URL, URI, URN: Pengertian dan Perbedaan Ketiganya

URL, URI, URN merupakan istilah yang sering didengar. Terdengar mirip tetapi ternyata ketiganya memiliki arti yang sangat berbeda.

URL merupakan salah satu istilah yang paling sering didengar dan sering kita sebut juga dengan link. Sebenarnya apa perbedaan antara URI URL dan URL? Berikut ini akan diulas dengan lengkap perbedaan ketiganya.

Perbedaan URL URI URN Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Website

Apa itu URI?

URI atau uniform resource identifier merupakan ring karakter yang mengidentifikasi nama ataupun resource di internet. URI ini dapat mengidentifikasi reset berdasarkan dari lokasi nama ataupun keduanya. Urus sendiri punya dua spesialisasi yang juga sering dikenal dengan URL atau Uniform Resource Locator dan juga URL atau Uniform Resource Name.

Sederhananya URL dan URN merupakan bagian dari URI.

Cara Kerja URI

Cara Kerja URI

Setelah paham dengan URI Maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara kerja URI. PURI ini menyediakan cara yang sederhana dan bisa diperluas untuk dapat mengidentifikasi resource internet. Tak hanya itu saja urut juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi berbagai resource yang ada seperti buku, file, dokumen, gambar, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa elemen yang ada dalam sintaks URI.

1. Authority

Elemen pertama dari URI yaitu ada authority yang merupakan elemen dengan beberapa bagian yaitu :

  • Host merupakan nama domain atau alamat IP yang sudah teregistrasi
  • User info, merupakan password atau username yang dapat dipisahkan oleh tanda titik dua
  • Port yaitu protokol yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke server
  • Scheme atau skema. Skema ini merupakan elemen pertama yang ada pada sintak URI.
  • skema yaitu protokol yang dapat digunakan untuk akses resource. Elemen skema ini tidak peka pada huruf besar dan juga huruf kecil lalu dipisahkan dari objek lain dengan menggunakan titik dua.

Beberapa skema URI diantaranya yang paling umum digunakan ada https, http, mailto, file, dan tenlet lain sebagainya.

2. Path

Path ini merupakan jalur yang memiliki urutan skema data untuk dapat menunjukkan lokasi dari resource.

3. Fragmen

Fragmen merupakan elemen yang memiliki sifat opsional. ini digunakan untuk memberikan arahan kepada resource sekunder. Biasanya elemen fragmen ini diawali dengan hashtag atau tanda pagar (#).

4. Query

Query ini merupakan suatu komponen yang memiliki sifat opsional dan juga isinya tentang string query data non hierarkis. Biasanya string pasangan berupa key atau value yang diawali dengan menggunakan tanda tanya (?).

Tipe-tipe URI

Sebelumnya sudah di singgung bahwa URI ini punya dua subset atau dua tipe yaitu ada URL dan URL. Salah satu yang paling sering didengar yaitu URL tetapi apakah Anda familiar dengan URN? Berikut ini akan diulas dengan lengkap terkait penjelasan dari URL dan URN.

Apa itu URL?

URL URI URN

URL, URI, URN ini merupakan ketika hal yang tidak bisa dipisahkan. URI dan URL memiliki perbedaan. Istilah URL merupakan suatu istilah yang paling sering didengar dalam penyebutan alamat website. URL adalah cara untuk dapat menemukan lokasi file yang ada di internet baik itu situs video gambar program perangkat lunak atau jenis lainnya.

URL memiliki fungsi yang sama dengan URI yaitu sama-sama melakukan identifikasi resource hanya saja struktur keduanya yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa URL sudah pasti merupakan URI sedangkan tidak semuanya dari URI merupakan URL.

URL memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai berikut.

  • Penamaan file yang disimpan pada website

Fungsi pertama dari URL yaitu untuk dijadikan penamaan pada file di website. Hal tersebut dapat sesuai dengan pengertian URL seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Memudahkan user untuk akses website

URL bisa digunakan untuk memudahkan user dalam mengakses website. Selain itu URL juga dapat digunakan untuk memudahkan user dalam mengingat alamat yang pernah dikunjungi sebelumnya.

  • Memberikan alamat dokumen

Fungsi dari URL selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk pemberian alamat pada setiap web dimana di setiap tersebut ada file atau dokumen di dalamnya.

  • Memudahkan untuk identifikasi file

Fungsi selanjutnya yang dimiliki URL yaitu dapat digunakan untuk identifikasi sebuah file ataupun dokumen baik itu dalam bentuk gambar atau bentuk lain yang dengan begitu mudahnya.

Bila Anda mengakses sebuah website dengan alamat IP maka akan kurang efektif untuk digunakan. Hal tersebut karena Anda harus menghafalkan terlebih dahulu alamat IP yang sering Anda kunjungi.

Oleh karena itu URL ini akan sangat membantu user untuk menyusuri internet tanpa perlu menghafalkan alamat IP yang sering dikunjunginya.

URL, URI, URN ini tidak bisa dipisahkan dan URL dengan URN merupakan bagian dari URI

Setiap URL akan berisi nama domain dan komponen lain yang diperlukan dalam menentukan halaman ataupun konten tertentu.

Domain merupakan nama situs atau nama yang menunjukkan sebuah alamat pada suatu situs. Domain ini menunjukkan server web yang akan diminta. Sebagai contoh twitter.com facebook.com dan lain sebagainya. Jenis domain ini ada dua yaitu domain berbayar dan domain gratis.

Pada domain berbayar contohnya ada .com .info dan .net. Sedangkan untuk domain gratis contohnya menggunakan subdomain blogger.com. Alternatif lainnya yaitu menggunakan alamat IPs.

Domain ini akan memudahkan pengunjung mengakses halaman website yang mereka buka lewat web browser hanya dengan mengetikkan alamat saja tanpa perlu mengamalkan IP address seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga : Tips Mencari Expired Domain Yang Wajib Kamu Ketahui

Domain sendiri memiliki beberapa jenis yaitu ada TLD atau Top Level Domain, ccTLD atau Country Code Top Level Domain, dan gTLD yaitu Generic Top Level Domain.

Apa itu URN

Setelah paham URL, URI, URN Anda juga perlu paham tipe URI. Tipe kedua dari URI yaitu ada URN yang merupakan pengidentifikasian tetap yang terkait dengan lokasi. Hal ini berarti URN dapat digunakan untuk identifikasi resource secara permanen.

Meskipun memang datanya dapat dipindah ke lokasi lain. Dalam URN ada skema yang membedakan untuk tiap resource. Ada tiga komponen yang dimiliki oleh URN yaitu sebagai berikut.

  • NID, yaitu pengidentifikasian dan yang sudah terdaftar pada IANA. Dapat berupa angka huruf atau-yang kemudian diikuti dengan tanda titik dua.
  • URN, setiap URN akan diawali dengan URN yang jadi spesifikasi dari skema.
  • NSS, merupakan sering khusus untuk identifikasi resource internet. NSS ini dapat berupa tanda baca angka ataupun dapat berupa karakter khusus.

Perbedaan URL URI URN

URL, URI, URN ini ketiganya saling berkaitan dan berhubungan jadi Anda harus paham betul terkait dengan ketiganya. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari URI dan URL.

  • URI merupakan subset dari URL dan URN, sedangkan URL merupakan bagian dari URI.
  • URI mengidentifikasi resource dan dapat membedakan berdasarkan nama, lokasi, ataupun keduanya. Sedangkan untuk URL ini mengidentifikasi hanya lokasi tertentu saja.
  • Komponen yang dimiliki oleh URI yaitu berupa skema, authority, query, path dan fragmen. Sedangkan untuk URL ini memiliki komponen yang mirip dengan URI yaitu port dan domain.

Itulah beberapa informasi terkait dengan perbedaan URL URN dan URI serta pengertian URL, URI, URN yang harus Anda ketahui.

Mau Belajar Website ? Ikuti Pelatihan Pembuatan Website

Mau belajar lebih dalam soal website ? Ikuti beberapa kursus pelatihan yang tersedia di Course-net, Salah satunya adalah pelatihan belajar flutter yang bisa anda ikuti. Untuk cara cepat mengikuti pelatihan, kamu bisa mengisi form dibawah ini :

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Nikmati berita dan informasi lainnya di Course-Net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!