course-net
Search
Close this search box.

5 Tren Software Development di Masa Mendatang

Minet

August 7, 2020

5 Tren Software Development di Masa Mendatang

5 Tren Software Development di Masa Mendatang – Industri software development atau pengembang perangkat lunak merupakan salah satu industri yang tengah berkembang dengan cukup cepat. Dengan pertumbuhan teknologi sangat cepat dan perkembangan industri 4.0, maka banyak sektor bisnis membutuhkan perangkat lunak (software) yang mampu membantu operasional bisnisnya.

Sebagai seorang software developer, Anda harus mengikuti perkembangan tren teknologi ini. Untuk itu, pahami baik-baik 5 tren software development di masa mendatang berikut yang perlu Anda ketahui.

Kemampuan menyeluruh dalam software

Kamu bisa ikut kursus coding atau belajar sendiri dari aplikasi coding

Karena kebutuhan pengembangan perangkat lunak (software) terus meningkat pesat, permintaan terhadap software developer dengan kemampuan yang menyeluruh pun menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bermunculan peluang pekerjaan untuk posisi full-stack developer. Ada banyak perusahaan yang mencari pegawai dengan kemampuan sempurna baik front end maupun back end maka dari itu Anda perlu upgrade skill untuk memiliki skill spesifik.

Anda dapat mengikuti kursus Laravel atau kursus Java Spring untuk memperdalam skill back end. Atau Anda bisa mengikuti kursus web design untuk mendapatkan skill front end.

Kolaborasiabout-us course-net indonesia kursus jaringan komputer cisco ccna, ethical hacker, website, android di jakarta terbaik 2018

Di masa mendatang, kemampuan berkolaborasi untuk mengembangkan software atau aplikasi akan lebih diminati. Kemampuan individual dari developer memang krusial. Namun, perusahaan besar ternyata banyak mengincar developer yang terbiasa bekerja dalam sebuah tim. Hal ini dikarenakan developer yang kolaboratif bisa mentransformasikan ide-ide ke dalam sebuah projek. 

Berpikiran terbuka

User Interface dan Experience

Sebagai developer profesional, Anda harus memiliki pola pikir yang terbuka (open minded) dalam mengembangkan software atau projek merupakan hal yang sangat penting. Dengan fleksibilitas yang Anda miliki, Anda dapat bekerja dengan siapa saja dan di mana saja.

Ada penelitian yang mengklaim bahwa pada tahun ini, 50 persen tenaga kerja akan mendapat kesempatan emas untuk bekerja dari jarak jauh alias remote. Ini artinya Anda harus mampu bekerja dengan baik bersama orang-orang yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya, dan berasal dari latar belakang berbeda.

Perkembangan karir

5 Tren Software Development di Masa Mendatang

Perkembangan jenjang karir biasanya bersifat linier. Artinya, seseorang akan bergerak ke atas pada tangga karir dari peran junior, menengah, hingga senior. Misalnya, setelah menjadi manajer, seseorang mungkin akan pensiun sebagai eksekutif senior.

Namun, perkembangan karir seorang developer di masa mendatang tak akan sama. Karir Anda dapat bergerak secara horizontal, diagonal, atau vertikal.

Bentuk perkembangan karier seperti ini telah menjadi hal yang lumrah. Sebab, banyak tempat kerja memiliki struktur organisasi yang lebih datar dan budaya kerja serba cepat. Ini artinya, Anda dituntut belajar untuk bisa bekerja dengan fleksibel, mudah beradaptasi, dan semangat mengejar karir untuk berkembang di masa yang akan datang.

Kinerja Tinggi

5 Tren Software Development di Masa Mendatang

Jika Anda bisa bekerja keras dan menyelesaikan projek tepat waktu dengan sedikit atau tanpa pengawasan, itu tandanya Anda sudah memiliki kinerja yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu kemampuan yang akan sangat dicari di dunia kerja.

Di masa mendatang, dunia kerja akan terus berubah dengan cepat. Tanpa skill spesifik yang mumpuni dan hanya memiliki skill dasar (basic) saja pasti akan tergerus zaman. Hindari hal itu sekarang juga, dengan belajar di Course-Net, Anda akan mendapatkan skill yang spesifik dan memiliki daya saing. 

Ingat!!

Setiap tahunnya akan bermunculan developer baru yang siap bersaing dengan Anda. Apa Anda siap dengan skill yang Anda miliki sekarang?

Kami membuka konsultasi untuk Anda agar menemukan skill yang sesuai dengan keahlian Anda!!

Klik WA

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!