Tips Memilih Server Terbaik : Pengertian Dan Jenisnya

Tips Memilih Server Terbaik : Pengertian Dan Jenisnya – Selama ini Anda sering kali mengakses berbagai jenis perangkat mulai dari desktop hingga ponsel. Meskipun demikian, seberapa jauh Anda memahami tentang server?

Apa itu server? Pada dasarnya sering disebut sebagai peladen, yang merupakan jaringan komputer dengan tugas untuk mengelola dan melayani berbagai permintaan pengguna.

Keberadaan peladen tersebut sangat penting bagi dunia IT, bahkan menjadi kunci dari keberhasilan berbagai hal yang diakses end user.

Mau Belajar Server ? Yuk Simak Tips Memilih Server Terbaik

Pengertian Server yang Harus Anda Pahami

Server adalah sistem dalam komputer yang mencakup layanan khusus berkaitan dengan penyimpanan data. Data yang tersimpan tersebut bisa berisi dokumen atau informasi yang kompleks. Layanan tersebut untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Peranan penting peladen adalah untuk menyediakan layanan berupa akses lebih cepat dalam mengirim dan menerima data atau informasi yang tersedia.

Jika dilihat dari segi fisik, wujud peladen ini adalah komputer dengan ukuran yang besar dan terdiri dari berbagai komponen yang didukung RAM dan prosesor tinggi.

Baca Juga : 12 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Database Server

Jenis-Jenis Server

Nah bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut, ketahui terlebih dahulu yuk jenis-jenisnya berikut ini.

1. Web Server

Web server merupakan jaringan komputer yang tujuannya memberikan pelayanan khusus terhadap permintaan dari HTTP dan HTTPS. Peladen web ini menerima berbagai kode yang berasal dari browser kemudian mengirimkannya kembali ke dalam bentuk laman website.

Nah laman website dikirimkan oleh peladen web dengan bentuk dokumen HTML dan CSS untuk diproses oleh browser menjadi sebuah laman website yang menarik, serta bisa dibaca pengguna.

Fungsi utama peladen web ini adalah mengirimkan dokumen yang diminta pengguna melalui browser sesuai dengan protokol khusus. Sehingga pengguna nantinya dapat mengakses laman yang diminta baik berupa gambar, teks, video dan lain-lain menggunakan browser.

2. Mail Server

Mail Server

Mail server dibutuhkan untuk melayani pengguna ketika akan mengirim atau menerima pesan secara elektronik. Peladen ini dibagi ke dalam dua kategori diantaranya peladen surat masuk dan peladen surat keluar.

Surat masuk terdiri atas IMAP dan POP3 atau Post Office Protocol 3rd Version, yaitu protokol pesan secara elektronik untuk menyimpan pesan yang dikirimkan dan diterima pada Local Hard Drive.

Sementara IMAP atau Internet Message Access Protocol adalah protokol yang digunakan untuk menyimpan salinan pesan yang dikirimkan dan diterima.

Dengan kata lain, fungsi dari peladen ini adalah untuk saling bertukar pesan kepada sesama pengguna dengan langkah protokol tertentu serta file yang mendukung gambar, teks dan lain-lain sesuai dengan yang diinginkan client web.

3. Database Server

Database Server

Peladen database ini merupakan jaringan komputer yang memberi layanan pengelolaan basis data dan menerima permintaan klien yang akan mengakses basis data tersebut.

Database ini terdiri atas empat jenis yaitu flat file database, object database, relation database dan relational object database.

Kegunaan server ini adalah untuk memberikan layanan big data pada para pengguna secara teratur, sehingga mudah ketika melakukan pencarian. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan layanan ini sebagai penyimpanan informasi penting sesuai dengan kebutuhan.

4. File Server

Peladen ini merupakan jaringan komputer yang dapat memberi akses dimana lokasi disk. Lokasi ini berisi file yaitu gambar, musik, video, database, dokumen dan lain-lain.

Server ini sudah dirancang sedemikian rupa agar pengguna bisa menyimpan dan mengambil data melalui workstation.

Fungsi utama dari peladen ini sebagai jantung jaringan komputer cepat dengan menggunakan kapasitas hardisk yang besar dan RAM tinggi. Peladen ini memungkinkan kontrol komunikasi dan informasi yang terjadi diantara komponen jaringan. Klien bisa mengakses layanan diantaranya manajemen file, download data, upload data dan lain-lain.

Baca Juga : cPanel Adalah: Definisi, Pengertiannya, serta Kegunaannya

5. DHCP Server

Dinamic Host Configuration Protocol adalah jaringan yang fungsinya menjalankan layanan IP Adress dan informasi mengenai TCP/IP untuk klien. Biasanya sistem operasi ini adalah Windows 2000 dan GNU/Linux.

Fungsi utama dari peladen ini adalah memberikan layanan berupa alamat IP pada klien secara otomatis dalam jaringan TCP/IP yang diminta. Sehingga peran dari administrator tidak disibukkan dengan pembuatan alamat IP manual untuk para klien sebab sudah langsung disediakan oleh peladen.

6. Proxy

Proxy server merupakan jaringan komputer yang berperan penting sebagai perantara antara peladen web dengan penggunanya. Tiap pengguna ketika mengakses internet akan melewati adanya proxy terlebih dahulu sebelum lanjut ke peladen web.

Fungsi utama dari proxy ini adalah mengamankan alamat IP yang digunakan pengguna ketika sedang mengakses internet. Alamat IP mudah terlihat jika tidak dilindungi proxy sehingga sangat rawan terkena virus dan malware.

Pengguna dapat mengatur sendiri pemblokiran pada beberapa website yang tidak diinginkan sebagai bentuk pencegahannya.

7. FTP

File Transfer Protocol adalah server yang berupa protokol internet yang memberi akses data dalam satu jaringan. Klien bisa meminta akses untuk saling bertukar file.

Proses yang dilakukan FTP ini menggunakan kode ASCII yang berbahaya karena tidak adanya enkripsi dalam proses tersebut. Sehingga terdapat SFTP yang memberi keamanan untuk klien dalam melindungi data yang ditransfer.

Fungsi dari FTP ini adalah memberi layanan pada klien dalam melakukan transfer data yang tersimpan dalam peladen tersebut.

8. Game

Peladen ini khusus digunakan bagi seorang gamer Anda akan merasakan sensasi bermain game lebih baik dari pengguna lain. Sebab banyak developer game saat ini menghadirkan game dengan basis multiplayer online. Sehingga kapasitas permainan sering kali lag.

Nah, peladen game ini sendiri terdiri atas dua kategori yaitu eksternal dan internal. Dimana peladen internal adalah penyimpanan data yang langsung disediakan oleh pengembang game. Sementara internal adalah penyimpanan yang ada pada komputer pengguna.

Baca Juga : Pengertian Pseudocode Untuk Developer Pemula

Tips Memilih Server

Jika Anda akan menggunakan peladen untuk menunjang kebutuhan kerja Anda maka pahami dengan detail bagaimana kualitas layanan yang dihadirkan.

Anda harus memahami spesifikasi dari peladen yang akan digunakan misalnya teknologi, penyimpanan data, kecepatan prosesor, kapasitas RAM dan kecepatan jaringan.

Kemudian pertimbangkan pula dari segi fitur tambahan yang disediakan. Misalnya control button, bulit in anti DDOS, control button, secure access sharing dan lain-lain.

Jangan lupa untuk mengecek bagaimana review dari pengguna lain yang sudah pernah berlangganan peladen tersebut. Anda bisa mengetahuinya dari blog, forum diskusi hingga penelusuran di internet mengenai penyedia layanan tersebut.

Mudah Bukan Tips Memilih Server Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, cukup beragam bukan jenis peladen yang saat ini ada. Sederhananya, fungsi peladen secara umum adalah penyedia layanan bagi klien dan pengguna agar bisa mengirim, menyimpan, menerima dan mengolah berbagai jenis data melalui protokol khusus.

Server memiliki tanggung jawab di dalam pengaturan dalam lalu lintas transfer data. Dimana perangkat tersebut akan mengatur arus transfer informasi diantara pengguna. Peladen ini harus mempunyai kapasitas penyimpanan dan RAM besar agar bisa menampung banyaknya permintaan dari pengguna dalam waktu bersamaan.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi