh orang lain dan hal ini adalah masalah besar. Sebagai jawaban dan solusi atas masalah tersebut, Google Data Studio hadir di tengah-tengah kita.

Tools yang satu ini bisa menampilkan data supaya lebih mudah untuk dibaca. Dengan begitu, maka Anda dapat menentukan rencana pengembangan website maupun membuat strategi bisnis dengan lebih tepat dan cepat. Sudah tahu apa itu Data Studio? Jika belum, yuk cari tahu lebih jauh mengenai tools yang satu ini!

Google Data Studio Adalah ? Simak Penjelasannya

Apa Itu Google Data Studio?

Google Data Studio Adalah ? Simak Penjelasannya

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, apa itu Google Data Studio yang sebenarnya? Jadi, Google Data Studio adalah Google tools yang berguna untuk analisa data secara gratis. Dengan menggunakan tools ini, maka Anda bisa menampilkan data yang mudah dipahami dan visualnya juga lebih menarik.

Selain itu, penggunaan Google Data Studio juga memungkinkan Anda dapat mengolah data-data dari berbagai sumber dengan secara terpusat. Jangan khawatir terbatas pada layanan Google seperti Google Sheet saja, disini Anda bisa menghubungkannya dengan platform lain, seperti website atau aplikasi layanan pihak ketiga.

Nantinya, seluruh data yang telah dikumpulkan dapat diolah kemudian ditampilkan dalam dashboard. Dengan kemudahan penggunaan yang dimiliki, maka Data Studio dapat digunakan oleh para pemula. Platform ini sangat penting untuk dipelajari karena bisa menjadi senjata yang ampuh untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk sebuah bisnis.

4 Fungsi Utama Google Data Studio

4 Fungsi Utama Google Data Studio

Sebagai tools buatan Google, Data Studio tentu hadir dengan fitur yang lengkap, sehingga fungsinya juga sangat banyak. Namun, ada empat fungsi utama dari Data Studio tersebut. Lalu, apa saja fungsi dari Data Studio? Berikut penjelasan fungsi Data Studio Google secara lengkap.

  1. Transformasi Data

Fungsi dari Data Studio yang pertama adalah dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang bisa dipahami secara mudah. Bahkan, adanya fitur Explorer pada tools ini juga memungkinkan Anda bisa memanipulasi data tersebut dengan menggunakan filter, rumus, dll.

  1. Integrasi Data

Dengan menggunakan Data Studio, Anda juga bisa mengumpulkan data dari berbagai jenis sumber sekaligus menyatukannya menjadi satu pada sebuah dashboard. Misalnya, Anda dapat menampilkan data-data dari Facebook Ads menggunakan Google Ads yang dipakai untuk mendukung marketing setelah Anda membangun sebuah website toko online.

  1. Sharing Data

Fungsi Google Data Studio berikutnya yaitu membagikan informasi kepada banyak orang dengan tujuan untuk menentukan strategi bisnis yang terbaik. Ini didukung melalui adanya fitur data sharing yang sifatnya real time. Hal ini berarti bahwa Anda dapat mengundang orang lain untuk melihat maupun mengedit dashboard secara bersama-sama. Seluruh perubahan pun bisa dilihat pada waktu yang bersamaan.

  1. Visualisasi Data

Jika sudah menentukan informasi dari data-data yang dimiliki, Anda dapat memvisualisasikan data-data tersebut supaya lebih mudah untuk dipahami dan sesuai dengan target audiens. Biasanya, penggunaan pie chart atau grafik cukup efektif untuk memahami suatu informasi. Dengan Data Studio, maka Anda tidak hanya melihat deretan angka saja, melainkan juga persentase dan perbandingan data yang lebih jelas.

Keunggulan

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki, maka Data Studio memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan tools-tools lainnya. Keunggulan inilah yang membuat Data Studio semakin banyak digunakan oleh orang-orang. Berikut ini adalah beberapa keunggulan Google Data Studio.

  1. Sumber Data yang Sangat Luas

Data Studio membebaskan Anda untuk mengakses banyak sumber data sekaligus, bahkan sumber data yang tergolong critical platforms. Contoh beberapa critical platforms yang dapat Anda gunakan untuk Data Studio yaitu Google Analytics, Search Console, YouTube, Google Ads, Cloud SQL, dll.

  1. Pilihan Widget yang Lengkap

Meskipun sering disebut mirip seperti Google Analytics, namun Google Data Studio merupakan tool dengan fitur yang lebih lengkap. Google Analytics hanya menghadirkan opsi 12 grafik saja di sebuah laporan. Sementara itu, Data Studio dapat mengakses lebih banyak opsi widget. Mulai dari heat graph, time series graph, pie chart, dan masih banyak lagi.

  1. Mudah Dibagikan

Setiap laporan yang dibuat menggunakan Data Studio nantinya akan mudah dibagikan ke semua anggota tim dengan cepat. Tentunya ini dapat mempercepat proses kerja serta mampu meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Seperti halnya Google Docs, pada Data Studio juga memungkinkan adanya perubahan secara real time sembari melakukan sharing file dengan anggota lain. Ini berarti bahwa semua orang dapat melihat file tersebut serta melakukan perbaikan, input data, aktivitas lain di waktu bersamaan.

  1. Laporan yang Interaktif

Bukan hanya sederhana serta tidak sulit untuk dimengerti, laporan yang Anda buat pada Data Studio juga dapat dibuat interaktif. Bagan dan grafik yang Anda tampilkan dapat dibuat semenarik mungkin sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa membuat laporan jadi lebih mudah dipahami dan dimengerti karena memiliki visualisasi yang menarik.

  1. Laporan Sangat Mudah Dibaca

Karena semua data sangat fleksibel dan dapat diatur secara bebas, maka Google Data Studio merupakan tool yang akan mempermudah penyajian data sesuai preferensi tim Anda. Tema, warna, font, layout, dan lainnya dapat diatur supaya tampilan laporannya dapat dimengerti siapa pun dengan mudah.

  1. Banyak Template Gratis

Tak perlu khawatir dan bingung harus membuat sebuah laporan dari nol. Data Studio merupakan tool yang menghadirkan banyak pilihan template gratis, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mencari cara menggunakannya. Bahkan, pada tools ini juga tersedia template untuk industri yang lebih spesifik, seperti e-commerce, kuliner, fashion, dll.

Bagaimana Cara Menggunakan ?

Tidak sulit jika Anda ingin mencoba menggunakan Data Studio. Apalagi, sudah banyak tutorial Google Data Studio yang menjelaskan hal ini. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengakses website resmi melalui link https://www.google.com/analytics/data-studio. Selanjutnya, silahkan login terlebih dahulu.

Pada dashboard yang muncul, Anda nantinya akan menemukan contoh laporan yang dapat dipelajari untuk membuat visualisasi data berdasarkan data-data yang Anda miliki. Selain itu, dashboard juga menampilkan Google Data Studio tutorial yang akan mengajarkan langkah demi langkah tentang bagaimana cara menggunakan Data Studio untuk para pemula.

Umumnya, untuk memulai fitur ini Anda hanya perlu membuka menu Reports dan Data Sources yang akan menghubungkan laporan dengan sumber-sumber data pilihan. Selanjutnya, tinggal klik saja pada tanda panah yang berada di pojok kanan bawah halaman agar proses pengerjaan laporan baru di Data Studio dapat dimulai.

Demikian pembahasan kali ini tentang Google Data Studio mulai dari pengertian, fitur utama, kelebihan, serta cara menggunakannya. Untuk informasi lebih banyak tentang dunia teknologi digital, Anda bisa mendapatkannya di Course-Net. Pastikan Anda selalu update dengan teknologi terkini agar tidak ketinggalan informasi menarik seputar serba-serbi teknologi digital. Yuk join kelas IT hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print