course-net
Search
Close this search box.

Home >

Rekomendasi Tempat Sertifikasi Data Analyst Terbaik

Friday, 13 October 2023 4:30 PM

Sertifikasi Data Analyst

Data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang populer dan banyak dicari orang. Profesi ini banyak dicari oleh perusahaan, bahkan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Karena itu banyak orang yang membutuhkan sertifikasi data analyst agar bisa terjun ke profesi tersebut.

Data analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis data menggunakan tools tertentu.

Banyak skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang data analyst. Pekerjaan tersebut sangat penting bagi perusahaan, terutama untuk pengambilan keputusan terkait strategi pemasaran, penjualan, dan sebagainya. Hal tersebut merupakan faktor utama dalam proses berkembangnya suatu perusahaan.

Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Data Analyst

Untuk menjadi data analyst, tentunya terdapat berbagai skill yang perlu Anda kuasai. Hal tersebut sangat dibutuhkan karena melakukan analisis data tidak bisa secara asal melainkan sesuai perhitungan yang tepat.

Berikut beberapa contoh skill yang harus dimiliki oleh seorang data analyst :

  • Menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, Python dan R
  • Mengoperasikan Microsoft Excel
  • Analisis data
  • Matematika & statistika
  • SAS
  • Data management
  • Visualisasi data

Skill tersebut dapat Anda kuasai setelah menyelesaikan sertifikasi data analyst. Memang tidak mudah untuk menguasainya, namun dengan banyak berlatih maka skill tersebut akan terasah

Baca Juga : Mengenal Pekerjaan Data Analyst Dan Peluang Karir

Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst

Seorang data analyst memiliki tugas untuk mengambil data dan melakukan analisis untuk melihat tren yang sedang terjadi, membuat prediksi, serta membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang baik.

Bukan hanya itu saja, berikut beberapa contoh tugas dan tanggung jawab data analyst yang harus dimiliki :

1. Mengumpulkan Data

Langkah paling pertama dalam analisis data yaitu mengumpulkan data. Data yang dapat digunakan dapat berupa data primer dan sekunder. Data-data yang dikumpulkan akan disimpan. Jika ingin digunakan, maka data tersebut akan dibersihkan dan disortir sesuai dengan kebutuhan untuk analisis.

2. Menganalisis Data

Tugas seorang data analyst tentunya untuk menganalisis data. Tahap tersebut dilakukan setelah berhasil mengumpulkan semua data yang diperlukan dan melakukan pembersihan.

Untuk menganalisis data, harus menggunakan tools tertentu. Dari proses analisis tersebut maka pola-pola pada data dapat diidentifikasi. Pola tersebut dapat menjadi dasar informasi untuk menjalankan bisnis.

3. Menyiapkan Laporan

Membuat laporan merupakan salah satu tugas seorang data analyst. Mereka bertanggung jawab atas hasil analisis tersebut membuatnya menjadi presentasi yang mudah dipahami oleh para stakeholder atau pengambil keputusan.

Laporan tersebut dapat dibuat menjadi visualisasi data. Bentuknya yaitu bisa dalam bentuk grafik, diagram, ataupun bagan. Dari hasil laporan tersebut, diadakanlah pengambilan keputusan untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

4. Berkolaborasi dengan Divisi Lain

Data analyst harus berkolaborasi dengan divisi lain untuk memperkuat data agar menjadi lebih akurat.Berkolaborasi dilakukan bukan hanya sebatas untuk menggali data, namun juga untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan berdasarkn data.

Contohnya yaitu ketika data analyst ingin menggali data mengenai traffic dari situs web perusahaan, maka harus berkolaborasi dengan tim marketing karena mereka yang memiliki data tersebut. Ketika ingin memperbaiki sistem dan mengembangkan kebijakan untuk tata kelola data, maka dapat berkolaborasi dengan programmer atau computer engineer.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan antara Data Analyst dan Data Scientist

Rekomendasi Tempat Sertifikasi Data Analyst Terbaik

Jika ingin terjun ke profesi ini, Anda harus mempelajari dan menguasai skill yang diperlukan oleh data analyst. Anda dapat mengikuti pelatihan tertentu seperti kursus atau sertifikasi data analyst. Dengan mendapatkan sertifikat, maka Anda dapat mulai melamar pekerjaan menjadi data analyst dan bahkan sertifikat tersebut dapat digunakan untuk kenaikan jabatan jika Anda sudah berprofesi di bidang itu.

Course-Net merupakan tempat yang tempat untuk mendapatkan sertifikasi data analyst. Anda akan mendapatkan materi yang berkualitas dan bimbingan dari Coach kelas dunia. Dengan ikut kursus, Anda akan lebih cepat menguasai berbagai skill yang akan berguna untuk pekerjaan Anda.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?