course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Cara Belajar Data Analyst Untuk Pemula

Friday, 6 October 2023 9:38 AM

Belajar Data Analyst

Data merupakan kumpulan fakta atau informasi yang dapat dianalisis dan digunakan untuk berbagai tujuan. Hal itu sangat berharga bagi suatu perusahaan dan individu, karena data merupakan aset. Perusahaan membuat pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis dari data yang dikumpulkan atau dimiliki, dan dapat berpengaruh untuk masa depan perusahaan tersebut.

Karena itulah, saat ini profesi sebagai Data Analyst sedang sangat populer, karena setiap perusahaan membutuhkannya. Banyak orang yang ingin belajar data analyst karena pekerjaan tersebut tidaklah mudah. Tanggung jawab yang dipegang pun juga besar karena perusahaan bergantung pada hasil analisis.

Sebelum membahas cara belajar Data Analyst untuk pemula, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Data Analyst.

Mengenal Apa Itu Data Analyst

Data Analyst adalah orang yang bertanggung jawab dalam melakukan berbagai tugas analisis dan riset data dengan menggunakan tools tertentu. Peran data analyst penting dalam membantu perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan bukti data dan juga mengatasi masalah bisnis.

Seorang data analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk memberikan wawasan yang berharga kepada organisasi atau perusahaan. Keberadaannya sangat dibutuhkan karena memberikan pengaruh terhadap peningkatan keuntungan dan kredibilitas perusahaan.

Data analyst merupakan peran yang penting dalam dunia bisnis saat ini, dan mereka dapat bekerja di berbagai sektor seperti keuangan, pemasaran, dan sebagainya. Mereka membantu perusahaan atau institusi untuk mengambil keputusan berdasarkan bukti data yang kuat, yang dapat membawa dampak positif pada pertumbuhan bisnis.

Baca juga : Cara Menjadi Data Analyst dengan Penghasilan Besar

Tugas Data Analyst

Seorang Data Analyst bertanggung jawab atas apa yang berhubungan dengan data perusahaan. Karena itu, perannya sangat dibutuhkan karena data merupakan aset perusahaan dan dapat digunakan sebagai bahan untuk menganalisis.

Berikut beberapa tugas Data Analyst :

1. Mengoleksi Data

Sebelum mengumpulkan data, seorang Data Analyst harus tau apa yang diinginkan stakeholder serta apa tujuan dan harapan dari hasil bisnis tersebut. Anda juga harus tahu alasan mengapa dilakukan analisis tersebut, jenis analisis apa yang ingin digunakan, dan apa data yang ingin dianalisis.

Setelah itu, Data Analyst mengumpulkan data dari berbagai sumber. Biasanya dari data internal, pelanggan, pasar, dan bisa juga dari sumber eksternal.

2. Pembersihan Data

Seringkali, data yang telah dikumpulkan memiliki masalah seperti hilang, terduplikat, atau error. Di situlah tugas seorang Data Analyst untuk membersihkan data ini agar dapat diolah dengan benar.

Selain itu Data Analyst juga dapat menggabungkan data dari berbagai sumber dan juga membuat data yang lebih sederhana untuk dapat melanjutkan tahap selanjutnya yaitu analisis.

3. Analisis Data

Setelah mengumpulkan dan membersihkan data, mulai tahapan selanjutnya yaitu analisis data. Data tersebut akan dianalisis dan ditafsirkan menggunakan tools.

Tools dapat mempermudah dalam mengatur informasi sehingga dapat lebih mudah menarik kesimpulan dari data tersebut. Bukan hanya itu, tools juga dapat membuat prediksi yang tepat sehingga bisa memberikan saran untuk pengambilan keputusan.

4. Visualisasi Data

Selesai melalui semua proses itu, yang terakhir Data Analyst akan membuat visualisasi dari hasil analisis. Hasil analisis harus bisa mudah dipahami oleh orang lain. Caranya yaitu dengan mem-visualisasikan data tersebut menjadi bentuk grafik, bagan, poin, atau dijadikan presentasi.

Hasil tersebut akan ditampilkan dan dipresentasikan kepada para stakeholder. Setelah itu maka terjadilah proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis data yang telah dikumpulkan.

Skill yang Dibutuhkan

Untuk menjadi Data Analyst, Anda harus memiliki dan menguasai beberapa skill. Skill sangat dibutuhkan untuk profesi ini karena menjalankan jobdesc-nya, tidak dapat dilakukan secara asal.

Beberapa skill berikut ini wajib dimiliki oleh seorang Data Analyst :

  • Analisis data
  • Mengoperasikan Microsoft Excel
  • Menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, Python dan R
  • Matematika & statistika
  • SAS
  • Data management
  • Visualisasi data

Baca juga : Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Cara Belajar Data Analyst

Anda yang tertarik untuk belajar Data Analyst pasti penasaran bagaimana cara untuk belajarnya. Anda harus bisa mempelajari hard skills dan soft skills. Beberapa caranya yang dapat Anda lakukan yaitu :

1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Untuk menjadi Data Analyst, Anda wajib menguasai 3 bahasa pemrograman ini yaitu SQL, Python, dan R.

SQL digunakan untuk berbagai tugas berbasis data seperti mengambil, memperbarui, menghapus data, atau memasukkan data baru. Phyton digunakan untuk melakukan perhitungan statistik, membersihkan data, membuat visualisasi data, dan machine learning. R digunakan untuk mengolah data dan grafik, terutama untuk analisis statistik.

2. Pelajari Tools Untuk Menganalisis Data

Terdapat berbagai tools yang dapat digunakan tergantung kebutuhan. Anda harus belajar untuk menguasai tools tersebut. Anda dapat mempelajari beberapa tools ini, seperti Excel, Tableau, SPSS, bahasa pemrograman, dan lainnya.

3. Asah Hard Skills dan Keterampilan Setiap Hari

Untuk menguasai sesuatu, tentunya Anda harus melatihnya. Belajar teori saja tidaklah cukup, namun Anda harus langsung mempraktekkannya.

Memang, mungkin akan ada banyak skill yang harus dipelajar, namun Anda tidak bisa mempelajarinya sekaligus. Pastikan Anda untuk benar-benar memahami materi yang dipelajari barulah melanjutkan materi berikutnya.

4. Ikut Kursus

Terkadang, belajar sendiri terasa sulit. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengikuti kelas dan kursus Data Analyst. Anda dapat dibimbing oleh mentor sehingga dapat langsung bertanya jika ada yang tidak dimengerti.

Setelah mengikuti programnya Anda juga bisa mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Sertifikat tersebut merupakan bukti valid bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan pelatihan keterampilan.

Salah satu tempat kursus rekomendasi untuk belajar Data Analyst yaitu Course-Net, sebuah lembaga pelatihan IT No 1. Anda akan dibimbing oleh coach kelas dunia dan tentunya materi yang dipelajari pun berkualitas.

Kunjungi Course-Net untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?